World Golfers Championship Indonesia Kembali Gelar Turnamen Int’l Golf Amatir

24 April 2012. World Golfers Championship Indonesia kembali menggelar turnamen internasional golf amatir untuk tahun ke-lima dengan target membidik Juara Dunia ketiga kalinya pada Final Dunia yang akan diselenggarakan di Durban, Afrika Selatan pada tanggal 27 Oktober s/d 3 November 2012. Penyelenggaraan periode kualifikasi berlangsung selama kurang lebih lima bulan dari Maret hingga Juli selanjutnya masuk babak final zona dan final Indonesia yang akan berlangsung selama bulan September 2012. 

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang turnamen pegolf amatir dunia yang bergengsi ini telah memasuki tahun ke-5 dan selama mengikuti turnamen tersebut prestasi tim Indonesia cukup mengagumkan dengan berhasil menjadi tim Juara Dunia pada tahun 2007 dan 2009. Tahun ini tim Indonesia akan membidik Juara Dunia untuk yang ketiga kalinya di Final Dunia tersebut.

Sementara pada hari ini (24/4) di babak final periode 2 yang telah berlangsung di Zona Riverside Golf Club sebanyak 4 pegolf (Jeffrey Maringka Juara Divisi B (72), Pieter Prinsloo Juara Divisi C (74), Leonard Kim Juara Divisi D (70), Denis Manansang Juara Divisi E (67) dari masing-masing divisi (Handicap) telah berhasil lolos masuk ke babak selanjutnya yaitu babak final zona.

Menariknya masing-masing pegolf yang telah memenangi final periode sebenarnya masih bisa mengikuti babak final periode lainnya di Zona (Lapangan) yang berbeda dengan tujuan untuk membuka kemungkinan sebesar mungkin masuk ke Final Indonesia yang akan berlangsung di bulan September 2012.

Dalam proses penyelenggaraan kualifikasi dan final Indonesia pihak penyelenggara sekaligus pemegang lisensi resmi WGC untuk Indonesia yaitu PT Asa Bangsa telah menerapkan sistem pertandingan yang sangat menantang dan ketat dengan tujuan akan menghasilkan tim Indonesia berkualitas dan siap untuk bertanding di level Final Dunia WGC sekaligus merebut gelar Juara Dunia.

Sistem pertandingan akan meliputi babak kualifikasi sebanyak 8 periode dengan babak final masing-masing periode selama kurun waktu 5 bulan di 4 zona berbeda atau dimasing-masing lapangan yaitu Sentul Highlands Golf Club, Emeralda Golf Club, Palm Hill Golf Club dan Riverside Glof Club. Selanjutnya akan dilakukan penyeleksian kembali setelah satu musim babak periode tersebut selesai. Setiap lapangan atau zona melakukan penyeleksian dari semua pemenang dalam Babak Final Zona dan mengambil 3 pemenang dari masing-masing divisi pada setiap lapangan atau zona.

Sementara untuk Babak Final Indonesia itu sendiri adalah penyeleksian terakhir sebelum bertanding di Final Dunia, yaitu penyeleksian semua pemenang dari setiap Divisi Handicap yang digabung dari semua Zona atau lapangan. Pemenang yang diambil adalah Juara Pertama disetiap Divisi Handicap dan akan dikirim ke Kejuaraan Dunia WGC yang akan dilaksanakan di Afrika Selatan.

Turnamen babak kualifikasi akan menggunakan perhitungan score on handicap yang dibagi dalam 5 kategori handicap yaitu: Divisi A: Handicap ≤ 5 (akan bermain gross); Divisi B: Handicap 6-10; Divisi C: Handicap 11-15; Divisi D: Handicap 16-20; Divisi E: Handicap 21-25.

Penyelenggaraan dilakukan di setiap ZONA (Lapangan), setiap hari, dalam satu minggu dimana score dikumpulkan dan dilakukan penyeleksian untuk mencari finalis dalam setiap minggunya dan dalam satu periode terdiri dari 2 minggu.

Mengenai World Golfers Championship (WGC)

World Golfers Campionship (WGC) lahir dari seorang atlet serba bisa yang akhirnya menjadi pecinta golf asal Swedia bernama Sven “Tumba” Johansson pada tahun 1995. WGC didirikan untuk mengakomodir golfers amatir sehingga menjadi tempat untuk berkompetisi dengan aturan yang ketat dan sesuai dengan kaidah-kaidah permainan golf.

WGC adalah organisasi penyelenggara turnamen golf amatir internasional yang berkedudukan di Inggris. Selain sang pendiri yaitu Sven Tumba, organisasi ini diperkuat oleh tokoh sekaligus legenda golf kenamaan asal Amerika Serikat yang telah lama menjadi ikon golf dunia yaitu Arnold Palmer.

Arnold Palmer bertindak sebagai patron turnamen bagi WGC. Selain Arnold Palmer di WGC juga terdapat nama mantan Golfers nomor satu asal Spanyol pada rentang waktu tahun 1970 – 1990 yaitu Severiano Ballesteros Sota atau lebih dikenal sebagai Seve Ballesteros yang bertindak sebagai anggota kehormatan di badan penasihat.

Dengan bergabungnya tiga tokoh golf ini bobot dari organisasi WGC menjadi sangat prestisius dan itu terbukti hingga saat ini. Hingga tahun 2011 jumlah peserta maupun negara yang berpartisipasi untuk event ini mencapai ribuan golfers di lebih dari 40 negara di dunia. Dalam rentang waktu yang cukup singkat turnamen ini telah berdiri menjadi turnamen utama bagi golfers amatir di dunia.

Turnamen ini diadakan di setiap benua yang berbeda-beda di kota-kota terkemuka setiap tahunnya untuk memberikan kesempatan kepada setiap negara di benua yang berbeda menjadi penyelenggara turnamen golf bergengsi ini.

Tahun 2012 ini final dunia akan kembali dilaksanakan Durban South Africa. Info lengkap silahkan kunjungi www.wgc-indonesia.com atau SMS HOTLINE 0815 86010209 atau pin BB: 274FA12A

Please follow and like us:
Tagged with 

Leave a Reply