Business Plan 2012 Nissan Motor Indonesia

4 April 2012. Mengambil tempat di XXI Ballroom Djakarta Theater pada hari Selasa kemarin (3/4/12), PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan rencana bisnis di tahun fiskal 2012 (FY2012) yang efektif mulai bulan April 2012 hingga Maret 2013. Selain itu, PT NMI mengumumkan Kentaro Izumida sebagai Presiden Direktur baru NMI menggantikan Takayuki Kimura.

SL.com turut hadir di lokasi acara dan melihat langsung slide presentasi, serta pemaparan tentang prestasi NMI sepanjang tahun, maupun strategi bisnis, dan target target NMI di tahun 2012, termasuk dengan peluncuran tiga line-up Nissan yang mengalami penyegaran atau model year 2012.

Dalam pidato pembukaannya, Takayuki Kimura sebagai mantan Presiden Direktur NMI yang pernah menjabat di tahun fiskal 2009 hingga 2011 mengatakan:

“FY2011 yang berakhir pada Maret 2012 telah menjadi tahun yang kuat bagi NMI dengan banyaknya hasil signifikan dan prestasi sepanjang tahun. Tahun fiskal ini NMI sukses mencapai target penjualan sebesar 60,000 unit. Presentasi pertumbuhan mencapai 52% dibandingkan pencapaian penjualan FY2010. Mobil Grand Livina, March dan Juke menjadi model yang berkontribusi.”

Kentaro Izumida, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) as per April 2012

“Pada saat ini, secara nasional Nissan berada di peringkat ketiga untuk segmen passenger car juga berada pada posisi ketiga untuk segmen keseluruhan (passenger dan commercial) khususnya di area Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, tahun ini menandakan NMI sebagai satu-satunya produsen kendaraan yang memasarkan segmen kendaraan terlengkap di Indonesia melalui rangkaian produknya mulai dari compact hatchback March hingga premium MPV New Elgrand,” tambah Takayuki Kimura kini menjabat sebagai RVP & PD Nissan Motor Thailand.

“Prestasi lainnya di sepanjang tahun FY2011 termasuk perluasan jaringan yang agresif dari 52 outlet di FY2010 menjadi 73 outlet di FY2011. Ini menunjukkan kecepatan pertumbuhan yang signifikan dengan tambahan lebih dari 20 dealer per tahun yang sejalan dengan -rencana perusahaan untuk mencapai 150 dealer di tahun kapasitas awal sejak September 2011. Kapasitas produksi NMI saat ini adalah 100,000 unit per tahun. Struktur organisasi ramping yang terdiri dari kaum muda serta sumber daya manusia yang berprestasi juga terus dipertahankan,” tutup Takayuki Kimura.

Selain itu dalam pidato perdana Kintaro Izumida, Presiden Direktur PT NMI yang baru saja ditugaskan di Indonesia namun sudah cukup lancar berbicara dalam Bahasa Indonesia ini, mengatakan:

“Di FY2012, Nissan akan lebih agresif lagi untuk bersaing di pasar otomotif. NMI akan menarget-k-an penjualan lebih dari 90.000 unit, atau setara dengan 50% pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan TIV yang diproyeksikan mencapai hampir satu juta kendaraan di tahun 2012, NMI pasti akan mencapai pangsa pasar 10%. Jumlah jaringan dealer juga akan meningkat dari 73 outlet di FY2011 menjadi 100 outlet di FY2012”.

Menutup pidatonya, Izumida mengumumkan tiga line-up model year 2012, New Nissan Navara, New Nissan Teana dan New X-Trail Urban selection yang akan berkontribusi terhadap volume penjualan NMI disamping Grand Livina, March dan Juke.

“Nissan di Indonesia tidak hanya memperkenalkan model-model global, tetapi secara konsisten akan terus mempromosikan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ketiga model ini dikembangkan untuk memuaskan pelanggan Indonesia dengan standar kualitas Nissan Global. Nissan akan selalu berkomitmen terhadap pasar Indonesia dan pelanggan kami disini. Kami berharap dapat menikmati tahun-tahun kesuksesan bersama di tahun mendatang,” jelas Izumida.

Selain mengumumkan rencana bisnis 2012, Nissan juga menegaskan tentang rencana mobil barunya Evalia di tahun 2012 ini, serta kembalinya merek Nissan Datsun di Tanah Air yang direncanakan pada tahun 2014 mendatang (artikel ini).

ALBUM PHOTO

Leave a Reply