Yamaha Dominasi Motoprix Seri-3 Region 2

7 Mei 2012. Lagi, motor Yamaha mendominasi Seri Ke-3 Motoprix Region 2 (Jawa) yang digelar di sirkuit karting Sentul, hari Minggu 6 Mei 2012. Dari 8 kelas yang dipertandingkan, Yamaha menjuarai 7 kelas. Bahkan lima posisi teratas kelas paling bergengsi MP1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded), dikuasai para pebalap Yamaha. Balapan Motoprix Region 2 kali ini mendapat dukungan dari oli TOP 1, NKH Helmet, FDR, dan Duration.

Sulung Giwa, pebalap asal Jawa Timur yang memperkuat tim Yamaha Andy Speed NHK FDR SSS, naik podium pertama setelah finis tercepat di race 1 dengan catatan waktu 16:52.614 setelah mengitari 18 lap dan posisi ketiga di race 2.

Total poin 41 yang dikumpulkannya mengungguli Andy Pramana (36), Yoga Adi Pratama (29), Agus Setiawan (29) dan Ardhy Satya Sadarma (26). Agus sempat menjadi ancaman serius Sulung setelah membuntutinya di posisi kedua di race 1 dengan selisih 0,890 detik, namun terpental jauh di race 2 yang dimenangi Andy Pramana diikuti Yoga Adi Pratama di posisi kedua.

Hasil seri 3 ini menempatkan Yoga di posisi teratas klasemen sementara mengemas angka 90. Poinnya sama dengan Agus di tempat kedua, namun Yoga yang memimpin karena hasil race 2 di seri 3 ini lebih baik dari Agus. Sedangkan di MP2 (Bebek 4Tak 110 cc Tune Up Seeded), M.Zaki berjaya dengan menjuarainya setelah mengumpulkan poin tertinggi 33. Poinnya sama dengan Andy Pramana namun total catatan waktu Zaki lebih baik. Zaki memenangi MP2 tanpa perlawanan dan finis terdepan di race dan race 2.

Pebalap Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya itu hanya finis di tempat keempat di race 1 dan kedua di race 2. Dia diuntungkan gagalnya lawan-lawannya yang menguasai dua race itu tapi tidak konsisten. Yoga Adi Pratama memimpin di race 1 namun urung memetik poin di race 2. Agus Setiawan yang terdepan di race 2 hanya mendapatkan satu poin di race 2.

Di kelas MP2 ini persaingan Yamaha dan Honda cukup terlihat. Setelah Zaki, podium kedua masih dipegang pebalap Yamaha, Andy Pramana, disusul Gilang Pranata Sukma (Honda), Agus Setiawan (Yamaha) dan Juni AS (Honda).

M.Zaky (Yamaha)

”Saya lumayan puas dengan hasil seri 3 ini karena sebenarnya belum begitu mengenal sirkuit ini. Baru tiga kali latihan di sini. Tapi tim mekanik selalu melakukan perbaikan secara teknis untuk motor jadi sangat membantu performa saya,” papar Zaki yang tahun 2012 ini baru naik di kelas seeded Motoprix dan ia sementara ini memimpin klasemen sementara di kelas MP2 Region 2 dengan poin 114.

Sementara dari pihak sponsor merasa puas dengan event ini, antara lain Akmeilani, Assistant Manager TOP 1 Indonesia mengatakan: “Seri ketiga dari Kejurnas MotoPrix Region II menjadi ajang adusprestasi para pembalap pemula untuk mendapatkan pengalaman dan jam terbang balapan. Mereka memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menjadi yang terbaik. Kami melihat sportivitas pembalap sudah sangat baik khususnya dalam event ini,” kata Akmeilani.

“Melalui evnt ini kami senantiasa merekomendasikan pelumas-pelumas terbaik dari merek TOP 1, antara lain produk TOP 1 Action plus 10W-40 dan TOP 1 Action Plus 10w-30 sebagai pelumas yang tepat yang mampu memenuhi kebutuhan para pembalap, maupun konsumen untuk sepeda motor harian dalam hal pelumasan,” tutup Akmeilani dari perusahaan TOP 1 yang senantiasa berkomitment ikut mendukung setiap kegiatan otomotif dan balapan.

Hasil Motoprix Seri 3 Region 2

MP1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded)
1. Sulung Giwa (Yamaha)
2. Andy Pramana (Yamaha)
3. Yoga Adi Pratama (Yamaha)
4. Agus Setiawan (Yamaha)
5. Ardhy Sayta Sadarma (Yamaha)

MP2 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded)
1. M.Zaky (Yamaha)
2. Andy Pramana (Yamaha)
3. Gilang Pranata Sukma (Honda)
4. Agus Setiawan (Yamaha)
5. Juni AS (Honda)

MP3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula)
1. Tamy Pratama (Yamaha)
2. Reynaldi Pradhana (Honda)
3. Aditya Pangestu (Honda)
4. Aditya Herdiana (Honda)
5. R.Fadhil (Yamaha)

MP4 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Pemula)
1. Tamy Pratama (Yamaha)
2. Gerry Laurens (Honda)
3. Angga PA (Yamaha)
4. Rheza Danica Ahrens (Yamaha)
5. Reynaldi Pradhana (Honda)

MP5 (Bebek 4 Tak 125 cc Standard Pemula)
1. Maulana (Yamaha)
2. Andi Gilang (Honda)
3. Agung Didu (Yamaha)
4. Samsul Arifin (Yamaha)
5. B.Samhan (Honda)

MP6 (Bebek 4 Tak 110 cc Standard Pemula)
1. Samsul Arifin (Yamaha)
2. Aji Trisnawan (Yamaha)
3. Irfan Riyadoh (Yamaha)
4. B.Samhan (Honda)
5. Mamank Uyu (Yamaha)

ALBUM PHOTO: Race MotoPrix + Podium

Leave a Reply