Touring Lintas Selatan Suzuki 2 Wheel Community Surabaya

22 Februari 2012. Berikut ini adalah sedikit cerita dari perjalanan Touring Lintas Pesisir Selatan yang telah dilakukan oleh  Suzuki 2 Wheels Community (S2W) Surabaya pada 20 – 22 Januari 2012 lalu. 

Kabupaten Gunung Kidul, adalah sebuah kabupaten yang terletak di Propinsi D.I Yogyakarta. Dimana sebagian wilayahnya berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Dan tak jarang pula bila sebagian wilyah ini sering kali dilanda kekeringan tatkala musim kemarau tiba. Tapi jangan salah  Kabupaten Gunung Kidul juga mempunyai potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, khususnya buat mereka yang suka dengan keindahan pantai yang eksotik.

Berbekal peta wisata serta pengalaman touring, mereka pun langsung melakukan perjalanan ini. Sekitar 15 member S2W Community Surabaya. Sebelumnya mereka berkumpul Warkop Cak Gun Perempatan Margorejo – Giant Surabaya pada Jumat malam pukul 20.30 WIB.

Adapun rute perjalanan yang diambil adalah Kota Caruban – Ngawi  – Kota Solo – Klaten – Piyungan – Wonosari. Dalam perjalanan salah satu motor yang dikendarai oleh Bro Fajar sempat menghantam lubang didaerah Nganjuk dan mengalami trouble (velg oleng) namun masih bisa untuk melanjutkan perjalanan. “Buat rider yang ingin melintasi daerah ini harap hati – hati karena kondisi jalan cukup buruk pada ruas Nganjuk – Solo,” jelas Fajar.

Perjalanan menuju Kota Wonosari sangatlah menyenangkan, kita tidak akan pernah merasa bosan selama perjalanan. Gugusan perbukitan Gunung Kidul nampak berjajar di kejauhan, sungguh sebuah pemandangan yang sangat indah. Kondisi jalan yang mulus, membuat kita sangat leluasa dalam menggeber gas. Saat memasuki pertigaan besar di daerah Giwangan, Team Touring Lintas Selatan II mengambil arah timur menuju Kota Wonosari, jalanan mulai terasa menanjak sampai benar – benar terasa menanjak, menikung tajam ke kanan dan ke kiri.

Itulah tandanya bahwa perjalanan kita telah memasuki tahap mendaki Gunung Purbakala Gunung Kidul. Perjalanan pun terasa jauh lebih menantang saat kita melewati tikungan demi tikungan yang naik turun tidak beraturan, pada akhirnya sampai juga kita di Bukit Pathuk atau yang lebih dikenal dengan Puncak Pass-nya Yogyakarta.

Kurang lebih 1 jam perjalanan Team Touring Lintas Selatan II akhirnya sampai di Kota Wonosari, Team memutuskan untuk “break” sampai dengan pukul 13.00 WIB di rumah Bro Fajar (di daerah Siyono -Wonosari). Dengan pertimbangan kesehatan, diputuskan Bro Erwin Dadee Supranoto untuk kembali ke Surabaya dengan transportasi bis umum.

Menjelang tengah hari, perjalanan susur pantai dilanjutkan dengan tujuan pertama adalah pantai yang terletak di sebelah barat Kabupaten Gunung Kidul :

Pantai Ngerenehan
Sebuah pantai yang berbentuk seperti teluk dengan lebar pantai yang tidak terlalu luas, namun pemandangan tebing dan ornament karangnya sangat cantik.

Pantai Ngobaran
Pantai indah di pesisir barat Gunung Kidul yang memiliki gunung karang dan tebing tebing curam nan terjal, memiliki hempasan ombak yang cukup besar. Terdapat komplek candi sebagai sarana pemujaan di lokasi pantai tersebut

Pantai Nguyahan
Terletak dibalik sebuah bukit dan untuk menuju Pantai Nguyahan perjalanan bisa ditempuh dengan jalan kaki mendaki sebuah bukit dari Pantai Ngobaran. Pantai ini memiliki bibir pasir yang luas dan landai dengan warna pasir putih keemasan.

Pantai Gesing
Sebuah pantai dengan bentuk teluk kecil, dihiasi oleh untaian bukit karang yang mengelilingi pantai. Dan di pantai ini terdapat beberapa mercusuar sebagai penjagaan terhadap masuknya imigran gelap dari Samudra Hindia.

Penjelajahan susur pantai di Hari Sabtu, 21 Januari 2012 menghasilkan 3 buah pantai dan mengingat hari sudah menjelang Maghrib, Team Touring Lintas Selatan II memutuskan untuk menginap di daerah Panggang ; rumah Om Bagus Tri Broto Atmodjo (selaku dedengkot bikers dari Gunung Kidul yang juga pendiri SDC Yogyakarta). Baru keesokan harinya perjalanan dilanjutkan kembali dengan menyisir pantai yang sebelah timur secara berurutan.

Hari Minggu, 22 Januari 2012, Team Touring Lintas Selatan II memasuki kota Wonosari, berjalan lurus ke arah timur, dan menjumpai sebuah perempatan yang cukup besar yang menunjukkan arah menuju daerah Baron dan Tepus.

Mengikuti petunjuk arah tersebut kurang lebih 25 Km jarak tempuh dengan medan perjalanan melintasi bukit, kelokan – kelokan menanjak tajam dan turunan tajam khas Gunung Kidul. Kurang lebih 30 menit perjalanan Team Touring Lintas Selatan II tiba di sebuah Pos Penjagaan Pintu Masuk Komplek Pantai Gunung Kidul. Dari pos inilah kita baru memanage tujuan pantai mana yang akan didahulukan.

Pantai Sepanjang
Memiliki garis bibir pantai yang cukup luas dengan hamparan pasir pantai yang berwarna putih keemasan. Dan enaknya disini pantainya sepi seperti pantai milik pribadi.

Pantai Drini
Sebuah pantai dengan hamparan karang yang mengelilingi pantai, dan terdapat kampung nelayan yang menjual hasil tangkapan mereka di laut berikut pengolahannya.

Pantai Sadranan, Pantai Slili Dan Pantai Krakal
Masih dalam satu garis pantai yang sama, 3 buah pantai yang banyak menawarkan pesona keindahan alam yang berbeda beda, antara satu pantai dengan pantai yang lainnya.

Pantai Sundak
Sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, dengan pemandangan pantai yang indah. Di Pantai Sundak, fasilitas fasilitas untuk wisatawan sudah tersedia dengan baik mulai dari Ruang Ganti, Toilet, Toko Merchandise dan Warung Bakaran Ikan yang menjadi ciri khas Pantai Sundak.

Pantai Kukup
Sebuah pantai indah di Gunung Kidul, yang mirip dengan Pantai Balekambang di Malang Selatan dan Pura Tanah Lot di Bali.

Selesailah sudah penyusuran Pantai Barat – Pantai Timur Di Gunung Kidul, perjalananpun dilanjutkan menuju Kota Pracimantoro (Jawa Tengah) sebagai Rest point, sebagai persiapan awal sebelum menembus hutan di Giri Tontro dan Giri Belah sebuah deretan pegunungan yang penuh dengan tikungan tajam menanjak, turunan tajam dengan jurang – jurang dalam di sisi kirinya.

Menikmati sensasi berkendara di daerah pegunungan tentunya daerah ini cukup direkomendasikan bagi para biker yang doyan cornering dan lintas alam ; di Giri Belah inilah salah satu surga kenikmatan riding bagi pecinta touring dan lintas alam, sebelum memasuki wilayah Kabupaten Pacitan. Dan Pantai Klayar Pacitan menjadi tujuan utama Team Touring Lintas Selatan II.

Pantai Klayar Pacitan – Jawa Timur
Sebuah pantai yang indah di sisi selatan Kota Pacitan. Team Touring Lintas Selatan II rupanya salah mengambil jalur via Klepu menuju Kalak. Jalur yang dilalui rusak parah dengan turunan tanjakan yang sangat curam. Hampir semua jalanan yang dilewati adalah jalanan berbatu sehingga rawan tergelincir dan membahayakan pengendara. Namun rusaknya jalan dengan segala resikonya seakan sirna, dari atas bukit nampak dikejauhan keindahan Pantai Klayar – Pacitan.

Setelah puas berpetualang di sepanjang pantai barat – pantai timur Kabupaten Gunung Kidul dan Pantai Klayar – Goa Gong Kabupaten Pacitan, Team Touring Lintas Selatan II memutuskan untuk tidak menginap di Kota Pacitan dan langsung kembali ke Kota Surabaya via jalur Pacitan – Ponorogo.

Nuansa keindahan pantai di Kabupaten Gunung Kidul ini sebenarnya tidak kalah dengan keindahan pantai di Pulau Dewata Bali, dan pastinya anda bisa menikmati sebuah nuansa keindahan yang berbeda, yang hanya bisa anda temukan di Gunung Kidul DIY.

Terimakasih tak lupa kami ucapkan kepada Om Bagus Tri Broto Atmojo dan keluarga, Fajar Vandesi dan keluarga…Terimakasih atas ketulusan hati menerima kunjungan Team Touring Lintas Selatan II, mohon maaf apabila selama kami singgah di Gunung Kidul.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply