Peluncuran Skutik Yamaha mio Fino

25 Januari 2012. Bertempat di Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta Bali hari Rabu 25 Januari 2012 SL.com mendapat kesempatan dari Yamaha Indonesia untuk melihat langsung acara peluncuran motor terbaru, Yamaha mio FINO. Ya, motor skutik ini diklaim oleh Yamaha sebagai tunggangan skutik yang terbaik untuk mengisi pasar otomotif roda dua Tanah Air. Harga jual Mio Fino Sporty dan Mio Fino Fashion Rp. 13,5 juta, sedangkan Mio Fino Classic Rp. 13,65 juta.

Yang menjadi pertanyaan dan bikin penasaran SL.com adalah, bahwa model dan bentuk motor skutik Yamaha mio FINO ini sepintas sangat mirip Honda Scoopy yang sudah lebih dulu mengisi pasar roda dua sejak setahun terakhir ini. Nah, mengapa Yamaha Indonesia baru sekarang hadirkan skutik Fino? Padahal skutik ini sudah lama beredar di Thailand. Apakah Yamaha Indonesia merasa ketinggalan?

Yups.. dari penjelasan Dynosius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing cukup make sense sebab Yamaha mio Fino ini disebut sebagai motor skutik yang memiliki ‘niche market’ yang cukup besar di Tanah Air.

“Permintaan konsumen Indonesia terhadap merek Yamaha dengan jenis dan model yang bervariasi memiliki peluang besar dan masih terbuka lebar, maka kamipun mengisi dan menjawab kebutuhan pasar otomotif roda dua di Indonesia,” jelas Pak Dyon panggilan akrab Dynosius Beti usai acara press conference di Kuta Bali yang dihadiri oleh para wartawan dari Jakarta dan Bali.

“Produksi Yamaha mio Fino memang dipersembahkan oleh Yamaha untuk konsumen Indonesia yang sangat menantikan skutik berkualitas dan bergaya plus varian menarik bagi para pencinta merek Yamaha. Anak-anak muda dan khususnya wanita dipastikan akan mencintai Mio Fino karena motor ini sangat sesuai dengan karakter mereka,” jelas Dyon saat memberikan sambutan tentang kehadiran Yamaha mio FINO ini.

Dari namanya, “Yamaha mio Fino” terbaca unsur kata nama “mio”. Loh koq bisa? Ya, Yamaha Indonesia mengatakan, bahwa skutik ini sebagai motor teranyar Yamaha yang menghadirkan gaya hidup baru dalam berkendara dengan tagline, “Mio Fino, Fashionable Matic” yang seakan tak ingin melepaskan melegendanya Mio sebagai pionir skutik di Indonesia, maka dari itu Yamaha pun melekatkan nama “mio” sebagai generasi perdana skutiknya itu.

Fino sudah dilengkapi Automatic Headlight On (AHO), fuel meter, speedometer, front pocket, CVT engine dan tail light. Skutik retro modern fashionable anyar ini siap dipasarkan di Februari ini. Spesifikasi mesinnya pun tidak berubah dengan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 8,35 PS di putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 7,84 Nm di 7.000 rpm.

Mio Fino hadir untuk menyempurnakan barisan kategori motor automatic Yamaha sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan skutik modern inovasi terbaru. Sangat layak Mio Fino disebut Fashionable Matic yang identik dengan wanita sesuai arti Mio itu sendiri yang berarti cantik. Mio Fino pun memenuhi kebutuhan wanita yang ingin tetap cantik saat naik motor.

Tiga Pilihan FINO

Tiga pilihan tema, Mio Fino Fashion, Mio Fino Classic dan Mio Fino Sporty, merepresentasikan karakter anak-anak muda dan wanita yang ingin tampil bergaya di atas tunggangan skutik modern dengan warna-warna terang dan ceria. Secara keseluruhan tersedia tujuh warna segar yaitu Fashion Cyan, Fashion Pink, Classic Red, Classic Black, Sports Black, Sports Blue dan Sports Red.

Singkat kata, Mio Fino Classic merupakan bagian dari gaya hidup yang sesuai untuk mereka yang ingin tampil cute untuk melengkapi penampilan lebih memukau. Mio Fino Fashion cocok untuk gaya pop cute dimana warna pink mewakili gaya cute fashion dan cyan untuk gaya yang keren dan cool. Sedangkan Mio Fino Sporty tepat bagi mereka yang berjiwa aktif dengan striping bernuansa balap.

Fino merupakan motor yang diciptakan Yamaha paling spesifik untuk wanita yang merepresentasikan karakter fashionable sebuah produk motor dan memenuhi hasrat fashion wanita.

