Autocar Indonesia Reader’s Choice Awards 2012

15 Maret 2012. Merupakan kebanggaan bagi SL.com bisa hadir dalam acara ARCA (AUTOCAR READERS CHOICE AWARS) 2012 yang dihelat oleh anak perusahaan MRA Group pada hari Kamis siang, 15 Maret 2012 bertempat di Diagonale, Plaza Senayan lt. 4, Jakarta Pusat. Terlihat dari para tamu yang hadir adalah para direktur atau manajer beberapa nama besar ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dalam industri otomotif khususnya roda empat. 

Juga terlihat segenap pimpinan MRA Group Autocar Indonesia Reader’s Choice Awards (ARCA) yang pada tahun 2012 ini terasa semakin matang, lantaran sudah menginjak tahun ke-enam atau sudah berhasil melewati masa lima tahun pertamanya.

Menurut informasi bahwa pembaca majalah Autocar merupakan konsumen mobil di Indonesia, juga sudah semakin luas wawasannya di bidang permobilan. Hal ini tentu saja berkat lancarnya arus informasi, baik melalui media cetak, televisi, radio, maupun internet.

Terhadap angket ARCA pun, mereka telah lebih terbiasa, dan pada akhirnya lebih memahami esensi dari angket ARCA ini, yaitu menempatkan konsumen di kasta tertinggi, antara lain menentukan mobil mana yang disukai atau tidak disukai berdasarkan keinginannya sendiri, secara independen.

Octo Budiman, Chief Editor Autocar Indonesia memberikan sambutan

Autocar menyebarkan angket dengan menyisipkannya di majalah Autocar Indonesia edisi September 2011 hingga Februari 2012. Pembaca mengisinya, lalu mengembalikan ke meja Redaksi melalui fax atau pos tanpa ongkos kirim.

Selain itu, sejak 2010, angket ini sudah bisa diisi melalui web site www.auto-car.co.id dengan mudah. Ribuan suara masuk ke meja Redaksi, baik melalui angket kertas maupun internet. ARCA boleh disebut sebagai salah satu survei terhadap konsumen yang paling konsisten dilakukan oleh media cetak. Dan Autocar akan berusaha untuk terus melestarikannya, sebagai bagian sumbangsih kami terhadap dunia permobilan di Indonesia.

Hasilnya beberapa cukup mengejutkan. Misalnya, Peugeot RCZ yang menjadi pendatang baru di kelasnya, namun langsung merebut hati pembaca majalah Autocar ini dan mendapat suara terbanyak. Dalam hal ini, faktor desain yang atraktif menjadi salah satu daya tariknya. Seperti kita ketahui, salah satu nilai penting bagi konsumen Indonesia untuk menentukan pilihan mobilnya adalah desain yang menarik.

Menurut keterangan Autocar bahwa beberapa pemenang memang sudah bisa diprediksi sebelumnya, mengingat prestasi penjualannya yang mengagumkan, misalnya Nissan Juke yang menjadi pendatang baru dan langsung menjadi yang terfavorit.

Beberapa pemenang lain bisa diprediksi berdasarkan familiaritasnya di mata konsumen, misalnya Toyota Alphard yang tidak bisa digeser oleh Nissan Elgrand, atau Honda Jazz yang tetap bertengger di singgasananya meski rival-rivalnya banyak menggelar promosi atau facelift.

Selain 32 katagori mobil dan 6 produk after market yang disajikan Autocar, mereka juga memberi penghargaan khusus kepada perorangan atau kelompok yang memberi jasa besar bagi perkembangan dunia otomotif di Indonesia di tahun sebelumnya.

