Tips Berkendara Dari Ford Driving Skills For Life

13 April 2012. Tips apa yang bisa di bagikan dari ajang Ford Driving Skills For For Life yang telah digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat hari Jumat siang (13/4/12)? Ya, di halaman ini ada beberapa tips yang bisa di share dari acara pelatihan tentang cara mengemudi yang baik, aman dan juga hemat bbm. Maaf sekali kalau materi yang disampaikan di sini tidak menyeluruh, namun demikian paling tidak ada beberapa hal yang bisa di share. Semoga informasi yang ada berguna demi keselamatan kita bersama.

Tips Auto-YOGA Ford

Terlalu lama mengemudi dapat menyebabkan stress. Stress timbul bukan hanya saat ada mobil lain yang menyelak Anda, tetapi dapat jugs disebabkan oleh rasa takut ketika Anda tersesat, pindah jalur atau lelah dijalan. Berdasarkan sebuah studi di Queensland University of Technology (QUT), menyetir ketika stress sama membahayakannya dengan menggunakan ponsel ketika menyetir. Walaupun begitu, tahukah Anda ada beberapa teknik dasar yoga yang dapat membantu Anda untuk menghilangkan stress dan membuat kita tetap terjaga dan segar ketika sedang menyetir?

Orang-orang punya berbagai macam cara untuk mengurangi stress saat menyetir, diantaranya dengan menelepon, menyanyi atau makan. Karena keamanan adalah yang terpenting. Ford akan membagi solusi yang dapat membantu Anda untuk mempertahankan fokus dan kewaspadaan di saat menyetir. Anda harus mencoba beberapa latihan yoga sehingga dapat melepaskan Anda dari stress terutama saat berkendara.

Auto-Yoga 1: Pernapasan

Bernapas dengan benar merupakan kunci untuk melawan stress, jadi mulailah bernafas secara perlahan untuk membantu menenangkan Anda. Setelah itu, ambilah nafas panjang secara perlahan-lahan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan. Tarik nafas melalui hidung dan buanglah nafas melalui mulut setidaknya hingga hitungan ke-empat. Bernapas dengan teratur dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan tubuh agar terhindar dari stress saat Anda terjebak kemacetan.

Auto-Yoga 2: Leher Anda

Setelah seharian penuh duduk di kantor, leher Anda akan rentan untuk menjadi tegang. Dengan kedua tangan di setir, perlahan gerakanlah kepala Anda berputar membentuk seperti lingkaran, dan lakukan lebih lama pada bagian tubuh Anda yang membutuhkan lebih banyak regangan. Setelah itu, sambil tetap meletakkan kedua tangan Anda diatas setir, gerakkan leher Anda ke kiri dan ke kanan.

Auto-Yoga 3: Punggung Anda

Bila mobil Anda dalam keadaan berhenti secara total, angkat kedua tangan Anda keatas dan tarik napas dalam-dalam. Di saat yang sama, tarik badan Anda ke depan hingga menyentuh setir, ambit napas panjang untuk melegakan otot Anda. Kemudian letakkan tangan kanan Anda mengelilingi dada dan gunakan tangan kiri Anda untuk menarik siku ke arah tubuh dan sebaliknya. Beban dari gerakan tadi dapat mengurangi ketegangan dipunggung bagian bawah.

Auto-Yoga 4: Tangan dan kaki

Ketika mengemudi, Anda menggunakan kedua tangan dan kaki, jadi sangatlah penting untuk menjaga keduanya agar tidak kaku dan tegang. Dalam keadaan berhenti, genggamlah kedua tangan Anda dan buatlah gerakan melingkar, gerakan tersebut dapat membantu Anda untuk meredakan ketegangan dan mengedarkan aliran darah. Pada saat keadaan berhenti, jangan lupa untuk mengistirahatkan kedua kaki Anda dan putarlah kedua kaki Anda dengan gerakan melingkar.

Ingat, jika anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas, tidak berarti Anda harus stress, melainkan gunakanlah waktu itu untuk melakukan tips auto-yoga dari Ford untuk melepaskan stress dan ketegangan. Anda akan merasa jauh lebih balk ketika Anda mencapai tujuan Anda.

