European Touring Car Championship 2012 Di Sirkuit Sentul

2 Mei 2012. Kegiatan otomotif di Indonesia khususnya balapan mobil tidak terlepas dari pentingnya sebuah pelumas. TOP 1 Indonesia ikut mendukung salah satu kelas baru yang di gelar di Indonesia Series Of Motorsport (ISOM) 2012. Adapun kelas balap yang didukung TOP 1 adalah European Touring Car Championship 2012 (ETCC) dimana seri perdananya telah dilaksanakan pada 29 April lalu di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor Jawa Barat.

Event ETTCC ini siap digelar selama 6 Seri di Sirkuit Internasional Sentul. Didalam ajang balap ini terdapat 3 kelas yang sudah dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menampung merk-merk kendaraan pabrikan Eropa. ETCC dikemas dalam sebuah tema balap mobil yang memacu adrenaline seiring dengan semboyannya, Adrenaline Of Speed Race.

Hal ini tersangkut dengan ketatnya regulasi ETCC yang menerapkan sistem time record dalam balapan, artinya setiap peserta harus mampu mencapai waktu tempuh dalam setiap lap/putaran dengan waktu yang sudah ditentukan yang mengacu pada regulasi balap mobil ETCC International, namun disesuaikan dengan kondisi sirkuit di negara masing-masing.

Antusias yang ditunjukan oleh klub dan komunitas mobil Eropa di Indonsia sangat mendukung kegiatan ETCC ini, demikian pula promotor penyelenggara juga telah menyiapkan sebuah konsep acara pendukung yang mengundang seluruh klub dan komunitas mobil Eropa untuk ikut ambil bagian di Sikuit Sentul untuk setiap seri kejuaraan ETCC.

Ajang yang melibatkan klub dan komunitas mobil Eropa ini, antara lain disebut dengan European Victory Lap, yaitu sebuah kesempatan yang diberikan kepada anggota klub dan komunitas mobil Eropa untuk dapat mencoba trek sirkuit dalam 3 lap yang dipandu oleh safety car.

Dalam ETCC ini sendiri mempertandingkan 3 kelas yang terbagi berdasarkan kapasitas mesin, mulai dari 1600 cc hingga di atas 3000 cc. Regulasinya cukup ketat hampir mirip ajang BTCC (British Touring Car Championship) di Inggris, atau DTM (Deutsche Tourenwagen Masters) di Jerman. Ketentuannya setiap pebalapnya harus mampu mencapai waktu tempuh setiap lap dengan waktu yang sudah ditentukan.

Beberapa team balap mobil asal Eropa ini memperebutkan trophy juara, antara lain Trophy Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Nanan Soekarna. Untuk seri pertama telah diikuti oleh para pengendara dengan berbagai type, yakni BMW E36, BMW M10, Mercedes Benz W124, Mercedes W201, Mercedes W202, Mercedes W203, Mini Cooper S Turbo, Ferrari 458 Itallia, dan Lamborghini Gallardo.

Kelas baru di ISOM ini langsung mendapat respon yang cukup positif dari kalangan komunitas dan klub mobil Eropa, antara lain BMWCCI, MOCI, MBCI, FOCI dan beberapa nama klub mobil eropa yang lainnya.

TOP 1 Evolution OEM Series IV.

PT Topindo Atlas Asia, selaku produsen oli TOP 1 di Indonesia siap mendukung event ini sampai seri ke-6. Bersamaan dengan berlangsungnya event ini, TOP 1 juga ikut mengenalkan produk terbarunya yakni TOP 1 Evolution OEM Series IV.

Oli terbarunya ini telah diakui produsen mobil Eropa, dan cocok untuk mesin generasi terbaru yang sangat membutuhkan pelumas dengan spesifikasi API SN dengan kekentalan 5W-30 dan 5W-40. Selain itu konsumen tidak perlu ragu dengan oli yang berbahan dasar 100% Fully Synthetic ini, pasalnya produk ini mendapat pengakuan dari Global Automotive Manufacturing.

“Ini merupakan event balap khusus mobil Eropa pertama di Indonesia, selain itu dengan produk terbaru kami yang telah mendapat rekomendasi dari beberapa APM mobil Eropa, maka kami semakin yakin mensupport ajang mobil bergengsi ini,” jelas Akmeilani, Assistant Brand Manager PT Topindo Atlas Asia.

Akmeilani, Assistant Brand Manager PT Topindo Atlas Asia (nomor 2 dari kiri)

TOP 1 Evolution OEM Series IV 5W-30 & 5W-40 dengan API SN 100% Fully Synthetic merupakan produk pelumas berkualitas tinggi yang diakui oleh Global Automotive Manufacturing berspesifikasi BMW LL-04, MB-APPROVAL 229.31, MB-APPROVAL 229.5, PORSCHE A40, VW 502.00, 505.00, ACEA A3/B3-08, ACEA A3/B4-08, ACEA C3-08.

TOP 1 Evolution OEM Series IV 5W-30 & 5W-40, diformulasi secara khusus antara lain untuk meminimalkan gesekan, mencegah kemungkinan terjadinya keausan serta meningkatkan akselerasi dan tenaga mesin secara optimal, mencegah terbentuknya sludge, dan deposit pada piston.

ALBUM PHOTO

VIDEO

Leave a Reply