Yamaha Siapkan Spare Part Khusus Mio J

24 Februari 2012. Sementara touring Yamaha Mio J sedang digelar dengan rute Yogyakarta-Bandung, pabrikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing juga memiliki strategi dalam hal mempersiapkan spare-parts Yamaha Mio J untuk pasar otomotif roda dua di Indonesia. Menurut info dari Yamaha, bahwa perusahaan telah menyiapkan spare part Mio J khususnya untuk Fuel Injection (FI) part dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor.  Wuih.. 

Dengan adanya spare part yang khusus ini, guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk menjaga performa motor. Spare part yang disiapkan adalah throttle body, fuel pump, injector dan Engine Control Unit (ECU). Oh ya.. biacara soal alat ini, sudah pernah di paparkan dalam presentasi Yamaha Fuel Injection bulan Desember 2011 yang lalu (artikel ini).

Fungsi masing-masing spare part tersbeut bisa dijelaskan secara singkat, yaitu throttle body sebagai tempat kontrol gas, fuel pump sebagai pompa bensin yang ada di dalam tangki untuk mendistribusikan bensin ke injektor, sedangkan injector fungsinya sebagai alat yang menyemprotkan bensin ke ruang bakar, dan ECU yang mengontrol semua part secara otomatis.

Harga spare part tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut: throttle body (Rp.420.000); fuel pump (Rp.430.000); injector (Rp.115.000); ECU (Rp.525.000).

Yang teranyar dari spare part yang diciptakan Yamaha untuk kebutuhan motor injeksi termasuk buat V-Ixion dan Mio J adalah Carbon Cleaner, yaitu cairan khusus untuk membersihkan sisa pembakaran mesin. Carbon Cleaner mampu membuat performa mesin lebih maksimal dengan formula khusus untuk membersihkan dan mengangkat lapisan karbon atau kerak sisa pembakaran di dalam ruang bakar mesin.

Satu botol Carbon Cleaner untuk 3,5 sampai 1 liter bensin. Selain Carbon Cleaner, Yamaha juga menyediakan Gear Oil dengan volume 140 ml sesuai kebutuhan Mio J.

Helm Mio J

Seperti halnya Mio Fino yang memiliki helm khusus yang didesain Yamaha sesuai grafis pada motor Mio Fino, helm spesial Mio J juga dibuat mengikuti grafis motornya. Helm Mio J dibagi dalam dua kelompok yang berwarna solid tanpa grafis seharga Rp 180.000 dan berwarna dasar putih dengan grafis seharga Rp 195.000.

Untuk helm Mio J berwarna solid tanpa grafis tersedia dalam tiga warna yaitu YB-A4 Silver Solid, YB-A4 Black Solid dan YB-A4 White Solid.

Sedangkan helm Mio J berwarna dasar putih dengan grafis juga memiliki tiga warna pilihan yaitu YB-A4 Blue Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna biru), YB-A4 Pink Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna pink), YB-A4 Black Graphic (warna dasar putih dengan grafis warna black). Grafis helm Mio J ini memakai teknologi 3D sehingga terlihat menonjol dan unik. Info lengkap soal pilihan helm Yamaha Mio K, klik ini.

Konsumen yang ingin mengecek harga dan ketersediaan spare part bisa membuka website spare part di www.yamaha-motor.co.id/sparepart atau hubungi call center (021) 2457 5555 dan (021) 461.8000. Konsumen juga dapat follow account twitter @YamahaPartsID.

Spesifikasi Carbon Cleaner
• Volume : 75 ml
• Part Number : 90793-AY803
• Contain : Poly Ether Amine (PEA)
• Caution : Flammable
• Consumption: 1 Bottle for 3,5 – 5 Liter Gasoline
• Frequency : 3.000 Km
• Retail Price : Rp. 21.000,-

Spesifikasi Gear Oil
• Volume : 140 ml
• Part Number : 90793-AJ813
• Kekentalan : 10W-40
• API Service : SG
• Frequency : 6.000 Km
• Label : In Mold Label ( mencegah pemalsuan )
Color Traveling
• Retail Price : Rp. 12.000,-

Leave a Reply