Mercedes-Benz SLS 63 AMG Roadster

6 Februari 2012. Bro.. ini sekedar melanjutkan artikel Annual Prescon Mercedes-Benz Indonesia 2012 yang menampilkan mobil sportcar Mercedes-Benz SLS 63 AMG Roadster. Sekarang mari kita simak sosok mobil sportcar ini lebih lanjut dengan data teknisnya. Kehadiran mobil ini telah berhasil mencuri perhatian para wartawan yang hadir di Grand Hyatt Jakarta tadi siang (Senin, 6/2). Yang pasti sosok mobil ini bakal meramaikan pasar otomotif Indonesia di kelas premium. 

Tak itu saja, kehadiran pertama Mercedes-Benz SLS AMG pada tahun Indonesia International Motor Show 2010 lalu sudah sempat bikin heboh (artikel ini) dan kini Super Sportscar ini dipastikan akan memberikan debut yang tak kalah menarik dengan menghadirkan model Roadsternya.

Model super sports car terbaru yang mengingatkan kita pada model Gullwing bakal membius para pecinta otomotif dengan paduan sempurna antara gaya eksotis kendaraan beratap terbuka, kedinamisan sistem kemudi ditambah lagi konstruksi kendaraan dengan struktur ringan yang ditandai dengan desainnya yang khas dan ramah lingkungan dengan standar mesin EURO 5.

Teknologi Sports Car

Semua teknologi yang diharapkan dalam sebuah sports car berbaur menjadi satu di dalam SLS AMG Roadster ini: sebuah kombinasi dari rangka aluminium dan mengusung mesin front-mid AMG V8 6.3 liter dengan dry sump lubrication yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 420 kW (571 hp) dan torsi 650 Nm. Memiliki transmisi tujuh percepatan kopling ganda dengan pengaturan transaxle dan suspensi sport double wishbone aluminium.

Atap kain SLS AMG Roadster yang lembut dan padat dapat membuka dan menutup hanya dalam sebelas detik saja, bahkan dapat beroperasi ketika kendaraan berjalan dengan kecepatan max 50 km/jam.

Menggunakan AMG DRIVE UNIT, pengemudi SLS AMG Roadster dapat mengatur sendiri sistem suspensi mana yang mereka inginkan, apakah: “Comfort”, “Sport”, atau “Sport Plus”.

Memiliki desain eksotis pada eksterior SLS AMG Roadster dipercantik dengan paduan velg dan ban berukuran 265/35 ZR19 untuk roda depan dan 295/30 ZR 20 untuk roda belakang.

Atmosfir pesawat terbang dalam balutan kemewahan

Konsep desain pada bagian interiornya senada dengan exteriornya, mengingatkan kita pada atmosfir kokpit pesawat udara: fitur gaya berselera tinggi pada dashboard yang menyerupai bagian sayap pesawat, lengkap dengan pengaturan ventilasi udara dengan nozzle berbentuk saling-silang yang menyerupai mesin pesawat jet.

Konsol tengah yang tampak maskulin dengan balutan kulit matt, ditambah aksen solid metal dan tuas E-SELECT baru yang sengaja dibentuk seperti sistem kontrol kemudi pesawat, seluruhnya diadopsi dari fitur desain dunia aviasi. Detil menarik lainnya terletak pada emblem AMG yang di emboss pada tuas selector yang dibalut kulit berkualitas tinggi.

Dilapisi dengan bahan kulit pilihan terbaik, metal solid matt-finished, trim dari carbon fiber asli menciptakan suasana eksklusif pada kendaraan ini ditambah nuansa yang otentik dengan kokpit pesawat. Jahitan yang dibuat dekoratif dan kontras memperkuat impresi “buatan tangan” yang berkwalitas tinggi merefleksikan detil yang merupakan ciri dari desain khas Mercedes-Benz.

Fitur-fitur standar yang dapat ditemui dalam SLS AMG Roadster ini termasuk kulit designo berwarna hitam, AMG sport seat dengan pemanas, slot-in glass draught-stop, COMAND APS dengan DVD player, alarm anti pencuri dengan sistem pelindung anti derek dan monitoring interior, THERMOTRONIC automatic climate control mewah dan KEYLESS-GO.

Sistem eksklusif AIRSCARF yang hadir sebagai opsional, bertindak seperti layaknya sebuah syal yang dapat menghangatkan leher dan kepala penumpang. Terintegrasi di bagian bangku “sport seat AMG” yang dapat mengalirkan udara hangat dari ventilasi pada sandaran kepala.

Aliran udara ini dapat berubah-ubah hembusannya sesuai dengan keinginan penumpang dan kisi-kisi udara yang dapat dirubah-rubah arahnya dan juga tingkat kehangatan dapat dipilih hanya dengan melalui satu sentuhan tombol.

Melengkapi fitur standar diatas, SLS AMG Roadster juga memberikan standar hiburan kelas tinggi dengan sistem tata suara sempurna dari Bang & Olufsen BeoSund AMG Surround System yang dapat dinikmati secara sempurna oleh pengendara meskipun sedang berkendara dengan kondisi atap terbuka, hal ini memberikan kenikmatan tertinggi dalam berkendara dari sebuah roadster berkelas.

Harga: Rp 4,399 miliar (Off The Road)

Data Tekhnis :

SLS AMG Roadster
V8 6208 cc Naturally Aspirated
420 kW (571 hp) pada 6800 rpm
650 Nm pada 4750 rpm
Akselerasi  0 – 100 km/h  :  3.8 detik
Top Speed 317 km/h  ( dibatasi secara elektronik )
Konsumsi Bahan bakar *NEDC 13.2 liter/100km

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply