Sensasi Underwater Photography

27 Mei 2012. Artikel ini merupakan pengalaman singkat SL.com mengikuti teori dan praktek Underwater Photography bersama rekan-rekan media disela-sela acara “Media Test Drive Ford Fiesta Sedan” yang berlangsung hari Selasa-Rabu (22-23 Mei 2012).

Ketika rombongan tiba di Padma Hotel Bandung, usai makan siang Sop Buntut Dahapati, Jl. Cipaganti No. 146 Bandung, kami melanjutkan acara dengan belajar pemotretan dibawah air dikolam renang Padma Hotel tersebut.

Sajian acara persembahan dari PT Ford Motor Indonesia (FMI) ini boleh dibilang lain dari pada yang lain. Sebuah ide acara yang menarik dimana berfoto tidak selalu dengan alam pegunungan, alam pantai, suasana perkotaan, kemacetan, landscape,  dan lain sebagainya. Namun FMI menjamu para awak media dari berbagai nama ini, termasuk media online SL.com untuk mempelajari pemotretan di bawah air.

Sebenarnya fotografi bawah air (Underwater Photography) merupakan kegiatan fotografi bawah air yang sangat menyenangkan untuk dilakukan pada saat Diving (menyelam). Kita ketahui bahwa ada banyak objek wisata dibawah air atau kekayaan taman laut nasional yang dapat kita jadikan objek foto. Sebut saja keindahan terumbu karang, birunya air, ikan-ikan, mahluk-mahluk kecil (macro), dan lain sebagainya.

Darius Manihuruk dan Ferry Rusli memberikan teori dan ilmu singkat tentang fotografi underwater secara umum, yaitu tentang peralatan yang diperlukan selama pemotretan di bawaha air. Kemudian disampaikan juga tentang peralatan kamera yang diperlukan, dan hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan selama melakukan pemotretan di dalam air.

Adapun kamera yang dipergunakan adalah tipe Digital Camera yang harus di lengkapi dengan perangkat pendukungnya, antara lain Housing (pembukus kamera yang tahan air). Secara umum, ada 3 jenis kamera digital yang tersedia di pasaran, semuanya bisa digunakan untuk kegiatan fotografi bawah air, yakni Pocket Camera Kamera Saku; Prosumer Camera / Kamera Semi Professional; dan Digital Single Lens Reflex (DSLR) Professional Camera.

Tak berlama-lama mempelajari teori-nya, peserta Media Test Drive Ford Fiesta ini langsung menuju ke kolam renang. Pasalnya ketika kami masih didalam ruangan, seorang model cantik dengan gaun kuning sudah diperkenalkan. Model ini yang akan menjadi objek photo di dalam kolam renang. Sedangkan beberapa kamera digital underwater photography sudah disiapkan oleh panitia, artinya para peserta hanya meminjam dan memakainya secara bergantian.

Lumayan.. ternyata underwater photography asyik juga.. 🙂

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply