Sensasi Ford Fiesta Sedan A/T Jakarta-Bandung

26 Mei 2012. Bro.. pada hari Selasa-Rabu (22-23 Mei 2012) kemarin, SL.com ikut bergabung dengan rombongan media memenuhi undangan PT Ford Motor Indonesia (FMI) untuk menjajal Ford Fiesta Sedan Sport 1.6L A/T rute Jakarta-Bandung. Disediakan 6 mobil Fiesta Sedan yang masih baru, bahkan mobil Grup-6 dimana SL.com menumpang masih pakai pelat nomor putih. Yups.. singkat kata acara ini adalah fun and relax karena acaranya santai penuh dengan hiburan.

Mengambil tempat tikum (titik kumpul) di Daily Bread tepatnya di depan lobby Gedung Wisma Pondok Indah 1.  Setelah menyantap sarapan pagi sandwich, kemudian para peserta dibagi ke dalam 6 kelompok. Setiap mobil Fiesta Sedan ini diisi oleh 3-4 orang penumpang. Masing-masing grup mendapat alat kamera dan video untuk merekam perjalanan Jakarta-Bandung yang kemudian hasilnya dilombakan oleh panitia.

Bagasi Belakang Ford Fiesta Sedan

Melihat bodinya dari depan, Ford Fiesta Sedan sangat mirip dengan model Fiesta Hatchback yang lebih dulu populer di Tanah Air. Yang membedakan adalah pada bagian belakang, yakni ada bagasi yang cukup luas dari tipe hatchback. Ya, platform Fiesta Sedan sebenarnya sama dengan model hatcback yang diproduksi di Thailand. Dalam ajang media test-drive kali ini, SL.com lebih banyak duduk di kursi belakang untuk merasakan kenyamanan Fiesta Sedan sebagai mobil penumpang untuk empat orang.

“Test drive kali ini diadakan selama dua hari (22-23/5) dengan rute Jakarta – Bandung – Jakarta via tol Cipularang, dan diberi tema “My Perfect Match”, di mana para jurnalis diajak untuk merasakan performa dan kenyamanan serta keamanan sedan yang sarat dengan fitur-fitur tercanggih di kelasnya. Sekaligus memberikan pengalaman gaya hidup layaknya pemakai Ford Fiesta Sedan,” kata Lea Kartika Indra, Communications Director Ford Motor Indonesia saat makan siang bersama di Rumah Dahapati Bandung.

Tampak samping Ford Fiesta Sedan

Selamat perjalanan, masing-masing grup diberikan tantangan, antara lain effisiensi pemakaian bahan bakar minyak (BBM). Semua mobil secara bergantian di-isi full tank BBM Pertamax di SPBU Pertamina Pondok Indah. Hasilnya? Ya, setelah peserta finish di Bandar Jakarta Ancol hari Rabu malam (23/5), rata-rata pemakaian BBM ini dilihat melalui panel instrument dashboard, dan jarum penunjuk masih di bawah setengah.

Tantangan lainnya adalah penggunaan fitur Voice Command yang menjadi andalan mobil Ford terbaru saat ini. Hal ini sangat terbukti untuk memudahkan setiap pengemudi Ford Fiesta, maupun penumpang di dalamnya selama perjalanan. Dengan perintah suara, pengoperasian audio sistem, air conditioner, serta komunikasi telepon via Bluetooth pun dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Teknologi Ford Fiesta Sedan: Voice Command/Bluetooth Voice Control Feature

“Dengan voice command ini, kita ngga perlu lagi menggunakan tangan untuk mengoperasikan telepon, radio, CD, USB dan iPod. Cukup dengan perintah suara saja. Hanya insruksinya masih dalam bahasa Inggris. Kalau kita salah ucap, malah ngga diterima instruksinya,” jelas Prasetio Uci yang mendapat giliran mengemudikan Fiesta Sedan di Grup-6 dari Jakarta-Bandung via Tol Cipularang.

Alunan musik Hey Jude milik The Beatles dari sebuah stasiun radio yang diperintahkan melalui Voice Command membuat SL.com merebahkan badan di sandaran kursi belakang yang dibalut dengan jok kulit, membuat penumpangnya menjadi nyaman. Beberapa lagu favorit mendadak volumenya dinaikkan, wah.. ternyata tombol volume +/- memang tersedia di bagian kiri wheel steering (setir), sehingga pengemudi dengan mudah menyetelnya.