Tips berkendara di saat hujan oleh Ford

Mengemudi di saat hujan dapat menimbulkan bahaya. Jadi berhatihatilah saat keluar di jalan dan atau merencanakan perjalanan selama perubahan cuaca. Untuk membantu menavigasi jalanan basah, tim Layanan Ford memiliki beberapa tips mengemudi yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dan kembali dengan selamat.

  1. Periksa keadaan mobil Anda sebelum bepergian. Periksalah rem, kemudi, tingkat cairan / level cairan (aki, air radiator, oli, bensin), tekanan ban dan kedalaman ban serta penghangat agar kendaraan Anda siap untuk menghadapi hujan deras.
  2. Simpan kotak emergency di dalam mobil Anda. Mengambil beberapa langkah terlebih dahulu dapat menghemat waktu, menghemat biaya untuk layanan darurat dan dapat membantu untuk menghindari stress di saat terjadi kerusakan. Paket emergency dapat memenuhi kebutuhan darurat Anda karena dilengkapi dengan ban cadangan, senter, sekering, pompa, air, perlengkapan pertolongan pertama (first aid) dan perlengkapan lainnya yang dapat membantu Anda. 
  3. Pastikan wiper Anda dalam kondisi dan dapat berfungsi dengan baik. Jika karet wiper rapuh atau rusak, lebih baik menggantinya sebelum hujan turun.
  4. Berhati-hatilah saat berkendara. Perhatikan kecepatan Anda. Mengemudi dengan kecepatan tinggi tidak diperlukan. Pada musim hujan, hujan dapat menimbulkan air diantara ban dan jalan, kondisi tersebut dapat menyebabkan pengendara kehilangan kendali dengan mudah.
  5. Nyalakan lampu. Ketika mengemudi di saat hujan, nyalakan lampu depan mobil Anda. Cahaya dari lampu dapat membantu penglihatan Anda dan dapat memudahkan pengemudi lain melihat keberadaan Anda dari jauh. 
  6. Hindari rem mendadak. Sangatlah dianjurkan untuk menginjak rem pelan-pelan. Jika Anda menginjak rem hingga limit, ada kemungkinan mobil Anda akan selip. Lebih baik jika Anda mengerem secara bertahap sebelum benar-benar berhenti.
  7. Mengemudi dengan hati-hati dan jagalah jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jika jalan basah, Anda butuh lebih banyak waktu dan jarak untuk bereaksi terhadap bahaya. Berhati-hatilah dengan tidak berkendara dibelakang bus atau truk besar karena air cipratan dari roda mereka dapat mengganggu penglihatan Anda.
  8. Hindari genangan air di jalan. Anda tidak pernah tahu berapa dalam genangan air tersebut. Disamping itu, jika Anda melewati genangan yang dalam dengan kecepatan tinggi, maka hal itu dapat merusak bumper mobil atau radiator. Selain itu, jika air cipratan dari genangan itu menyiram mesin, maka mesin mobil dapat berhenti (mati).
  9. Selalu waspada dengan tanda-tanda berhenti atau hambatan yang menghalangi jalan. Jangan pernah melewati banjir, terutama di daerah yang Anda belum terbiasa lalui. Carilah rute lain.
  10. Mengemudi dengan perlahan-lahan jika melewati banjir. Jika ada banjir di jalan, kurangi kecepatan Anda. Jangan melewati banjir jika Anda tidak dapat melihat seberapa dalam genangan itu. Hentikan mobil Anda terlebih dahulu sebelum memasuki jalan banjir dan cek terlebih dahulu. Biasanya, jika tingkat air sudah mencapai atau lebih tinggi dari bagian bawah pintu anda atau sudah mencapai tiga per empat dari roda Anda maka jangan melewati jalan tersebut.
  11. Ketika Anda terjebak di lumpur, pindah ke gigi satu atau dua dan tekan gas perlahan-lahan. Jangan putar roda atau Anda dapat tenggelam lebih dalam.
  12. Pindah ke gigi yang lebih rendah secara tiba-tiba di waktu hujan sangat dapat membahayakan Anda. Perubahan kecepatan ban secara mendadak di permukaan licin dapat menyebabkan mobil Anda slip. Hal tersebut dapat menyebabkan Anda kehilangan kontrol dan dapat memicu kecelakaan. Gunakan extreme caution dijalan yang licin, terutama saat tanjakan.
10 Tips Utama Ford Driving Skills For Life
Tagged with 

Leave a Reply