All-New Chevrolet Trailblazer SUV Hadir di Thailand

21 Maret 2012. Ajang Bangkok International Motor Show ke-33 yang berlangsung di Thailand belum di mulai tetap All-New Chevrolet Trailblazer, sebuah kendaraan Sports Utility Vehicle (SUV) Premium resmi diluncurkan dan membuat debut dunia melalui sebuah acara khusus. 

Ya, pertama kali diperkenalkan dalam bentuk kendaraan konsep, pada ajang Dubai International Motor Show, di Timur Tengah tahun 2010 yang lalu, dan Trailblazer akan dipasarkan di seluruh dunia, dimulai di Thailand pada bulan Juni, menjadi ujung tombak perusahaan untuk masuk dalam kelas SUV-D yang sangat kompetitif.

Berbasis pada arsitektur baru global body-on-frame truk menengah General Motors (GM). Trailblazer mempersembahkan kenyamanan berkendara premium dan pengendalian yang dinamis untuk berkendara di dalam dan luar kota, dilengkapi dengan kemampuan offroad yang luar biasa.

Di dalam, All-New Chevrolet Trailblazer mempersembahkan ruang interior yang lapang dan konfigurasi tiga baris tumble dan fold-flat, yang menunjukkan kontribusi Chevrolet dalam segmen body-on-frame mid-size SUV yang kompetitif.

Tersedia dalam konfigurasi penggerak roda dua dan empat, Trailblazer menggunakan mesin empat silinder Duramax turbo-diesel yang menawarkan tenaga paling unggul di kelasnya dan torsi yang sesuai dengan efisiensi dan hasil akhir yang luar biasa.

President GM Southeast Asia, Martin Apfel mengatakan bahwa perkenalan All-New Chevrolet Trailblazer yang akan diproduksi di fasilitas manufaktur GM Thailand di Rayong, akan meningkatkan kehadiran Chevrolet di dalam pasar SUV dunia yang berkembang pesat.

“Seperti namanya, Trailblazer akan membuka jalan bagi produk-produk Chevrolet baru yang akan dipasarkan. Trailblazer dirancang dengan kokoh untuk pengguna Chevrolet seluruh hal yang diperlukan dari sebuah heavy-duty SUV,” jelas Apjel.

“Dirancang sebagai transportasi keluarga dan pejalanan dalam kota, Trailblazer nilainya sama sebagai sebuah kendaraan offroad dan dalam kota. Trailblazer akan mencuri perhatian, tidak hanya untuk para konsumen di Thailand dan seluruh negara Asia Tenggara, tetapi juga di seluruh dunia dimana produk ini dipasarkan,” tambah Apfel.

Trailblazer dikembangkan bersama dengan midsize pickup truck All-New Chevrolet Colorado oleh tim ahli GM engineers yang telah menggunakan keahlian mereka untuk menambahkan inovasi fitur baru pada arsitektur truk menengah.

Para anggota tim tersebut tinggal di Thailand saat pengembangan kedua kendaraan, menerjunkan diri mereka secara langsung dalam industri truk dan SUV yang kompetitif dan menghayati bagaimana penduduk Thailand menggunakan kendaraan mereka dan kondisi jalanan yang mereka alami. Masukan dari penelitian tersebut menghasilkan dua varian dengan dua tingkat spesifikasi: tingkat menengah LT dan varian paling mewah LTZ.

Mesin Penggerak dan Transmisi

All-New Chevrolet Trailblazer akan menggunakan mesin empat silinder Duramax turbo-diesel, masing-masing dengan kapasitas 2.5L dan 2.8L. Mesin tersebut menggabungkan berbagai teknologi yang ditujukan untuk mengoptimalkan keseimbangan dari tenaga, performa dan penghematan bahan bakar.

Varian mesin tertinggi 2.8L, dilengkapi dengan variable-geometry turbocharger (VGT) untuk mengoptimalkan efisiensi tenaga mesin, dan sebuah balancer-shaft untuk meningkatkan kehalusan mesin. Kedua mesin memiliki komponen yang dirancang untuk bertahan selama 240.000 kilometer, meningkatkan daya tahan dan kehandalan serta memiliki biaya perawatan yang efisien.

Ditawarkan dua pilihan transmisi – Manual lima-percepatan dan otomatis enam-percepatan yang menampilkan electronic shift-control dengan kapabilitas clutch-to-clutch dan sebuah electro-hydraulic control module.

Mesin 2.8 liter telah menghasilkan tenaga maksimal 180 tenaga kuda (132 kW) dan torsi maksimum 470 Nm dengan transmisi otomatis enam-percepatan serta torsi maksimum 440 Nm untuk transmisi manual lima percepatan. Mesin 2.5 liter menghasilkan tenaga maksimum 150 tenaga kuda (110 kW) dan torsi maksimum 350 Nm.

Pengendaraan dan Pengendalian

Basis kemampuan on-dan off-road Trailblazer adalah dari arsitektur body-on-frame yang kuat. Dengan dukungan independent five-link suspensi belakang, sebuah fitur yang ditemukan di sebuah SUV premium, All-New Chevrolet Trailblazer menampilkan sesuatu yang baru daripada arsitektur body-on-frame SUV yang konvensional.

Bahkan, All-New Chevrolet Trailblazer mempersembahkan kombinasi pengendaraan dan pengendalian responsif yang terbaik di kelasnya. Penggunaan coil springs seluruh sisi, juga memberikan All-New Chevrolet Trailblazer kemampuan artikulasi suspensi yang lebih baik, fitur yang berguna dalam kondisi off-road, selain menyediakan kedinamisan mobil penumpang di jalan.

“Tujuan kami pada saat mengembangkan Trailblazer ini adalah untuk mencapai dinamika pengendaraan dan pengendalian yang sesuai dan dalam banyak aspek melebihi kemampunan dari kendaraan crossover dengan ukuran yang sama,” kata GM Global Vehicle Line Executive for Midsize Trucks and SUVs, Brad Merkel.

“All-New Chevrolet Trailblazer akan memenuhi berbagai gaya mengemudi dan kebutuhan. Kendaraan ini memiliki sifat responsif dari sebuah kendaraan penumpang dan kualitas pengendaraan yang premium, selain memberikan kemampuan offroad yang dibutuhkan oleh konsumen kami. Itu yang membuat Trailblazer sebuah SUV yang lengkap,” tambah Merkel.

Keselamatan

All-New Chevrolet Trailblazer mempunyai berbagai fitur keselamatan yang aktif dan pasif termasuk:

• Electronic Stability Control;
• Anti-lock Braking System;
• Hydraulic Brake Assist;
• Traction Control;
• Dynamic Rear Brake Proportioning (pengguna Rear Drive Brake pertama di pasar);
• Electronic Brake-force Distribution;
• Panic Brake Assist;
• Engine Drag Control;
• Hill Descent Control;
• Driver and Occupant Air Bag Protection.

Desain Eksterior – Canggih Berotot

Kehadiran Trailblazer di jalan raya yang kelihatan berani diciptakan oleh GM South America Design Center di São Caetano do Sul, Brasil dan berbagi desain dengan Chevrolet Colorado, sejalan dengan DNA desain global Chevrolet.

Bagian eksterior yang menonjol adalah desain “body in-wheels out” yang memberikan sudut pendekatan dan keluar yang tinggi. Kubah power yang dramatis dalam kap mesin yang dipadukan dengan penutup mesin yang ditinggikan membuat Trailblazer memiliki penampilan yang kuat dan penuh arti, sementara lampu depan dual-projector diletakkan di bawah kubah power, menekankan kekuatan visual pada muka kendaraan.

Hal luar biasa lainnya yang dapat ditemui adalah gril dual-port kontemporer – ciri khas Chevrolet yang memberi efek tiga dimensi. Gril tersebut dilengkapi dengan trim dekorasi alumunium di fascia, rocker, belt line, tailgate dan roof rack.

“Trailblazer menghadirkan kombinasi kemampuan luar biasa mulai dari jalan offroad hingga berkendara sehari-hari di kota besar yang kami ingin bawakan secara visual,” ujar Matt Noone, Direktur Design GM do Brasil.

“Ada rasa kekar dalam desain, tetapi dalam waktu yang sama adalah penampilan yang sangat canggih sesuai dengan SUV premium dunia. Dari setiap sudut, Trailblazer kelihatan aktif dan atletis, dengan sentuhan apik yang menjadikannya sebagai sebuah kendaraan impian untuk dimiliki konsumen,” jelas Noone.

Trailblazer tersedia dalam tujuh warna eksterior: Summit White, Black Sapphire, Sizzle Red, Auburn Brown, Blue Mountain, Royal Gray and Switchblade Silver.

Interior – Lega, Apik dan Fleksibel

Ciri khas desain Chevrolet tetap berlanjut ke bagian dalam kendaraan – memberi kelegaan, fleksibilitas dan penampilan yang kaya pada keseluruhan interface alat kontrol. Dengan panel instrumen yang mengalir, ruang kendali tengah yang terintegrasi, serta desain dual cockpit khas Chevrolet, interior the all-new Chevrolet Trailblazer menggabungkan karakteristik mobil dengan keberanian yang diharapkan dari SUV sejati.

Interior mobil tujuh penumpang menawarkan tempat duduk tiga baris yang dapat dilipat dan ruang paling lapang di baris ketiga tempat duduk. “Kami menciptakan semua jok di dalam kabin menjadi fleksibel dan intuitif. Tidak perlu membuka buku manual kendaraan untuk memahami bagaimana mengkonfigurasi kursi,” ujar Noone.

“Baris ketiga dari the all-new Chevrolet Trailblazer bukanlah sebuah hasil pemikiran selintas. Tapi merupakan baris ketiga autentik dimana orang dapat duduk dengan nyaman untuk perjalanan jauh. Dipadu dengan interior mewah yang sesuai dan dengan mudah dipahami kenapa Trailblazer adalah benar-benar sebuah kendaraan all-purpose.”

Detail interior tambahan termasuk

• Tempat duduk terpisah baris kedua 60/40 dengan kunci tunggal jatuh kedepan gravitasi, dengan kemampuan lipat-datar, serta enam tingkat tempat duduk reclining belakang dengan tempat bersandar tangan yang menyatu, dipadu dengan tempat cangkir.
• Tempat duduk baris ketiga terpisah 50/50 dengan tempat penyimpanan konsol tengah dan kemampuan lipat datar;
• Tempat penyimpanan lantai yang datar dari baris depan ke belakang dengan seluruh tempat duduk terlipat untuk memberikan kapasitas muat yang ekstrem.
• Auxiliary power plug dengan USB dan Bluetooth.

Trim yang tampil kontras dipadukan dengan jok kulit serta permukaan dual-grained pada panel instrumen memberikan rasa premium. Sejumlah tempat menyimpan barang ditempatkan sepanjang interior, termasuk kotak tengah yang tertutup untuk menyimpan barang-barang berharga dan dua buah glovebox besar.

Leave a Reply