Workshop YM Jet_FI: Menggunakan 3M Fuel Injector Cleaner

8 Juni 2012. Artikel ini sebagai kelanjutan dari acara Workshop Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YM JET_FI) yang berlangsung pekan lalu (1 Juni 2012) di DDS Yamaha Cempaka Putih, Jakarta. Menggunakan pembersih Injector 3M merupakan cara mudah bagi mekanik Yamaha untuk membersikan Sistim Injeksi sepeda motor Yamaha. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana melakukan Diagnosa Sistim Injeksi.

Pada akhir tahun 2011 yang lalu, SL.com pernah ikut acara Yamaha dalam Acara Workshop  Fuel Injection dan disana sebenarnya sudah dipraktekkan menggunakan alat pembersih cairan dari tabung botol 3M FI Cleaner. Tapi saat itu, SL.com hanya sebagai penonton, dan pada kesempatan ini SL.com yang memprakatekkan sendiri dengan pakaian mekanik Yamaha dengan sepeda motor skutik Yamaha Mio Jet.

Pada tahap pertama, paket service perangkat injeksi bahan bakar khusus Yamaha ini dipakai untuk membersihkan throttle body Yamaha Vixion. Throttle body sudah dibuka, dan SL.com bersama rekan-rekan Blogger Otomotif dalam acara tersebut mendapat kesempatan untuk mencoba membersihkan sendiri alat throttle body. Syarat bagi mekanik harus pakai kaca mata khusus, dan sarung tangan untuk menghindari cairan kena mata dan tangan.

Untuk mendapatkan layanan service dengan 3M FI Cleaner bisa langsung sambangi bengkel resmi Yamaha. Semua bengkel resmi Yamaha sudah mampu melakukan service ini.

“Dengan tekonologi sistim injeksi yang dimiliki Yamaha saat ini, sebenarnya perawatan jadi lebih sederhana, bahkan sangat minim. Tapi mengingat kualitas bahan bakar di Indonesia kurang baik, maka sebaiknya throttle body perlud secara berkala, yaitu menggunakan 3M FI Cleaner untuk disemprot langsung ke throttle body. Coba lihat!,” ujar M Abidin, GM Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang memandu para Blogger Otomotif.

“Adanya penumpukan karbon yang sering terjadi di throttle body, maka 3M FI Cleaner sengaja dipilih. Cairan kimia 3M FI Cleaner ini tergolong paling ramah terhadap sensor, terutama O2 sensor. Silahkan lihat hasilnya pakai alat teropong elektronik yang hasilnya bisa dilihat melalui layar komputer,” tambah Abidin kepada SL.com.

“Service dengan cairan 3M FI Cleaner sangat dianjurkan setiap 10 ribu kilometer. Kalau mau dihitung, mungkin secara rata-rata 10 ribu kilometer dapat menempuh waktu 6 bulan.  Itupun kalau motor sering dipakai touring. Jadi, periode perawatan-nya tergolong minim. Betul kan?” yakin Abidin yang mendapat anggukkan setuju dari para blogger.

Membersihkan Throttle Body

Throttle body diangkat dari mesin motor. Siapkan alat penampung. Kemudian gunakan kaca mata dan sarung tangan anti static agar medan magnet statis yang dikeluarkan tubuh manusia tidak mengganggu sensor di throttle body. Kemudian 3M FI Cleaner siap digunakan untuk membersihkan throttle body dengan menyemprotkannya secara langsung sampai kedalam, maupun dinding throttle body. Setelah itu tinggalkan sampai benar-benar kering.

“Lihat.. kotoran berwarna hitam yang rontok ini merupakan penumpukan karbon juga sering terjadi di throttle body. Biasanya karbon akan mengganjal katup kupu-kupu sehingga tidak bisa menutup sempurna, dan efeknya putaran mesin pun jadi kurang sempurna. Bisa naik-turun sendiri,” kata Abidin sambil menunjuk cairan berwarna hitam yang keluar dari throttle body.