Perbedaan Fino Indonesia vs Thailand

“Perbedaan Fino Indonesia dengan Fino Thailand terletak pada posisi lampu senja dan lampu utama. Posisi lampu senja Fino Indonesia lebih style dengan bingkai (frame) dan aksen warna krom. Lampu utama Fino Indonesia diberikan tudung atau penutup yang bentuknya maju ke depan seperti yang terdapat pada mobil-mobil klasik. Speedometer dan fuel meter Fino Indonesia dipisah agar terlihat unik dan mudah dimodifikasi,” jelas Radityo Andi Dharma dari Planning Department yang memberikan keterangan tambahan.

Seorang wartawan bertanya soal perbedaan harga Mio Fino Sporty dan Mio Fino Fashion yang dibanderol seharga Rp. 13,5 juta, sedangkan Mio Fino Classic dipasarkan seharga Rp. 13,65 juta. Apa bedanya? Apa benefit yang didapat oleh konsumen hanya selesih Rp. 150 ribu?

Mio Fino sporty memiliki sejumlah keistimewaan yang membuatnya akan sangat disukai konsumen. Kompetitor pun tidak memiliki varian sporty untuk skutik modern. Istimewanya Mio Fino sporty bisa dilihat pada perpaduan warna yang lebih berani (putih merah, putih biru dan hitam merah). Stikernya lebih banyak, terdapat pada bodi belakang, konsol deck tengah, bodi depan hingga speckboard.

Untuk mendukung kesan sporty diberikan aksen warna hitam di bagian lampu depan, jok, handle grip, velg dan pegangan belakang motor. Istimewanya Mio Fino sporty memiliki striping yang diberi warna merah di bibir velg. Stripingnya bahannya cat bukan striker.

Yamaha memilih striping cat ini karena melihat mayoritas konsumen saat ini memodifikasi motor dengan striping di bagian bibir velg. Striping cat di bibir velg ini menjadikan Yamaha sebagai satu-satunya pabrikan di Indonesia yang mengeluarkan striping seperti ini.

“Untuk Mio Fino Fashion, stripingnya bernuansa pop ceria bergaya anak muda dengan aksen jepretan kamera blitz yang terinspirasi dari tren musik pop Korea saat ini di Indonesia,” tambah Radityo yang memberikan perincian perbedaan Fino diantara model Sporty, Fashion, dan Classic.

Sedangkan Mio Fino Classic berkesan mewah dengan aksen warna kulit di jok dan handle grip. Permainan stripingnya sedikit tapi menonjolkan logo Mio Fino 3D seperti yang ada pada mobil-mobil mewah. Striping ini terdapat pada bodi belakang Mio Fino Classic.

Acara Launching plus Video Conference di Kuta dan Bandung

Yamaha memperkenalkan Mio Fino ini secara serentak di dua tempat yang berbeda, yang satu di Cihampelas Walk, Bandung dan satunya lagi di Discovery Kuta, Bali, pada hari Rabu 25 Januari 2012. Uniknya, baru kali ini Yamaha Indonesia membuat acara dengan sesi tanya jawab melalui video conference antara Kuta Bali dan Bandung.

SL.com bersama 25 orang wartawan dari Jakarta hadir di Kuta Bali, Sedangkan rombongan yang lainnya hadir di kota Bandung. Usai acara prescon tersebut, SL.com melakukan ajang test ride untuk merasakan sendiri sensasi kenyamanan dan keunggulan Mio Fino.

Yamaha Indonesia menargetkan penjualan Mio Fino sebanyak 20 ribu unit per bulan yang akan dimulai tanggal 2 Februari 2012 (2-2-12).  Selain dari acara perkenalan Yamaha Fino, juga diperkenalkan motor skutik terbaru Yamaha Mio J yang mengusung mesin injeksi YMJET-FI. Motor Mio J ini meluncur ke pasar per tanggal diatas, dan harga jualnya belum diumumkan. Yamaha juga menjelaskan soal warna emas Yamaha Byson yang sudah beredar dipasaran.

ALBUM PHOTO: PRESCON, ROMBONGAN WARTAWAN, SEXY FINO GIRL

Please follow and like us:

5 thoughts on “Peluncuran Skutik Yamaha mio Fino

  1. aank wijaya says:

    mio fino hampir mirip sama scoopy..
    tapi fino lebih rame di stripingnya..!!!
    ya boleh lah..

  2. […] kata Dynosius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dalam acara press conference Yamaha Fino di Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta Bali hari Rabu (25/1). Tak tanggung-tanggung, Yamaha pun […]

  3. […] pekan lalu datang ke Kuta Bali mengikuti acara press conference dan test-ride Yamaha mio FINO. Namun sebenarnya sejumlah ATPM sepeda motor di Tanah Air sudah […]

  4. […] 2012. Kehadiran Mio Fino di Tanah Air yang diperkenalkan pada 25 Januari 2012 yang lalu (artikel ini) membuat rasa penasaran banyak orang, selain bentuk dan modelnya, juga tema motor skutik ini yang […]

Leave a Reply