HASIl ARCA 2012

1. Favorite City Car: Nissan March
2. Favorite Low-Price Small Saloon: KIA Pride Sedan
3. Favorite Small Saloon: Honda City
4. Favorite Medium Saloon: Toyota Corolla Altis
5. Favorite Large Saloon: Toyota Camry
6. Favorite Compact Executive Saloon: Mercedes-Benz C-class
7. Favorite Executive Saloon: Audi A6
8. Favorite Luxury Saloon: BMW New Seri-7
9. Favorite Super Luxury Saloon: Rolls-Royce Phantom
10. Favorite Sport Saloon: Mitsubishi Evolution X
11. Favorite Large Sport Saloon: Porsche Panamera
12. Favorite Small Hatchback: Honda Jazz i-VTEC
13. Favorite Hatchback: Volkswagen Golf
14. Favorite Compact MPV: Toyota Avanza
15. Favorite Medium MPV: Honda Freed
16. Favorite Luxury Medium MPV: Honda Odyssey
17. Favorite Large MPV: Hyundai H-1
18. Favorite Luxury MPV: Toyota Alphard
19. Favorite Station Wagon: Mercedes-Benz E-class Estate
20. Favorite Small SUV: Toyota Rush
21. Favorite Compact SUV: Honda CR-V
22. Favorite Medium SUV: Mitsubishi Pajero Sport 4×2
23. Favorite Crossover SUV: Nissan Juke
24. Favorite Compact SUV 4×4: Jeep Wrangler
25. Favorite Medium SUV 4×4: Chevrolet Captiva AWD
26. Favorite Luxury SUV 4×4: BMW X5
27. Favorite Sport SUV 4×4: Land Rover Range Rover Sport
28. Favorite Double Cabin: Mitsubishi Strada Triton
29. Favorite Coupe Peugeot: RCZ
30. Favorite Convertible: Mazda MX-5
31. Favorite Sportcar: Ferrari California
32. Favorite Supercar: Ferrari 458 Italia

PRODUK AFTER MARKET FAVORIT

1. Velg: BBS
2. Ban: Bridgestone
3. Kulit interior: MB Tech
4. Head unit: Pioneer
5. Accu: GS
6. Pelumas: Castrol

SPECIAL HONORARY AWARDS

1. Autocar Indonesia Man of the Year: Rizwan Alamsyah (PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors)
2. Car Enthusiast Awards: Yanto Widodo
3. Motor Sport Man of the Year: Freddy Setiawan
4. Public Relations of the Year: PR Team Toyota Astra Motor
5. Green Living Achievement: PT Honda Prospect Motor
6. Sefety Award: Volvo XC60
7. Technology Award: BMW Efficient Dynamics
8. Best New Comer: Nissan Juke

Sejarah ARCA

ARCA merupakan buah ide awak Redaksi Majalah Autocar Indonesia. Pada pertengahan tahun 2006 awak redaksi menggelar rapat internal yang dihadiri Octo Budhiarto, M. Hasan, Reza Erlangga, Indra Prabowo, dan Budityas Bangun Basuki. Dari rapat ini, tercetus pemikiran untuk mengetahui mobil-mobil apa saja yang sesungguhnya diinginkan oleh masyarakat.

Mereka memutuskan menggunakan metode angket untuk memuaskan hasrat ini. Selanjutnya, hasil pilihan masyarakat yang dituangkan di dalam angket, dikalkulasi untuk menemukan mobil favorit berdasarkan kelas-kelas mobil yang mereka  adopsi dari majalah induknya, yaitu Autocar Inggris.

Perkembangan berikutnya menjadi lebih menarik, apalagi ketika mereka memutuskan untuk memberi penghargaan kepada pihak-pihak ATPM yang memasarkan mobil-mobil favorit tersebut di pasar Indonesia. Namun, karena mobil yang dipasarkan di negeri ini tak hanya berasal dari ATPM, mereka pun sempat memberi penghargaan kepada importir umum (IU) yang memasarkan mobil yang dipilih menjadi favorit pembaca.

Bersamaan dengan penghargaan untuk ATPM dan IU berkaitan dengan mobil-mobil favorit masyarakat, mereka memberi penghargaan untuk tokoh-tokoh atau kelompok yang bejasa bagi perkembangan dunia otomotif di Indonesia. Dan sejak 2011, angket pun berkembang tak hanya menyangkut mobil favorit, melainkan juga mencakup produk after market yang difavoritkan oleh masyarakat.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply