Menjelang Sarasehan HTML 2009!

Sarasehan HTML VSalam HTML,

Mengantisipasi perkembangan HTML (Honda Tiger Mailing List) dari tahun ke tahun yang demikian pesat, dituntut perbaikan terus menerus secara internal komunitas, baik dari sisi aturan umum, khusus dan entitas yang ada di dalamnya, yang disesuaikan dengan perkembangan jaman dan kebutuhan member. Fleksibilitas dan tradisi HTML sebagai komunitas terbuka dalam menyikapi perubahan yang ada, adalah melalui serangkaian diskusi terbuka dalam sebuah arena akbar yang bernama SARASEHAN HTML.

Honda Tiger Mailing List
Board of Sarasehan 2007-2009
Komite Sarasehan HTML 2009

Jika tidak ada halangan, acara SARASEHAN HTML Ke-V 2009 akan berlangsung pada hari Sabtu-Minggu, 6-7 Juni 2009 di Gedung SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) Jl. Cut Meutia, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Menjelang acara besar tersebut, sudah pasti hampir seluruh wilayah HTML yang ada tersebar diseluruh Indonesia sudah mempersiapkan diri dengan mengantarkan nama-nama kandidatnya  yang bakal ikut serta kedalam jajaran pengurus atau dikenal dengan Board of SARASEHAN (BOS HTML).

Hari Rabu malam, 4 Juni 2009 penulis berada di kopdar HTML Jaksel, tepatnya di halaman parkir Pujasera Jl. Cilandak KKO, samping Cilandak Mal. Malam itu terlihat suatu keramaian kopdar yang tidak biasa, yaitu hadirnya seluruh jajaran mantan Korwil (Koordinator Wilayah) HTML Jaksel dan BOS HTML Jaksel.

Hadirnya para mantan Korwil HTML Jaksel, yaitu Bro Marko dan Bro Yunan memberikan kesan yang mendalam bagi mereka yang sudah bergabung dengan HTML lebih dari lima tahun. Sedangkan Bro Krisna Agus adalah Korwil yang masih menjabat, tetapi nama kandidat untuk penggantinya sudah ada, yaitu Bro Cheppy.

Yang hadir sebagai mantan para BOS HTML Jaksel adalah Bro Herman. Sedangkan Bro Kodi yang masih menjabat sebagai BOS Jaksel juga turut hadir. Nah, soal kandidat BOS Jaksel pun sudah ada orangnya, yaitu Bro Idhoy.

Canda, tawa dan rasa haru dari para bikers HTML Jaksel mampu membuat suasana jadi lebih akrab. Para bikers menyimak, dan mendengarkan arahan, demikian pula pengumuman atau sambutan dari mantan, maupun calon Korwil dan BOS Jaksel. Semula terlihat lingkaran besar, tapi belakangan lingkaran jadi kecil menunjukan antusiasme anggota HTML untuk saling merapat.

DSCI3107Info sekilas yang diperoleh penulis, bahwasanya acara Sarasehan Ke-V ini bakal dihadiri oleh minimum 600 bikers HTML yang datang dari seluruh Indonesia.

Khusus buat member baru HTML, bakal dikeluarkan stiker resmi HTML, kurang lebih stikers baru yang disiapkan untuk 300 bikers.

Perihal koordinasi start untuk bikers dari wilayah Jabodetabek akan diatur oleh wilayah masing-masing. Yang pasti, kali ini yang jadi tuan rumah adalah HTML Lampung. Wouw.. 🙂

Tapi ada sebuah bisikan yang menghapiri ke telinga penulis:

“kalau ngaku anak HTML, harusnya datang dong ke kopdar seperti ini, kapan lagi kita kumpul seperti ini? Kesempatan yang bagus bisa ketemuan ama orang-orang lama HTML (red=nomor anggota kecil).”

Sajian foto-foto dibawah ini adalah rekaman  yang terjadi di HTML Jaksel pada hari  kopdar terakhir menjelang Sarasehan ke-V. Setidaknya aktifitas  seperti ini juga terjadi di wilayah HTML lainnya.

HTML BARU: URGENSI PERUBAHAN PARADIGMA INTERNAL

Tulisan dari Idhoy Dorry Herlambang

“Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum,
kecuali kaum tersebut yang melakukan..”

Sejak mengawali eksistensinya di dunia roda dua 2002 silam, HTML dikenal sebagai komunitas motor Tiger terbesar di Indonesia. Namun dalam kebesarannya saat ini, kumpulan pengguna dan pecinta roda dua produk kapitalisme Jepang ini sedang mengalami “kelimbungan” (baca tulisan: “HTML, Stagnasi Dalam Kemapanan”).

Dengan komposisi anggotanya yang didominasi oleh manusia dewasa, organisasi ini berusaha keras agar tidak beku ataupun mati. Pada Sarasehan V yang direncanakan 6-7 Juni 2009 di Lampung nanti, nasib organisasi beserta 2000 anggotanya akan dihadapkan pada dua pilihan : bangkit menjadi lebih baik, atau nyungsep dengan “kegembrotannya”.

HTML Paradigma Lama

Menurut sejarahnya, HTML dibentuk sebagai wadah komunikasi antar pengguna dan pecinta motor Tiger melalui sarana internet/dunia maya. Terkait dengan status wadah, kebingungan sempat pula melanda para peserta awal yang beberapa di antaranya telah tergabung dalam wadah club. Dengan standar manusia Indonesia yang cenderung faksional (kelompok dalam kelompok) namun belum tentu demokratis, akhirnya disepakati bahwa HTML adalah wadah komunikasi belaka dengan label komunitas. Dianggap bukan club karena tak memiliki aktifitas dan perangkat organisasi layaknya kumpulan motor Tiger di darat yang telah ada.

Dalam perjalanannya, HTML mengalami bias pemahaman dan penyikapan baik dari dalam maupun dari luar. Kondisi awal yang dimuati oleh pemikiran dengan latar belakang situasi masa lalu tetap terbawa hingga kini. Anggapan bahwa HTML merupakan wadah diskusi maya belaka, membuat HTML terjebak dalam “perjanjian” (orang-orang) lama dan menjadikan HTML seperti kumpulan carik ketimbang bikers. Pada akhirnya alasan historikal tadi menjadi salah satu penyebab HTML “tidak dianggap” keberadaanya oleh club (motor Tiger).

Di lain sisi, HTML pun larut dengan dunia maya dan kurang tanggap terhadap dunia nyata. Larut dalam kengototan eksistensi yang didasari pada pemahaman “asas tunggal internet” bahwa HTML lahir di dunia maya dan internet adalah segala-galanya. Celakanya lagi, kelarutan dunia maya yang tidak mengenal jarak dan waktu menjadikan HTML tidak tahu waktu, tidak tahu bahwa sekeliling telah berubah seiring dengan bertambahnya usia dan anggota.

HTML Paradigma Baru

Adalah pemahaman yang sudah tidak relevan lagi dengan situasi dan kondisi sekarang, “asas tunggal internet” tadi. Harus disadari bahwa hari ini anggota HTML telah mencapai angka 2000 dan mereka-mereka yang lahir di atas angka 1000 merupakan generasi yang banyak mengalami “mutasi” oleh sikap dan pandangan yang berbeda dari generasi terdahulu. Suatu sikap dan pandangan yang beririsan dan tak jarang bertabrakan dengan wadah-wadah organisasi roda dua lainnya.

HTML harus menggunakan paradigma baru, yaitu bahwa HTML adalah organisasi besar yang memiliki sarana komunikasi dan informasi massal (media massa) layaknya organisasi non-otomotif. HTML bukanlah kumpulan pengguna internet yang kebetulan menggunakan motor Tiger, lantas dikelola dan diorganisir secara kemudian. Bahwa internet menjadi salah satu sarana vital rekruitmen dan menjadi ruang temu awal adalah benar, namun jangan menampik realita bahwa perkenalan awal di darat juga sangat menentukan dinamika internal.

Dalam paradigma baru ini HTML harus melakukan metamorfosa sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama. Secara lebih lanjut, metamorfosa akan berdampak pada bentuk organisasi (struktur, suprastruktur dan infrastruktur) HTML dan interaksinya dengan dunia luar, khususnya organisasi-organisasi roda dua lain mulai dari skala lokal, nasional, hingga skala internasional. Metamorfosa ini juga akan mempengaruhi sikap dan kebijakan HTML, baik pada tataran pengurus maupun anggotanya, yang sedang berkendara di jalan menuju warung rokok sekalipun.

Pada akhirnya semua kembali kepada seluruh anggota HTML itu sendiri, dari yang “fosil” hingga yang baru dan akan “lahir”. Di mana perubahan dan perjalanan HTML ke depan menjadi tanggungjawab seluruh anggota HTML, yang akan dirembug secara komperehensif pada hajat penting di ujung bawah pulau Sumatera nanti. Mari bicara.. dan bekerja!

*Idhoy Dorri Herlambang adalah anggota HTML 1390 Wilayah Jakarta Selatan. Beliau calon BOS Jaksel yang terpilih untuk Sarasehan HTML Ke-V 2009

Please follow and like us:

30 thoughts on “Menjelang Sarasehan HTML 2009!

  1. LANJUTKAN !!!!!! **siap-siap nemenin sampe Serang ajah…**

  2. allan_JSL says:

    tertarik nih sama stiker di box yg tulisanya ” Lelaki sejati pasti OPER GIGI”

    hehehe
    🙂

  3. Teruskan perjuangan HTML….

  4. Wah, cepat juga ya Om admin menyajikan beritanya, padahal baru semalam hehe
    Cimol semalam rame bgt

  5. tuh brother yg pake tatoo minta tayang.. katanya mau pamer dulu.. hehehe… 🙂

  6. chikebumbum says:

    HTML BandungErs Siap Merapat ke Lampung..

    pemberangkatan Jumat 5 Juni 09 pukul 17:00..

    sampai ketemu di lampung…

  7. jumat lalu saya ditemani 2 tiger ke tanjung karang, tapi masih males untuk nulis laporannya 😛 harap hati-hati dengan kondisi jalan selepas perbatasan kabupaten tangerang hingga serang. di beberapa ruas jalan sedang ada perbaikan, dan tak jarang pula terdapat lubang berjalan di jalan. lalu selepas bakau hingga menjelang kalianda, jalanan bergaris-garis seperti bekas cakaran namnun tidak merata. harap hati-hati karena alur aspal seperti ini bisa mengubah arah roda. sukses buat HTML!

  8. Akhirnya setelah 1,5 tahun menunggu…. Lampung, I’ll be there !

  9. om stephen emang maknyus… thx buat reportase-nya yah om….

  10. Hiks…pengen banget ikut sarasehan….

    Riau udah merapat ke Lampung…;)

    Salam buat semua. Sukses buat HTML

  11. jujur, saya sih masih bingung sama paradigma atau rumor yang berkembang di antara perkumpulan honda tiger..

    entah yang baik atau yang miring tentang HTML itu sendiri.

    sempat kepikiran juga sama saya, masalah pemikiran para komunitas pengguna tiger yang katanya inilah-itulah sama HTML.

    cuman ada satu yang gak bisa saya palingin dari HTML itu sendiri.
    terserah orang mau bilang apa atau seperti mengucilkan HTML

    yang gak bisa saya palingin dari HTML itu adalah kebersamaan antar member dan juga yang paling penting, HTML sangan concern sama yang namanya SR atau Safety Riding dan juga Saling menghargai antar sesama pengguna jalan raya yang lain.

    mungkin gak tau apa saya yang kurang gaul masalah permacanan. jujur baru kali ini saya punya macan, dan ingin berencana bergabung kepada salah satu komunitas tiger. tapi jujur masih bingung karena antar sesama komunitas tiger itu kok kayak agak renggang ya antar satu sama yang lain..

    pasti tau lah kalo yang udah lama berkecimpung di perdunia permacanan…

    ya gak tau deh..

    mungkin waktu yang bakal membuktikan…

    *maap rada curhat dikit nih :)*

    tapi satu lagi, MAJU TERUS HTML…!!!!!!

    GW DUKUNG SEGALA BENTUK ACARA YANG DI BIKIN ATAU DI BUAT OLEH HTML DI SELURUH INDONESIA..

  12. da** !!!
    lagi2 Gw mleset ngga bisa ikutan sarasehan
    arggghhhh….

    *uring2an*

  13. Salute buat HTML … memang kalo dilihat dijalanan anggota HTML yang paling santun. Walaupun ada 1 – 2 yang agak slebor, mungkin sedang ada urusan mendesak 🙂 Itu juga kenapa gw gabung (subscribe) HTML walaupun gak berstiker dan gak pernah kopdar … Long Life HTML .. Jangan lupa mampir Bakso Sony sama Pempek Tenda Biru di Lampung 🙂

  14. […] Riding Ducati Multi Strada 1000DS 2009 June 7 tags: Ducati, Ducati Desmo Owners Club Indonesia, Ducati Indonesia, Ducati Multi Strada by Stephen Langitan Jakarta 7 Juni 2009. Motor DUCATI Multi Strada 1000DS (selanjutnya disingkat Ducati MS) sebenarnya sudah siap dipakai untuk menuju Bandar Lampung dengan maksud menyusul rekan-rekan HTML yang sedang punya acara Sarasehan HTML 2009. […]

  15. salud ma html..
    sorry banget html makassar gak dapet hadir soalnya kawan2 di makassar pada sibuk semuanya…dg gaweannya………
    kompak slalu……..html emang maknyos…..
    walaupun ada yg menantang ada yg cemooin…secara pribadi ane dah html yg teteup html lah….

  16. B 12 4 VO says:

    Jangan Ngaku Jaksel….kalo gak Kopdar
    Minimal kenal pengurus bukan hanya nama tapi wjahnya..okeh

  17. Gmana hasil dari sarasehan ke V,, kemaren gk jadi jalan di karenakan adanya test uy…. tpi tetep w dukung terus sarasehan demi termajunya HTML buat pengguna tiger di seluruh nusantara

  18. Anton De_el says:

    Bner tuh kata om brapoh.
    Sukses terus buat HTML, maap kmrn belum bisa ikutan, padahal udah persiapan.
    tp apa daya dikarenakan urusan keluarga.

  19. salam sukses selalu buat bro idoy and team dari kawan kawan mandate riders community salam brotherhood bro asto mrc

  20. sukses juga buat kwn kwn html semoga langgeng truzzzz ,mandate riders community,base camp pujasera pancoran stekpi x bata

  21. sukse terus!!!!!!!!!!

  22. Maju terus HTML..
    Walaupun tidak bisa pergi ke lampung,, akan kutunggu dan kucari berita mu,,dan do’a ku beserta mu..

    = = ======= === === =
    = = + = = = = =
    = = + = = = = =
    ====== + = = =
    = = + = = =
    = = + = = = = = = =

  23. HTML maknyus tenan… kipbraterht

    hiduuupp HTML …. hiduuuuuuuuuuuuuupppp

  24. nah lho… dimarih lo posting bro… napa di milis jatim gak nongol lagi… hemmmmm Bandung oh Bandung… kapan iso nyambangi kowe Darmo… hihiks… piye kabare ndar…

    memang nyesel juga ga bisa ikutan sarseh 2009 ini../….

  25. Buat bro asto sukses trs dr hilman

  26. Selamat atas acranya, salam kenal dari dinda. Mas-mas yang difoto keren-keren banget ya gayanya, udah kalah deh gaya preman Medan ( becanda ya mas, peace:-) ) kayaknya acaranya seru ya, tapi cewenya nyaris gak ada, cuma satu orang yang kelihatan di foto, dinda juga mau kalau diajakin He….he….he…

  27. mas gymana cara gabung ke HTML apa syaratnya??kbetulan saya juga pake tiger ni.domisili di bekasi.

Leave a Reply