Honda Kuasai Hampir 70% Segmen Skutik

12 juni 2012. Minat dan kepercayaan masyarakat terhadap skutik Honda semakin menguat. Hal ini terbukti dengan semakin membesarnya pangsa pasar Honda di segmen skutik yang pada bulan Mei hampir menembus 70%. Informasi ini sesuai data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan skutik Honda di pasar domestik pada bulan Mei 2012 tercatat 260.085 unit atau naik 2,7% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat 253.249 unit.

Angka pertumbuhan ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bulan Mei 2011 yaitu sebesar 36,3% karena pada bulan yang sama tahun lalu tercatat hanya 190.883 unit.

“Pada bulan Mei pangsa pasar skutik Honda 69,8%. Ini yang tertinggi sepanjang sejarah skutik Honda. Terima kasih atas kepercayaan konsumen memilih skutik Honda. Kami akan berusaha terus memberikan kualitas produk dan pelayanan terbaik kepada konsumen sehingga dapat bersama mewujudkan cita – cita dan impian konsumen,” ujar Deputi GM Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya.

Penerimaan yang positif skutik Honda di kalangan masyarakat tidak dapat dipisahkan dari berbagai keunggulan yang diusung setiap model skutik Honda. Selain dikenal hemat bahan bakar, powerfull, stylish, dan ramah lingkungan, skutik Honda dilengkapi fitur safety yang tidak dimiliki skutik lain seperti Standar Samping Otomatis (Side Stand Switch), Brake Lock, dan sistem pengereman Combi Brake. Beberapa model bahkan sudah mengimlementasikan teknologi injeksi yang sangat ramah lingkungan yaitu PGM-FI dan juga fitur Helm in atau bagasi serbaguna yang mampu memuat helm full face.

Pada bulan Mei, kontribusi terbesar terhadap penjualan skutik AHM masih berasal dari Honda BeAT yang terjual sebanyak 128,747 unit atau naik 6,9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 120,411 unit. Honda Vario Series memberikan sumbangan terbesar berikutnya dengan angka penjualan 96,953 unit atau naik 6,0% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 91,453 unit.

“Desainnya yang modern dan stylish dengan mesin terbaru 125 cc berteknologi eSP engine serta fuel injection paling irit dan ramah lingkungan, membuat Vario semakin diminati di segmen skutik high end.”

Model skutik Honda lainnya juga mendapat sambutan yang tak kalah besar dari konsumen. Pada bulan lalu, skutik retro modern Honda Scoopy terjual 15,676 unit, sementara penjualan Honda Spacy series tercatat 18,696 unit sedangkan Honda PCX 125 terjual sebanyak 13 unit.

“Dalam waktu dekat kami juga akan memperkenalkan skutik terbaru untuk menjawab kebutuhan dan semakin memuaskan pecinta skutik premium di Tanah Air.”

Kepemimpinan Honda di segmen skutik pada bulan Mei ini menyempurnakan dominasi Honda di segmen motor bebek yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Pada bulan lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek tercatat 57,6% setelah berhasil menjual 90.147 unit atau naik 13,5% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Honda Revo series tercatat masih menjadi penyumbang terbesar terhadap total penjualan motor bebek AHM dengan angka penjualan sebanyak 32,447 unit. Honda Supra series di peringkat berikutnya dengan kontribusi penjualan 39,495 unit diikuti oleh Honda Blade yang pada bulan lalu terjual sebanyak 18,205 unit.

Di segmen motor sport, penjualan Honda pada bulan Mei tercatat sebanyak 11.705 unit atau naik 2% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 11.476. Honda Megapro menjadi penyumbang terbesar dengan angka penjualan 9.469 unit diikuti oleh Honda Tiger 1.442 unit, Honda CS1 304 unit, Honda CBR150R 296 unit dan Honda CBR250R 194 unit.

5 thoughts on “Honda Kuasai Hampir 70% Segmen Skutik

  1. dsebryant says:

    Honda mengedepankan kualitas mesin dan ditunjang dnegan fitur-fitur yang canggih dan irit bahan bakar apalagi produk terbaru lebih ramah lingkungan artinya secara tdk lngsng kita berperan dalam melestraikan lingkungan kita … jaya Honda

  2. ga heran kalau honda dominasi pasar skutik..saat ini konsumen membutuhkan sepeda motor yg berteknologi di lengkapi fitur – fitur pendukung sebagai safety dalam berkendara seperti yg ada pada matiknya honda..mangstab !!

  3. Mantappppp Hondaaaa PCX keluar bisa jadi 90 % nihh

  4. Konsumen butuh produk yang hemat dalam mengkomsumsi bahan bakar, powerfull, stylish, ramah lingkungan, safety. dan itu semua ada dalam produk2 Honda 🙂

  5. Wah ternyata gk salah saya beli beat. kemarin smpet binggung jg pilih matic, tapi akhrny saya pilih beat krna hemat bbm terus banyak fitur safetyny..

Leave a Reply