Membersihkan Injector

Setelah paham soal pembersihan throttle body, workshop dan praktek oun dilanjutkan dengan materi membersihkan injector dan ruang bakar dengan bahan cairan 3M FI Cleaner. Caranya, tabung kecil 3M FI Cleaner dijadikan pengganti bahan bakar. Bagusnya cairan 3M FI Cleaner  memiliki sifat mudah terbakar seperti BBM (bahan bakar minyak) yang kemudian menggunakan selang khusus dialirkan melalui alat injector ke ruang bakar yang dicolok sampai bunyi klik.

Menurut mekanik Yamaha yang ikut mendampingi SL.com, disebutkan ketika mesin dihidupkan, maka cairan 3M FI Cleaner ini sekaligus membersihkan bagia piston dan klep dari tumpukan karbon. Jadi disini, bukan sekedar membersihkan bagian injector dan ruang bakar, tapi ke bagian mesin. Tak heran jika tarikan mesin injeksi motor Yamaha semakin responsif.

Tips Buka Pasang Regulator Kit

Sekedar tips saja, pasalnya buka dan pasang bagian injector ini rawan dengan bahaya kebakaran, wong disana ada bahan bakar. Yang pasti saluran bensin dari tangki harus dilepas. Sebelum melepas, pastikan dulu kunci kontak dalam keadaan off (mati) agar fuel pump sudah berhenti bekerja dan bensin pun tidak menyembur. Setelah terlepas, pasangkan regulator kit-nya.

Setelah itu mekanik harus berdiri untuk menancapkan sambungan alat fuel regulator ke tabung 3M FI Cleaner. Selanjutnya tekanannya disesuaikan secara manual. Untuk  Yamaha V-Ixion pada angka 250 Kpa, dan Mio J pada angka 325 kPa. Nah, selanjutnya kita memutar tombol hitam secara perlahan dan melihat tekanan pada jarum penunjuk regulator.

Kalau sudah yakin semuanya, maka kran-nya dibuka yang kemudian akan mengalirkan cairan 3M FI Cleaner ke injektor. Setelah itu mesin motor bisa dihidupkan. Tunggu sekitar 10 menit dalam kondisi mesin tetap hidup dimana cairan 3M FI Cleaner sedang melakukan pembersihan.

“Selama 7 menit pertama kran dalam keadaan terbuka. Lalu, pada tiga menit terakhir langsung tutup kran untuk menghabiskan sisa cairan 3M FI Cleaner yang berada di selang. Setelah mesin motor akan mati dengan sendirinya karena kehabisan cairan bahan bakar,” terang mekanik Yamaha yang setia mendampingi SL.com.

Ya, tak lama kemudian terdengar suara mesin brebet menandai kehabisan bahan bakar. Setelah mesin mati, maka saluran bahan bakar dan regulator kita bisa dilepaskan. Kemudian pasang kembali saluran BBM dari tangki ke sistim injeksi-nya. Ini selesai!

Ya, tampaknya memang ini mudah sekali dan tidak perlu berlama-lam seperti bongkar pasang karburator, seperti penyetelan angin, udara dan sebagainya. Menurut Abidin, satu botol 3M FI Cleaner bisa dipakai untuk 5 sampai 6 sepeda motor. Sedang fuel regulator kit yang digunakan dijual Yamaha pada jaringan bengkelnya seharga Rp 4 jutaan.

Injection Cleaner Tester

Selain praktek menggunakan 3M Fuel Injection Cleaner tadi, selanjutnya adalah materi menggunakan Yamaha Injector Tester. Ini berupa mesin dimana alat injector dilepas dari mesin motor, dan kemudian ditancapkan ke mesin tester tersebut. Masih menggunakan cairan bahan bakar khusus dan teknik cara kerjanya lebih mudah dilihat melalui video dibawah ini.

VIDEO

Please follow and like us:

4 thoughts on “Workshop YM Jet_FI: Menggunakan 3M Fuel Injector Cleaner

  1. apa kelebihan dari penggunaan 3M Fuel Injector Cleaner?

  2. kapan peluncuran prosuk trsebut sampai ke dealer resmi nya?

  3. Mau BAYAR uang kuliah,,,???
    Mau MODAL usaha,,,,,???
    Siapapun anda,,, PASTI BISA!!!

    Nehh,,, solusinya ada DISINI
    ‘y,,,,,

    PASTIKAN anda terdaftar dlm program ini.:)

Leave a Reply