Ford EcoBoost 1.0 liter Raih ‘International Engine of the Year’

16 Juni 2012. Mesin EcoBoost 1.0 liter baru dari Ford Motor Company – yang diluncurkan pada Focus di Eropa tahun 2012 ini mendapatkan penghargaan “International Engine of the Year 2012″ berdasarkan pilihan yang diberikan oleh 76 jurnalis dari 35 negara di seluruh dunia.  Mesin 3 silinder kecil yang berteknologi tinggi ini juga memenangkan dua penghargaan “Best New Engine” dan “Best Engine Under 1.0-litre” yang dianugerahkan oleh majalah Engine Technology International. 

Hal tersebut menandai pertama kalinya Ford memenangkan “International Engine of the Year” dalam 13 tahun sejarah penghargaan ini. Selain itu, EcoBoost 1.0 liter juga mengumpulkan skor tertinggi dalam sejarah penghargaan ini.

“Kami menetapkan standar sangat tinggi saat kami merancang mesin ini,” ujar Joe Bakaj, Vice President, Global Powertrain, Ford. “Kami ingin menghasilkan penghematan bahan bakar yang luar biasa, performa, kesenyapan dan kesempurnaan yang mengesankan – dan semuanya ini berasal dari mesin 3 silinder yang sangat kecil.”

“Tim menanggapi tantangan yang tampaknya mustahil ini dengan beberapa inovasi yang sangat mengesankan,” ujar Bakaj menambahkan. “Hasilnya adalah mesin bensin game-changer global.”

Dean Slavnich, Chairman “International Engine of the Year” dan Editor Engine Technology International, menyatakan, “Mesin yang luar biasa ini memang selayaknya mendapatkan kemenangan.”

Mesin ini – yang cukup kecil untuk dimuatkan pada selembar kertas A4 – dirancang di pusat teknis Ford di Dunton, Inggris, dan Merkenich, Jerman. Mesin ini dibangun di fasilitas Ford di Craiova, Rumania, dan Cologne, Jerman.

EcoBoost 1.0 liter menggunakan low-inertia turbo untuk menghasilkan tenaga dengan cepat saat pedal gas ditekan mulai dari RPM rendah dan menghasilkan tenaga tinggi pada kecepatan sampai 248.000 RPM.

Inovasi EcoBoost 1.0 liter lain mencakup:

  1. Exhaust manifold yang dipasang pada kepala silinder menurunkan suhu gas buangan untuk menghasilkan rasio bahan bakar-udara yang optimal pada rentang RPM yang lebih luas
  2. Blok besi tempa unik memanaskan mesin lebih cepat daripada blok aluminium konvensional yang mengurangi 50 persen jumlah energi “pemanasan” yang diperlukan sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar
  3. Dua sabuk penggerak mesin utama direndam dalam minyak untuk menghasilkan mesin yang lebih senyap dan efisien
  4. Konfigurasi mesin diseimbangkan dengan sengaja “menghilangkan keseimbangan” flywheel dan pulley bukannya menambah batang penyeimbang yang menghabiskan energi.

EcoBoost 1.0 liter tampil perdana tahun ini pada Focus di Eropa dan akan disediakan pada C-MAX dan B-MAX tahun ini. EcoBoost 1.0 liter akan disediakan pada model Ford di Amerika Serikat dan Asia Pasifik dan Afrika tahun depan.

Focus EcoBoost 1.0 liter 100 PS menghasilkan emisi CO2 109 g/km dan penghematan bahan bakar 4,8 l/100 km (58,9 mpg)* terbaik di kelasnya. Model 125 PS menghasilkan 5,0 l/100 km (56,5 mpg) dan emisi CO2 114 g/km.

Dalam bulan pertama penjualannya di seluruh Eropa lebih dari 4.700 pelanggan memesan Focus EcoBoost 1.0 liter, yang mencakup sekitar seperempat dari seluruh mobil Ford Focus yang dipesan di 19 pasar tradisional Ford di Eropa.

Ford Eropa berencana meningkatkan tiga kali lipat produksi kendaraan tahunan yang dilengkapi mesin bensin EcoBoost yang efisien ke sekitar 480.000 sampai 2015, dari 141.000 di tahun 2011. Ford memproyeksikan bahwa lebih dari 300.000 kendaraan tersebut akan dilengkapi dengan EcoBoost 1.0 liter.

“International Engine of the Year” merupakan keputusan panel 76 jurnalis otomotif dari 35 negara di seluruh dunia. Para juri mempertimbangkan kualitas berkendara, performa, penghematan bahan bakar, kesempurnaan dan keberhasilan penggunaan teknologi mesin canggih. Popularitas EcoBoost 1.0 liter di mata para juri menghasilkan 28 persen poin lebih banyak daripada pesaing terdekatnya sekaligus total poin tertinggi yang didapatkan mesin pada sejarah kompetisi ini.

“Bukti bahwa mesin tiga silinder dapat digunakan pada kendaraan seperti Ford Focus dengan mudah membuktikan bahwa masa depan mesin pembakaran dalam amat sangat cerah,” ujar Slavnich, Engine Technology International. “Tenaga, respons dan angka konsumsi bahan bakar aktual yang sangat baik hanya merupakan puncak gunung es dari hakikat mesin dan apa yang ditawarkannya kepada para pengendara saat ini. Selamat buat Ford!”

Para juri lain juga memuji EcoBoost 1.0 liter ini.

“Jika perampingan merupakan masa depan, mesin ini adalah contoh terbaiknya. Mesin ini menghasilkan tenaga yang sama dengan mesin 1.6 liter naturally aspirated yang digantikannya sekaligus lebih bertenaga untuk dikendarai,” ujar jurnalis yang berbasis di Inggris, John Simister.

“Dengan torsi besar pada low end, turbo tiga silinder yang canggih ini menghasilkan performa berkendara diesel turbo kecil tanpa kebisingan dan getarannya,” ujar Christophe Congrega dari majalah L’Automobile yang berbasis di Prancis.

Leave a Reply