Yamaha Mio J Teknologi YMJET-FI Hadir

25 Januari 2012. Disela-sela acara peluncuran Yamaha FINO yang mengambil tempat di Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta Bali hari Rabu 24 Januari 2012, SL.com juga mendapat kesempatan dari Yamaha Indonesia untuk melihat langsung acara peluncuran motor terbaru, Yamaha Mio J dengan teknologi mesin Fuel Injection (FI). 

Acara perkenalan Yamaha Mio J ini, sengaja dibuat bersamaan dengan hadirnya Yamaha Fino, dan ini sempat bikin bingung SL.com bersama rombongan wartawan yang hadir di acara tersebut. Pasalnya, ada dua produk baru Yamaha kelas skutik, yang satu FINO dengan model fashionable, dan satunya Mio J dengan teknologi terbaru mesin injeksinya sebagai generasi terbaru Mio yang akan meneruskan keunggulan Yamaha di kategori skutik.

Namun demikian diperoleh informasi bahwa alasan Mio J yang akan dijual dipasar per tanggal 2-2-12 ini merupakan strategi inovasi Yamaha Indonesia dalam menghadapi era injeksi. Bicara soal era injeksi dari Yamaha, sebenarnya hal ini sudah lama didengungkan, bahkan Yamaha sudah punya motor injeksi Yamaha Vxion yang kini masih laris manis sebagai motor sport.

“Skutik Mio sudah menjadi legenda sejak diluncurkan pertama kalil tahun 2003 dan ini membuktikan jika Yamaha telah melahirkan motor skutik berkelas. Setelah Mio, kini hadir Mio J yang keunggulannya kini semakin didepan sesuai dalam tagline-nya Semakin Cepat Semakin Irit…It’s Magic”, papar Dynosius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Spesifikasi mesin Mio J menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Teknologi FI Yamaha ini disebut “Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI)” yang disingkat dengan Mio J dimana mesinnya semakin tangguh karena ditambah dengan pengaplikasian Diasil Cylinder dan Forged Piston. Penyatuan mutakhir YMJET-FI melahirkan motor matik performa tinggi secepat jet dengan konsumsi BBM lebih irit 30% dan kelincahan sesuai reputasi Mio edisi sebelumnya.

Tampaknya kehadiran, motor skutik berteknologi FI ini bakal membuat pasar otomotif roda dua Indonesia semakin berwarna. Penerimaan konsumen akan kehadiran Mio J segera disambut hangat oleh penggemar Yamaha, mengingat skutik Mio sudah begitu populer di Indonesia. Dan yang pasti, hadirnya Yamaha Mio J ini menjawab keinginan konsumen untuk sebuah skutik berteknologi tinggi.

Yamaha menjelaskan bahwa fitur-fitur dari Mio J menambah kenyamanan konsumen dalam berkendara. Tempat duduk yang luas dan lebih panjang, lampu sein depan yang mengkilat tajam seperti pandangan mata, speedometer baru dan bagasi luas. Warna-warna Mio J semakin memanjakan konsumen dengan lima warna. Putih yang mengikuti tren warna terkini di dunia otomotif, hitam, biru dan merah.

Kabarnya, skutik Mio J ini siap beredar dengan target penjualan sebanyak 25 ribu unit per bulan bertahap sampai 50 ribu unit per bulan. Apakah penjualan Mio J ini masih ada peluang buat pasar Indonesia? Yups, kita lihat saja kedepannya seiring dengan berjalannya waktu.

Please follow and like us:

2 thoughts on “Yamaha Mio J Teknologi YMJET-FI Hadir

  1. saingannya honda scoopy nie….tp dri keamanan berkendara tetap milih scoopy aja deh…

Leave a Reply