Tampak Belakang Ford Fiesta Sedan

Bicara fitur keamanan, Fiesta Sedan dilengkapi sepasang SRS Airbag, Anti-lock Brakes System (ABS) serta Electronic Brake Distribusi (EBD). Juga Electronically Stability Program (ESP) yang dapat membantu pengemudi menstabilkan mobil saat cengkeraman ban berkurang. Hal ini terasa saat kami harus menyalip dan bermanuver di jalan tol dalam kecepatan tinggi, fitur ini dapat menstabilkan mobil dengan baik.

Teknologi lain yang disematkan di mobil ini adalah Down Hill Assist (DHA), berfungsi menjaga putaran mesin atau engine brake saat meluncur di turunan. Sistem ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol di samping kanan tuas persnelling. Ketika dioperasikan, indikatornya muncul di panel meter. Jika kinerjanya dirasa masih kurang, posisi tombol bisa diarahkan ke L, dijamin membuat kerja rem menjadi lebih ringan.

Tampak Depan Ford Fiesta Sedan

Sepanjang mengikuti acara Media Test Drive Ford Fiesta Sedan ini, terlihat wajah keceriaan dari seluruh peserta awak media. Pasalnya, seluruh peserta menikmati perjalanan mobil baru Fiesta Sedan yang terbilang kompak, dan sangat pas untuk mereka yang berjiwa muda. Diperjalanan berangkat, kami menikmati coffee break di Lawton Coffee. Kemudian makan siang sup Buntut Dahapati.

Di Bandung, kami bermalam di Padma Hotel yang terkenal terletak di lereng bukit di kawasan Ciumbuleuit. Disana peserta mendapat kesempatan mengikuti pelajaran teknik-teknik memotret di dalam air. Tak hanya teorinya saja, tetapi praktek di kolam renang dengan seorang model cantik dibalut dengan gaun kuning.  Tak ayal, hampir seluruh peserta nyemplung ke kolam renang untuk belajar underwater photography.

Underwater Photography Ford Fiesta Sedan My Perfect Match @Bandung, 22/5/12

Pada malam harinya (Selasa, 22/5) peserta menikmati makan malam di Hartwood Restaurant. Hari esoknya, acara Media Test Drive Ford Fiesta Sedan My Perfect Match ini berlanjut menikmati sesi photography di Gedung Sate Bandung. Kemudian disambung dengan main golf di Siliwangi Driving Golf, belanja oleh-oleh di Jl. Riau, dan makan siang di 90 Gourmet.

Pada bagian akhir, peserta media test drive menutup acara dengan makan malam bersama di restaurant Bandar Jakarta, Ancol Jakarta (Rabu, 23/5). Turut hadir pada acara penutupan ini, Bagus Susanto sebagai Managing Director PT Ford Motor Indonesia sekaligus memberikan kata sambutan. Singkat cerita, SL.com turut merasakan suasana gembira bisa merasakan langsung mobil Ford Fiesta Sedan 1.6L Sport A/T 6-speed PowerShift yang di jual dengan harga Rp 244,250 juta.

All Participants Media Test Drive Ford Fiesta Sedan My Perfect Match @Bandung, 23/5/12

ALBUM PHOTO

VIDEO

Please follow and like us:

3 thoughts on “Sensasi Ford Fiesta Sedan A/T Jakarta-Bandung

  1. […] itu rombongan “Media Test Drive FORD FIESTA SEDAN” usai menjalani acara pemotretan di Gedung Sate Bandung melimpir ke Driving Range Siliwangi […]

  2. […] mengasyikan. Lagi, SL. com sangat beruntung, bersama dengan rekan-rekan media dalam acara “Media Test Drive FORD FIESTA SEDAN” mendapat kesempatan memasuki halaman Gedung Sate Bandung dalam acara photo session yang […]

  3. […] Mei 2012. Kunjungan SL.com ke Bandung bersama rekan-rekan awak media dalam acara “Media Test Drive Ford Fiesta Sedan” tak akan pernah melupakan pengalaman makan malam di restaurant The Hartwood Gourmet & […]

Leave a Reply