Acropolis Rally Tantangan Terberat Fastron World Rally Team

26 Mei 2012. Acropolis Rally di hari kedua (25 Mei 2012) terbukti menjadi tantangan terberat bagi pereli Rifat Sungkar dari “Fastron World Rally Team“. Bukan hanya karena lintasannya yang sulit, jumlah SS yang banyak dan periode tanding yang mencapai 12 jam, namun juga karena hanya tersedia dua remote services (area perbaikan kendaraan) di sepanjang pertandingan.

Pereli Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar bersama Steve Lancaster sebagai navigator, berhasil mengatasi lintasan yang sulit dan tantangan berat di paruh awal hari kedua di SS 2 – 3 – 4 Acropolis Rally, dan drama terjadi di SS5 Bauxites dengan lintasan 23,17 km. dengan lintasan keras yang naik turun dan berbatu.

Di stage ini, pereli Fastron World Rally Team, Rifat Sungkar bersama Steve Lancaster sebagai navigator, terhempas keluar jalur , menuruni tebing dan menabrak batang pohon dalam kecepatan tinggi yang terjadi di sekitar kilometer ke 19. Kejadian ini mengakibatkan mobil bernomor pintu 59 ini mengalami kerusakan dan tidak bisa berjalan. Oleh karena itu, Rifat dan Steve terpaksa harus mengundurkan diri dari rangkaian Special Stage tersisa hari kedua.

“Lintasan di SS5 di hari sangat tricky. Lintasannya keras, sangat cepat, dan penuh dengan batu. Kami terpaksa menghentikan langkah kami di hari kedua Acropolis Rally. Beruntung kami tidak mengalami cedera,” ujar Rifat melalui siaran pers-nya yang diterima SL.com hari ini (26/5).

Reli hari kedua kemarin ini terbukti sangat berat untuk para peserta lain juga, dan membuat banyak pereli kawakan terhenti. Dari kelas Manufaktur atau WRC, Ott Tanak terganjal di beberapa SS dan terhenti di SS8, Petter Solberg sempat menabrak batu di SS6 dan mengalami ban pecah.

Thierry Neuville dan Mads Ostberg juga sempat terhenti di SS8. Selain itu, Benito Guerra, yang merupakan pemenang untuk kelas PWRC di Rally Mexico dan Rally Argentina, dan Andis Neiksans, yang bertanding di kelas yang sama dengan Rifat Sungkar juga mengalami berbagai kendala di hari kedua.

Tim mekanik Fastron World Rally Team segera melakukan perbaikan perlu melakukan penggantian kaki-kaki mobil sebelah kiri dan pengecekan ulang secara menyeluruh. Diharapkan Rifat dan Steve dapat kembali berlaga di hari ketiga ini Rally Acropolis, yang akan tarung mulai pk 07.30 waktu setempat (jam 11.30 WIB) di daerah Kleina Mycenae, Ghymo, Kefalari , dan Ziria sejauh 604.06 kilometer.

“Lintasan hari ketiga di Kleina dan Ghymno lebih rusak dari kemaren, kami memilih bermain aman , karena batunya besar-besar dan lintasan tersebut bukan lintasan kecepatan, tapi lintasan uji kendaraan. Kami akan berusaha lebih keras untuk memperbaiki catatan waktu di hari ketiga dan keempat, dan tetap berupaya untuk dapat finish Acropolis Rally,” ujar Rifat Sungkar.

“Meskipun mobil sempat mengalami kerusakan akibat kecelakaan di hari kedua, mobil dapat diperbaiki untuk melanjutkan pertandingan di hari ke-tiga dan ke-empat,” ujar Steve Lancaster, sebagai navigator untuk Fastron World Rally Team.

HARI 3 – Fastron World Rally Team akan melanjutkan pertandingan di hari ketiga (26 Mei 2012), yang juga terdiri dari 8 SS dan periode tanding yang panjang. Di hari ketiga Acropolis Rally ini, Rifat bersama Steve, akan bertanding di SS10 – SS17, yang melewati lintasan di daerah Klenia Mycenae, Ghymno, Kefalari, dan ziria, dengan total jarak tempuh sepanjang 604,06 km.

Reli hari ketiga ini berpotensi menghadirkan tantangan yang lebih berat dibandingkan dengan hari kedua. Salah satunya penyebabnya dikarenakan kondisi lintasan di Klenia Mycenae dan Ghymno yang jauh lebih buruk, dan kedua lokasi tersebut akan dilewati sebanyak dua kali di SS10 dan 14 untuk Klenia Mycenae dan SS11 dan 15 untuk Ghymno.

Leave a Reply