Rifat Gelar Drift & Gymkhana Practice

30 Januari 2012. Selama dua hari, Sabtu dan Minggu (28-29 Januari), Rifat Driving School mengadakan latihan Drift dan Gymkhana (time attack style) di Tangerang Selatan. Menurut Rifat Sungkar, mentor dan penyelenggara acara bahwa event ini hanya untuk latihan dan bukanlah sebuah perlombaan. Biar latihan ternyata pesertanya cukup banyak, tercatat ada 35 mobil untuk drifting dan 25 mobil untuk Gymkhana.

Kebanyakan pesertanya adalah anak muda, dan mereka sangat yang haus untuk merasakan sensasi drift dan gymkhana. Komentar dari para peserta sangat senang dengan event ini.

“Selama ini kita hanya bisa melihat di televisi, disini kita juga mau ngerasain seperti apa drifting dan gymkhana. Kalau ikut lomba beneran kan tidak mungkin karena terbentur dana, sementara di jalan raya pasti rentan kecelakaan dan dikejar-kejar polisi,” kata salah satu peserta.

Untuk latihan drift tiap peserta dikenakan biaya sebesar Rp. 450 ribu (sponsor), Rp. 250 ribu (tanpa sponsor). Sementara biaya untuk latihan gymkhana Rp 350 ribu. Pada latihan drift peserta hanya diperbolehkan memakai mobil bertenaga roda belakang (RWD), sedangkan gymkhana tidak dibatasi.

“Kita welcome dengan segala macam mobil tidak peduli jenis dan merknya, mau pakai mobil drag, mobil slalom, atau mobil balap lainnya tidak masalah, yang penting standar pengaman seperti safety belt 4 titik, pakai tabung pemadam, dan pakai helm wajib harus dipenuhi,” jelas Rifat saat ditemui Br0 Jules Rimet dari Tim Liputan SL.com.

Mengenai Gymkhana

Gymkhana adalah jenis motorsport yang pertama kali muncul di Jepang dan masih tergolong baru di Indonesia. Olahraga ini pertama kali dipopulerkan oleh Ken Block. Olahraga ini merupakan perpaduan antara slalom dan time attack.

Hanya saja jika pada time attack anda membutuhkan sirkuit yang besar, tapi pada gymkhana cukup lintasan sebesar trek slalom. Layaknya pada time attack, pada gymkhana terdapat hambatan seperti kerucut, ban, dan barel. Pengemudi ditantang bermanuver melalui jalur yang telah ditentukan.

Bukan hanya konsentrasi dan mental saja, olah raga ini juga memerlukan skill tinggi untuk bisa menjadi yang tercepat. Saat ini gymkhana telah berkembang menjadi sebuah trend baru dalam dunia balap. Hal ini dikarenakan penonton dapat melihat aksi mobil diajak berputar 180 derajat, 360 derajat, kotak parkir, membentuk angka 8 yang mana aksi-aksi tersebut hanya bisa anda lihat di dalam film.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply