Chevrolet Bermitra dengan One World Futbol Project

31 Mei 2012. Selain mengumumkan kemitraan dengan Manchester United, Chevrolet juga mengumumkan kerjasama selama tiga tahun dengan One World Futbol Project, sebuah B-Corporation yang telah meraih berbagai penghargaaan.

Pendiri One World Futbol akan menyumbangkan 1,5 juta buah bola kaki yang berkualitas dan tahan lama kepada generasi muda dalam zona yang tengah dilanda peperangan, kamp pengungsi, daerah yang tengah dilanda bencana, dan masyarakat yang kurang beruntung lainnya di seluruh dunia.

Realisasi perjanjian Chevrolet akan dilaksanakan melalui sebuah jaringan organisasi global yang didedikasikan untuk membantu pemberdayaan generasi pemain bola berikutnya.

“One World Futbol Project melestarikan nilai utama yang sangat dekat dengan Chevrolet, bahwa sepakbola dapat menyentuh kehidupan masyarakat dan membawa perubahan positif di seluruh dunia,” kata General Motors Global Chief Marketing Officer Joel Ewanick.

“Kami senang sekali dapat mendukung misi One World Futbol Project untuk menggalang jutaan orang di seluruh dunia agar bergabung dalam gerakan global mengenai manfaat olahraga sepakbola dan orang-orang yang memiliki semangat tentang hal tersebut,” tambah Ewanick.

Chevrolet menjadi sponsor pertama untuk organisasi tersebut, yang didirikan pada tahun 2010 dengan dukungan awal dari musisi dunia terkenal Sting. Dukungan Chevrolet adalah bagian dari inisiatif sepakbola perusahaan di seluruh dunia yang mencakup sponsor dari klub raksasa Liga Inggris (Barclays Premier League) Manchester United.

“Bersama Chevrolet, kami memiliki mitra yang telah menunjukkan semangat dan apresiasi atas kekuatan sepak bola untuk menggerakkan perubahan yang positif,” kata Manchester United’s Chief Executive and Chairman of the Manchester United Foundation, David Gill.

“Menginspirasi kaum muda melalui pendidikan dan aktivitas yang positif adalah fokus Manchester United Foundation dan kami dengan sepenuh hati mendukung inisiatif Chevrolet dengan One World Futbol Project,” jelas Gill.

Sejak awal berdiri, One World Futbol Project telah memberikan dampak positif pada lebih dari 525.000 jiwa di 137 negara, melalui lebih dari 138 organisasi – termasuk sekolah, panti asuhan, dan organisasi nirlaba – yang mendayagunakan olahraga untuk menyelesaikan konflik, mengajarkan toleransi, dan membangun komunitas. Perusahaan ini juga merupakan anggota afiliasi dari streetfootballnetwork yang menghubungkan 94 perusahaan nirlaba yang menggunakan sepakbola untuk menerapkan perubahan sosial di 61 negara.

Pendiri One World Futbol Tim Jahnigen, yang juga seorang penulis lirik ulung, terinspirasi untuk memulai proyek tersebut setelah menonton tayangan CNN mengenai anak-anak di Darfur yang bermain sepakbola menggunakan bola sampah yang diikat dengan tali. Jahnigen memutuskan untuk membuat sebuah bola yang akan terasa seperti bola kaki sebenarnya tetapi tidak mudah rusak oleh kondisi keras yang sering dihadapi pemain sepakbola di beberapa penjuru dunia.

“Misi kami di One World Futbol Project adalah membuat dampak yang berarti dengan membawa sukacita sepakbola dan semangat bermain kepada kaum muda seluruh dunia sehingga anak-anak dapat menikmati masa kecilnya di mana pun mereka tinggal,” kata Jahnigen, pendiri dan chief innovation officer di One World Futbol Project.

“Chevrolet adalah mitra ideal yang memiliki kesamaan pandangan dengan kami; bahwa sepakbola tidak hanya dapat menyatukan orang melalui kegembiraan dari olahraga tersebut, tetapi juga dapat membantu menyembuhkan dan membangun kembali masyarakat yang terkena dampak dari perang, bencana dan kemiskinan. Melalui kemitraan ini, kita benar-benar dapat mempengaruhi jutaan hidup orang yang lain dengan kekuatan yang sederhana dari sebuah bola yang tahan lama,” ungkap Jahnigen.

One World Futbol Project dan bola kaki tersebut terinspirasi oleh lagu punk rock yang dibawakan Sting The Police dengan judul “One World (Not Three)“.

Proses pembuatan bola kaki tersebut membutuhkan waktu 11 bulan pengujian prototipe dan lapangan di Afrika, Haiti, Irak dan tempat lainnya. One World Futbol Project bekerjasama dengan organisasi dan perusahaan di seluruh dunia yang membeli, menjadi sponsor dan/atau mendistribusikan bola kaki One World Futbol yang dapat mendukung permainan yang berkesinambungan.

Kalangan individu juga dapat membeli bola kaki One World Futbol melalui program “Beli Satu Beri Satu (Buy One Give One)” di situs One World Futbol Project, Pembelian satu bola kaki menggerakkan sumbangan bola kaki lainnya untuk organisasi yang bekerja di masyarakat yang kurang mampu di seluruh dunia, seperti Coaches Across Continents, GOALS Haiti, Right to Play International dan Save the Children.

Bagi mereka yang ingin memberikan donasi saja atau membeli bola kaki untuk organisasi mereka juga dapat melakukannya melalui situs One World Futbol Project.

Sebuah bola kaki One World Futbol dapat bertahan lebih lama dari ratusan bola biasa, mempertahankan waktu bermain dalam lingkungan apapun. Bola kaki tersebut tidak membutuhkan pompa dan tidak akan bocor, bahkan ketika terkena beberapa kali tusukan. Produk bola kaki dari One World Futbol dapat bertahan selama beberapa tahun penggunaan di semua jenis medan seperti beton, aspal, lumpur, lapangan berbatu atau rumput dan kondisi keras yang lain tanpa mengempis.

Sementara itu, bola tersebut telah dirancang untuk memiliki ukuran, berat dan karakteristik melambung yang sama seperti bola kaki tradisional. Bola kaki One World Futbol tidak memerlukan jahitan. Bahan yang digunakan untuk membuat bola kaki tersebut adalah bahan yang lembam (tidak beracun, tidak pudar) dan sangat kuat. Daya tahan bola kaki One World Futbol membantu memenuhi tantangan lingkungan global yang signifikan dengan menghilangkan limbah bola yang tidak dipakai lagi atau yang telah kempis.

Atas nama kerjasama ini, pendiri One World Futbol, Tim Jahnigen dan Sting tampil bersama dalam sebuah iklan layanan masyarakat yang dilaksanakan oleh @radical.media yang akan disebarluaskan secara global dan akan dihadirkan dalam aplikasi iPad Sting 25. Silahkan kunjungi www.ChevroletFC.com untuk sama-sama bergabung dengan usaha Chevrolet dan mendonasikan satu bola sepak One World Futbol ke salah satu bagian di dunia ini yang membutuhkan.

Tentang One World Futbol Project

Diluncurkan pada Juli 2010, One World Futbol Project mengembangkan One World Futbol -bola kaki pertama di dunia yang hampir tidak dapat rusak dan tidak membutuhkan pompa serta tidak pernah kempis, bahkan ketika tertusuk. Untuk setiap bola kaki yang dibeli secara eceran, perusahaan menyumbangkan bola kaki kedua untuk sebuah komunitas yang membutuhkannya.

Perusahaan juga menjual bola kaki One World Futbol secara langsung ke lembaga dan organisasi, dan bekerjasama dengan sekolah-sekolah, tim sepak bola, klub dan organisasi lain untuk membantu mengumpulkan dana sementara juga menghasilkan bola kaki untuk disumbangkan pada saat yang sama.

One World Futbol Project berkantor pusat di Berkeley, California. Untuk saat ini, bola kaki One World Futbol telah mencapai lebih dari 137 negara melalui setidaknya 138 organisasi, menjaga semangat bermain tetap hidup bagi 525.000 anak-anak dan kaum muda. Untuk informasi lebih lanjut tentang One World Futbol Project, kunjungi www.oneworldfutbol.com. Ikuti kami di Facebook www.facebook.com/OneWorldFutbol dan Twitter, www.twitter.com/oneworldfutbol

Leave a Reply