Ford Ranger Pusing-Pusing di Kota Medan

17 Juni 2012. Inilah cerita SL.com yang diundang PT Ford Motor Indonesia (FMI) untuk ajang Test-Drive All New FORD RANGER di Sumatera Utara yang notabene sampai artikel ini ditulis mobil pick double cabin ini belum resmi diluncurkan di Indonesia. Ya, walaupun belum diluncurkan, bahkan belum tau harga jualnya, tetapi FMI sudah mendahului dengan acara test drive untuk mengetahui ketangguhan mobil ini di medan off road yang berlangsung hari Selasa s/d Kamis (12-14 Juni 2012). 

Sosok All New Ford Ranger pertama kali tampil Shangrila Hotel Bangkok Thailand tanggal 23 Maret 2011 dan dilanjutkan dengan penampilan perdana untuk publik di ajang Bangkok Motor Show 2011 tanggal 24 Maret 2011.  Bagi pengunjung setia website SL.com ini dijamin sosok mobil All New Ford Ranger sudah sangat familiar mengingat artikel dan photonya sudah banyak beredar.

SL.com dan sejumlah awak media nasional sebenarnya sudah pernah menjajal sosok mobil All New Ford Ranger ini di Chiang Rai Thailand pada tanggal 10 November 2011 yang lalu (artikel ini). Kali ini SL.com mendapat kesempatan untuk menjajalnya di Negeri sendiri, khususnya di kota Medan, Deli Serdang dan Tanah Karo, Sumatera Utara.

Rombongan awak media dari Jakarta yang berjumlah 20 orang ditambah dengan MC Mega Novelia plus orang-orang dalam FMI, petugas EO dengan perkiraan total rombongan mencapai 30 orang ini akhirnya tiba di bandara Polinia Medan hari Selasa pagi (12/6). Rombongan disambut dengan suhu panas kota Medan mencapai 37 derajat Celcius. Kemudian rombongan langsung masuk kedalam mobil All New Ford Ranger yang sudah tersedia sebanyak 10 unit.

Sesuai dengan data yang dibagikan oleh EO (event organizer), SL.com bergabung dengan Group 7 dengan jumlah anggota 3 orang. Tujuan pertama adalah mengunjungi kantor FORD Medan di Jl. Gatot Subroto Medan arah kota Binjai. Iringan mobil yang semula berjalan mulus, akhirnya mulai terpisah karena ada satu mobil yang salah jalan di persimpangan Jl. Guru Patimpus-Glugur By Pass. Akhirnya beberapa mobil menjadi pusing-pusing (jalan-jalan) sendiri di pusat Kota Medan yang kian ramai dan macet ini.

All New Ford Ranger ini adalah produk global dari Ford Motor yang diproduksi di Thailand memiliki beberapa warna cerah, merah, putih biru, silver, grey, bahkan ada juga warna gelap hitam. Memiliki fitur dan teknologi voice command seperti Ford Fiesta. Nah,  kabar bagusnya semua fitur yang ada pada mobil Fiesta tersebut telah dipasarkan lebih dari 180 negara dan fitur inipun tersedia di All New Ford Ranger yang akan resmi diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Tiba di kantor Ford Medan sebagai Dealer Ford 3S (Showroom, Sales and Service), pihak panitia langsung menyuguhkan makan siang. Usai makan siang dilanjutkan dengan kata sambutan panitia acara, dan tentunya sambutan dari Bagus Susanto sebagai Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI) yang turut hadir bersama rombongan.

 “Ya, komitmen Ford untuk selalu memberikan produk terbaik sesuai dengan program One Ford. Jadi semua fitur yang terdapat pada varian mobil All New Ford Ranger adalah sesuai dengan varian yang diinginkan konsumen,” kata Bagus membuka kata sambutan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Andee Yoestong dari PT Kreasi Auto Kencana yang mengelola berbagai kantor Ford di Indonesia termasuk Ford Medan. Kemudian ada pemaparan teknis mengenai All New Ford Ranger dari staff FMI, Hari Arifianto. Setelah itu sesi tanya jawab yang membuat penasaran beberapa wartawan tentang sosok All New Ford Ranger dibandingkan dengan mobil Ford Ranger edisi sebelumnya.

Apa sih bedanya? Tanya seorang wartawan.

Jawaban dibantu dengan slide presentasi yang memaparkan perbedaan. Yang pertama adalah kapasitas mesin All New Ford Ranger menjadi lebih kecil tetapi memiliki mobil horse power dan torsi yang lebih besar. Artinya, Ford mampu membuat mesin 2.2 liter tapi memiliki tenaga dan torsi yang hampir sama dengan Ford Ranger lama mesin 3.2 liter.

“Mesin All New Ford Ranger kini lebih effisien demikian pula pemakaian BBM-nya juga menjadi effisien. Mari kita buktikan dalam ajang off road ini,” tantang Bagus.

Rasa penasaran soal harga pun muncul. Berapa sih harganya? Tanya seorang wartawan yang tak sabar. Dalam hal ini pihak Ford pun tidak memberikan jawaban, sebaliknya malah disebutkan jika pesanan All New Ford Ranger sudah mencapai 1000 unit dari berbagai kalangan konsumen, baik secara individual maupun fleet customer.

“Dengan adanya tes drive seperti ini, maka tentunya proses peluncuran sudah tidak lama lagi, dan harganya akan kami umumkan dalam acara launching,” jelas Bagus. Usai acara sesi tanya jawab, seluruh peserta mendapatkan pengarahan dari EO soal Test Drive Program dan rute yang akan dilewati.

Dalam acara test-ride All New Ford Ranger ini, pihak FMI sekaligus menggelar berbagai program acara berupa Social Awareness, maupun Social Media Contest, Ranger Connectivity Video Contest, Ranger vs The World Photo Contest, dan Testimonial Video Contest. Wah.. pokoknya acara dibuat seru dan menantang dengan berbagai program, agar setiap grup maupun individu, lebih kompak dan kreatif.

Usai pembagian topi dan kemeja Ranger warna hijau bagi para peserta, acara berlanjut dengan photo bersama di halaman depan Ford Medan. Adapun tujuan berikutnya adalah acara social awareness, yaitu memberikan sumbangan ala-alat pertanian kepada kelompok Tani Binaan Sejahtera Bersama, di Desa Seberaya, Kecamata Tiga Panah, Kabupaten Karo. Acara ini merupakan aksi Corporate Social Responsibility FMI bagi para petani jeruk di Tanah Karo.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

2 thoughts on “Ford Ranger Pusing-Pusing di Kota Medan

  1. […] Indonesia (FMI), dan juga ikut acara Photo Session Danau Toba View, maka akhirnya rombongan “Media Test Drive All New Ford Ranger” bermalam di Taman Simalem Resort (Selasa, 12/6/12). Ternyata penginapan ini terletak di […]

  2. […] Juni 2012. Usai pusing-pusing di Kota Medan, rombongan Media Test-Drive All New Ford Ranger langsung meluncur ke arah Brastagi dan selanjutnya […]

Leave a Reply