Kiprah Garuda Hypercrea 2012 Di “Mocye Idea Challenge 2012” Bangkok Thailand

3 April 2012. Akhirnya perjuangan panjang Ida Bagus Teja Sadana, mahasiswa Universitas Udayana Bali untuk, memodifikasi Honda Scoopy sebagai andalan berlaga di “Mocye Idea Challenge 2012″ berbuah manis. Saat pengumuman jam 16.00 waktu setempat, nama Ida Bagus Teja Sadana dipanggil ke atas panggung dan berhak menjadi juara ketiga. Tentunya hal ini merupakan surprise yang sangat besar untuk Gus Teja panggilan akrabnya maupun untuk tim Indonesia. Sebaga referensi baca artikel sebelumnya disini.

“Pasti konsep Barong dan Leak Bali yang aku bawa di skutik retro ini, dan akhirnya berbuah kemenangan buat tim Indonesia,” bangganya. Scoopy ini banyak mendapatkan pujian dari sisi ukiran pahatan di pelek depan belakang dan airbrush yang terlihat ‘hidup’ serta penggunaan kuning emas prade yang biasa dipakai untuk beribadah umat Hindu Bali.

“Handgrip dan jok handmade juga bahkan jok menggunakan teknologi laser untuk menggoreskan gambar wajah barongnya,” imbuh Gus Teja yang mengaku gugup saat berada di atas panggung. Sumringah jelas terpancar dari wajah imut Gus Teja karena berhasil membawa pulang 10 ribu Baht (Rp. 3 juta) dan berhak atas trip travelling ke Singapura selama 5 hari.

Agus Umbara berada di atas panggung untuk menerima hadiah The Best Idea Challenge kelas PCX 125 dari panita

Seperti diketahui, Tabloid Ototrend (Jawa Pos Grup) bersama Astra Honda Motor dan jaringan dealer motor Honda seluruh Indonesia mengadakan Honda Otocontest Series (HOCS) 2011 dan ketiga King of HOCS 2011 ini diberi kesempatan oleh Astra Honda Motor dan ototrend untuk memodifikasi motor yakni 2 unit Honda PCX dan 1 unit Honda Scoopy dan mengirimkan ketiganya untuk mengikuti kontes modifikasi bertajuk Mocye Idea Challenge 2012 di Bangkok International Motorshow 2012 yang digelar tanggal 31 Maret 2012.

“Ceritanya itu setelah final battle HOCS 2011 bulan Desember lalu kami bertiga sebagai King of Honda Otocontest 2011 diberi tantangan oleh mas yudy ototrend dan pak Judhy Goutama dari Astra Honda Motor untuk memodifikasi dua unit Honda PCX dan satu unit Honda Scoopy dan mengikuti even kontes modifikasi bergengsi di Bangkok Thailand yang bernama Mocye Idea Challenge 2012 yang bersamaan dengan even terbesar di Asia Tenggara yakni Bangkok International Motorshow 2012. Kami siap saja mengharumkan nama Indonesia lewat jalur modifikasi!” bangga Agus Ficdiyanto, wiraswastawan bidang teknologi yang bergelar King of HOCS 2011 extreme category.

Agus bersama PCX ‘Dayak style” nya juga merasakan panggung kontes modifikasi internasional untuk menerima hadiah “The Best Idea Challenge” yang berhak mendapatkan uang sebesar 5 ribu Baht (Rp. 1,5 juta) dan traveling ke Vietnam selama 3 hari. Teknologi gadget untuk google map, GSM Phone cell, MP3, MP4, internet TV and wifi router ada di PCX ‘Dayak style’ sontak membuat pengunjung berdecak kagum.

Ketiganya mengaku harus mengejar waktu dan berpikir keras soal konsep modifikasinya. “Burung merak itu yang langsung terlintas di benak saya! Karena burung indah khas Indonesia ini cukup terkenal dan bisa mewakili semangat modifikasi Indonesia di dunia internasional,” seru I Dewa Gede Agus Umbara, seorang guru olah raga SD di Badung Bali yang mendapatkan titel sebagai King of HOCS 2011 Non Xtreme Category.

PCX Dayak. saat sesi video dan foto oleh panitia mocye idea challenge 2012

Sehingga Honda PCX yang merupakan skutik premium ini dibuatnya lebih panjang setengah meter daripada aslinya demi mengejar kesan garang sekaligus anggun burung merak. Sayangnya Honda PCX ‘Peacock Style’ andalan Agus Umbara ini belum mendapatkan penghargaan di even bergengsi garapan APHonda Thailand ini.

“Tidak masalah yang penting tim Indonesia menang! Itu aja sudah membuat saya bangga sekali !!. Kita di sini berangkat sebagai tim bukan individu !” bilang Agus Umbara legawa menerima kekalahannya.

Gedung Impact Challenger Muangthongthani, Bangkok Motor Show 2012, sebagai venue diadakannya Mocye Idea Challenge ini menjadi saksi bagaimana ketiga motor modifikasi karya putra bangsa Indonesia mengundang decak kagum kontestan lokal karena ‘kenekatan’ modifikator Indonesia mengikuti kontes modif di Thailand yang terkenal sebagai kiblatnya modifikasi dan gudangnya trend modifikasi.

Skrut Mocye Idea Challenge 2012 menggunakan db meter untuk mengetes suara knalpot

Ttim ototrend terus memantau perkembangan modifikasi mereka dari hari ke hari, kita menekankan bahwa mereka harus mengandalkan teknologi untuk bisa bersaing dengan modifikator Thailand. Ketiga ‘raja’ modifikasi yang amat bersyukur bisa mempersembahkan dan mengharumkan nama Indonesia lewat karya modifikasi mereka hingga ke negeri Siam, Thailand.

“Kita akan liput motor-motor ini ke semua grup media lokal kami,” bilang Komar Johari, Redaktur Senior dari grup majalah GPI Thailand. Ada juga wartawan media Jepang, Mr. Tsuyoshi Chiwa, Senior Advisor dari grup majalah Scooter Champ memang kebetulan meliput even Bangkok International Motorshow 2012 berulang kali memuji semangat modif Garuda Hypercrea dan berencana menjadikan ketiga motor ini menjadi cover majalah terbitan Jepang tersebut.

Ida Bagus Teja berada di panggung menerima hadiah sebagai juara 3 kelas Scoopy dari panitia

“Sekali lagi ini bagaikan mimpi, lewat modifikasi motor kami bisa menginjakkan kaki di Thailand apalagi kali ini sambil membawa ‘jiwa’ kami yakni motor modifikasi! Sepulangnya ke Indonesia motor ini tidak akan kami jual apalagi motor yang sudah menang ini! Berkat motor ini kami bisa melihat dunia luar apalagi bertanding dengan kontestan luar negeri yang sebelumnya bagikan mimpi! Terima kasih untuk Astra Honda Motor dan ototrend yang telah mewujudkan mimpi kami untuk membawa modifikasi Indonesia go international!” seru ketiganya serempak.

Referensi modifikasi hasil bertukar pikiran dengan redaksi ototrend karena memang selama ini kami mengikuti terus kontes modifikasi yang diselenggarakan oleh Ototrend,” bilangnya.

Semangat Indonesia juga menggebu-gebu di dada Ida Bagus Teja Sadana. Mahasiswa Universitas Udayana Bali ini memilih Honda Scoopy untuk berlaga di Mocye Idea Challenge 2012 karena memang kelas ini dibuat untuk diikuti pelajar. “Pasti konsep Barong dan Leak bali yang aku bawa di skutik retro ini,” bangganya. Serta ukiran-ukiran khas Balipun jadi penghias cover CVT dan pelek depan belakangnya.

scoopy gus teja bali

Please follow and like us:

One thought on “Kiprah Garuda Hypercrea 2012 Di “Mocye Idea Challenge 2012” Bangkok Thailand

  1. Selamat bro atas kreatifitasnya memodifikasi Honda Scoopy sehingga bisa membawa nama harum Honda hingga ke ajang Internasional.

Leave a Reply