Obrolan Kemenangan Honda CBR 250R di IRS 2012 Seri-1

30 April 2012. Inilah acara yang ditunggu-tunggu oleh rekan bikers Honda CBR 250R Club usai mendalami ilmu tentang Seluk-Beluk Investasi di Pasar Modal yang berlangsung hari Minggu, 29 April 2012 di Rolling Stones Cafe, Jakarta. Sambil menahan rasa lapar makan siang, rekan bikers CBR 250R akhirnya mendapat kesempatan sesi tanya-jawab dengan sosok Benny Djati Utomo (Astra Motor Racing Team), pebalap Honda Wawan Hermawan dan Anggono Iriawan, Manager Safety Riding and Motor Sports AHM. Hm.. penasaran apa aja nih yang di obrolin?

Tanpa ba-bi-bu.. singkat kata dua pebalap Honda CBR 250R, Denny Triyugo dan Wawan Hermawan dari Astra Motor Racing Team (ART) meraih grid terdepan untuk Kejuaraan Nasional Sport 250cc, IRS (Indospeed Race Series) Seri-1 hari Minggu 22/4.  Balapan paling bergengsi yang digelar pukul 16.00 WIB ini akhirnya dikuasai oleh Honda CBR 250R dipersembahan oleh pembalap Honda yang memboyong podium. Sementara itu, motor lawan dari Kawasaki Ninja 250R tertinggal jauh.

Kiri-Kanan: Pebalap Wawan Hermawan, Anggono Iriawan AHM dan Benny Djati Utomo ART

Bagaimana soal catatan waktu balapan? Tampaknya jangan dibahas terlalu detail disini. Yang penting ada yang menang dan kalah. Namun demikian, yang jadi pertanyaan disini mengapa Honda CBR 250R dengan mesin satu silinder bisa menguasai balapan dan jadi pemenang? Bahkan kemenangan ini sempat bikin geger banyak orang, seakan tak percaya jika Ninja 250R telah dipermalukan oleh motor bermesin satu silinder.

Dalam obrolan yang dibahas di acara Rolling Stones Cafe kemarin tersebut, adalah tentang resep Benny Djati Utomo yang mampu meramu motor CBR 250R dengan apik, dan akhirnya mampu mematahkan mitos selama ini yang disebut-sebut Honda CBR 250R tak mampu melawan Ninja 250R. Nah, apa jawaban dari Benny sang tuner sekaligus manager tim ART?

“CBR 250R memiliki teknologi. Semua motor dalam kondisi standard, kecuali klep kita ambil dari after market. Untuk balapan pun sudah mengikuti regulasi yang telah disepakati bersama,” jelas Benny dengan singkat. “Asal tau saja, sebelum balapan, regulasi sudah disetujui dan ditandatangani oleh semua pihak. Jadi kemenangan ini memang apa adanya,” tambah Anggono Iriawan dari AHM yang juga memiliki tunggangan Honda CBR 250R.

Jadi apa yang mau ditanyakan lagi? Demikian sambung sang-MC yang ikut bangga atas prestasi Honda CBR 250R ini dalam kancah balapan kelas nasional ini. “Ayo silahkan tanya lagi bro, silahkan tanyakan soal bobot, berat badan pebalap, isu-isu boikot balapan, isu-isu adanya perubahan regulasi, sekalian nih kita bahas disini soal omongan miring dari komentar-komentar yang ada di jagat blogger,” tantang MC ini.

Obrolan santai ini memang terbatas hanya untuk tamu undangan dan anggota Honda CBR 250R Club. Singkat kata pemilik CBR 250R kini boleh bangga karena teknologi yang diusung Honda CBR 250R memang terbukti lebih baik dari merek kompetitor. Ya kita ketahui Honda CBR 250R yang diluncurkan oleh AHM bulan Februari 2011 lalu mendapat respon yang positif, dan hingga saat ini angka penjualannya pun terus meningkat.

Honda CBR 250R mengusung mesin single silinder DOHC, berkapasitas 249 cc dengan tenaga 26 dk dan memiliki kelebihan dalam program fuel injection system (PGM-FI). Dari pengalaman SL.com menjajal motor ini, memang terasa kelebihan teknologi injeksinya yang mampu menghasilkan performa mesin yang optimal, dengan akselerasi responsif. Belum lagi memiliki sasis turbular yang katanya terbukti lincah dan nyaman untuk digeber.

Saking penasaran dengan kapasitas mesin satu silinder, maka tak heran jika sosok Honda CBR 250R ini selalu menjadi bahan obrolan bahkan dipertanyakan di berbagai kesempatan, khususnya di kalangan biker, forum milis otomotif, hingga kalangan blogger pun sering mengulas tentang sosok CBR 250R ini. Semoga saja kemenangan Honda CBR 250R di ajang IRS 2011 Seri-1 tersebut menjadi jawaban. Tapi tunggu dulu, kita  tunggu saja balapan Kerjurnas 250cc berikutnya.

Ya, SL.com sendiri sangat beruntung sudah pernah mencicipi kehebatan motor sport ini di trek balap Kenjeran Park Surabaya pada bulan Maret 2011, bahkan ikut training dan workshop soal teknologi injeksinya di bulan April 2011, dan rasanya sih sudah cukup informasi yang tersedia di website ini. Jangan lupa, bahwa HRC mendukung pembalap Honda. Silahkan di klik aja bagi yang masih penasaran dengan Honda CBR 250R.

Hasil Lomba Kejurnas Motor Sport 250 cc IRS 2012 Seri-1:
1.    Denny Triyugo/Honda/Astra Motor Racing Team
2.    Wawan Hermawan/Honda/Astra Motor Racing Team
3.    Imanuel Pratna/Kawasaki/AR-1 NHK X-Race CLD Sphinx
4.    Joseph Kevin/Kawasaki/Leon AHX ELS Racing
5.    Wahyu Widodo/Honda/Honda Sphinx Connection INK Federal Oil IRC
6.    M Fadli/Kawasaki/Kawasaki Manual Tech

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

2 thoughts on “Obrolan Kemenangan Honda CBR 250R di IRS 2012 Seri-1

  1. rizky febry says:

    mitos terbantahkan….. 🙂 its not always only about the machine but team work….. salam satu hati untuk optimis di seri berikutnya

  2. Sepertinya mesin 2 tak nyaris ditinggalkan neh. Selain kurang ramah lingkungan, boros dan ribet kudu sedia oli samping…

Leave a Reply