Yang Baru Dari Oli Castrol Magnatec

28 April 2012. PT Castrol Indonesia melakukan refreshing atas produk pelumasnya, yaitu Castrol Magnatec. Hal ini disampaikan oleh Castrol Indonesia melalui acara “Media Gathering” khususnya untuk media otomotif bertempat di Beer Garden, Kawasan SCBD, Jakarta pada hari Jumat sore (27/4/12). Dalam hal ini Castrol mengklaim produk terbarunya jauh lebih baik untuk perlindungan mesin terhadap keausan.

Menurut Ivan Rilman, PCO Brand Manager PT Castrol Indonesia bahwa Castrol Magnatec adalah salah satu produk terbaik milik Castrol yang selalu memberikan perlindungan terhadap keausan mesin, sejak pertama kali produk tersebut diperkenalkan lebih dari 15 tahun lalu. Kini sebuah demonstrasi inovatif akan membuktikan bahwa Castrol Magnatec memang benar memberikan perlindungan terbaik terhadap keausan mesin.

Ivan Rilman, PCO Brand Manager PT Castrol Indonesia

Masalah apa yang terjadi dan tidak disadari?

Lebih dari satu miliar kendaraan berada dijalanan seluruh dunia, orang-orang semakin bergantung pada mobil untuk berpergian. Tetapi, berapa banyak orang yang perduli dan paham benar mengenai apa yang terjadi ketika mereka memutar kunci mobil untuk menyalakan mesin kendaraannya?

Di bawah kap mesin ada sebuah mesin yang merupakan jantung dan jiwa dari mobil. Dan seperti para pengguna mobil dan keluarganya, mesin juga membutuhkan perawatan dan perhatian. Dalam lingkungan yang tidak bersahabat, suhu berkendara yang tinggi dan tekanan pada saat berkendara ketika mesin menggerakan bagian-bagiannya dengan kecepatan tinggi. Ada gesekan yang terus menerus antara bagian yang satu dan lainnya Ini adalah sebuah proses pengikisan.

Pada mesin yang tidak terlindungi, pengikisan akan menyerang bagian mesin yang peka, dan secara perlahan menyebabkan keausan pada bagian tersebut, ketika permukaan logam saling bergesekan hingga ribuan kali setiap menitnya. Sangat mengejutkan ketika mengetahui berapa banyak keausan yang terjadi, dalan 12 jam saja jumlah serpihan debu logam yang dihasilkan dan keausan mesin mobil di Eropa, beratnya setara dengan berat sebuah mobil.

Banyak orang tidak tahu bahwa sebagian besar keausan terjadi pada proses pengikisan saat mesin dipanaskan. Rata-rata dibutuhkan 20 menit agar mesin mencapai suhu yang tepat agar pelumas dapat bekerja. Hal ini tergantung dari cara mengendarai mobil dan keadaan jalanan, pemanasan dapat berlangsung lebih lama apabila mobil dikemudikan dalam kondisi stop and go. Karena dalam kondisi tersebut mesin tidak memiliki waktu yang cukup untuk pemanasan maksimal. Faktanya, hingga 75% keausan mesin terjadi pada saat mesin dihidupakan.

Solusi apa yang_bisa menyelesaikan masalah keausan mesin?

Pelumas atau oli mesin adalah jawaban yang pasti. Karena oli mesin dirancang untuk mengurangi pengikisan yang terjadi pada saat mesin mobil bekerja. Tetapi pada saat mesin mobil dalam keadaan mati, oli biasa akan berhenti melapisi dan membuat bagian permukaan mesin tidak terlindungi. Bagian-bagian panting mesin yang tidak terlindungi tersebut akan menjadi rentan terhadap keausan.

Para ahli dari Castrol telah mengembangkan pelumas yang melekat pada mesin sehingga dapat mengatasi masalah tersebut. Hasilnya adalah Castrol Magnatec. Dengan molekul pintar yang disempurnakan (ultra-refined), molekul pintar Castrol Magnatec akan melekat seperti magnet pada permukaan logam dan memberikan perlindungan maksimal pada saat mesin benar-benar membutuhkannya selama mesin dipanaskan. Perlindungan sejak mesin dihidupkan dapat secara dramatis mengurangi keausan mesin.

Buktikan Sendiri Kehebatannya

Para ahli dari Castrol melakukan pengujian ketat selama ribuan jam terhadap Castrol Magnatec untuk membuktikan bahwa molekul pintarnya memiliki kualitas “pelumas yang melekat”. Secara khusus mereka menjalankan standar tes keausan industri Sequence IVA pada dua mesin, satu mesin menggunakan pelumas tanpa molekul pintar dan satu lagi menggunakan pelumas yang sama, tetapi dengan molekul pintar. Kemudian camshaft dikeluarkan dari mesin dan cam lobes pada mesin diukur kekasaran permukaannya menggunakan mesin Taylor Hobson ‘Talysurf.

Saat diukur dengan parameter pengukuran permukaan paling standar (Ra), cam lobes yang dilindungi dengan molekul pintar Castrol Magnatec temyata memiliki permukaan 15 kali lebih halus dibandingkan cam lobes yang tanpa perlindungan molekul pintar Castrol Magnatec. Hasil cam lobes pada setup tes tersebut kemudian difoto dengan menggunakan pemindai mikroskop elektron untuk memberikan gambaran yang akan ditampilkan pada label baru pada kemasan Castrol Magnatec.

Kini kemasan produk terbaru Castrol Magnatec memiliki label baru, yang memungkinkan pelanggan untuk dapat melihat, mendengar dan merasakan sendiri perbedaan yang dihasilkan oleh molekul pintar Castrol Magnatec.

Untuk pembuktian lebih lanjut, para ahli dari Castrol melakukan penelitian pasar intemasional. Mereka mengajukan beberapa pertanyaan kepada konsumen di London, Moskow dan Shanghai, serta menguji Castrol Magnatec Touch Test untuk merasakan sendiri bagaimana perbedaannya.

Sebesar 99% konsumen setuju bahwa bagian penting mesin yang dilindungi dengan molekul pintar Castrol Magnatec terasa lebih halus dibandingkan tanpa perlindungan molekul pintar Castrol Magnatec. Bahkan 75% mengatakan akan mencoba menggunakan Castrol Magnatec.

Setelah menyadari tingkat keausan yang dapat terjadi pada mesin, yang lebih penting lagi adalah menyadari bahwa ada sebuah solusi untuk masalah tersebut. Castrol Magnatec Melindungi Sejak Pertama Kali Mesin Dihidupkan.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

4 thoughts on “Yang Baru Dari Oli Castrol Magnatec

  1. Apakah oli castrol magnatec ini bisa jg digunakan pada motor 4 tak?

  2. siip pengalamanku castrol magnetik sangat bagus dibanding yg lain… berkali kali ku mengganti oli motorku dengan oli merek lain, pada akhirnya kembali lagi ke Castrol magnetik, mesin halus n tarikan enteng

  3. Emang bisa ea buat motor castrol magnatec..?
    Minta rincihannya dunk gan biar nga salah pilih oli terimah kasih

Leave a Reply