Alat Penyapu Ranjau Paku Polda Metro

19 Januari 2012. Dalam rangka mengatasi maraknya ranjau paku di beberapa ruas jalan Ibukota DKI Jakarta yang kini masih merajalela dan meresahkan masyrakat, maka pihak Ditlantas Polda Metro Jaya memerintahkan tiap Polres (Polisi Resort) untuk segera membersihkan paku-paku yang disebar di jalan-jalan di Jakarta. Hal ini terungkap dalam acara Rapat Koordinasi Polda Metro Jaya dengan Komunitas Otomotif di Jakarta hari Kamis 19 Januari 2012 (artikel ini). 

Guna mendukung instruksi itu, kini jajaran Polda telah menyiapkan dua kendaraan golf car untuk membersihkan ranjau paku di area yang kecil, serta sebuah mobil Ford Ranger yang telah ditambah lempengan magnet kuat dan beraliran listrik pada bagian depannya.

Adapun alasan mengapa mobil jenis/tipe Ford Ranger yang dipakai oleh Polda Metro Jaya, hal ini karena ketangguhan mobil itu sendiri, ditambah dengan ground clearence-nya yang tinggi dan juga dapat melewati banjir yang kerap melanda Ibukota jika terjadi hujan deras.

Untuk kedepannya bakal ada penambahan sejumlah unit alat dan perangkat penyapu ranjau paku, dan minimal di masing-masing akan dimiliki oleh setiap Polres, minimal memiliki 2 unit mobil penyapu ranjau paku. Diharapkan, dengan adanya fasilitas seperti ini maka tentunya pekerjaan menyapu ranjau jadi lebi cepat, dan pengguna jalan akan merasa aman.

Namun demikian, Polisi juga terus melakukan pembinaan kepada masyarakat yang peduli terhadap ranjau paku, seperti relawan Sapu Bersih Ranjau Paku (Saber) Community. Dengan kehadiran setelah Saber Community, otomatis masyarakat di daerah lain pun sudah mulai tergerak melakukan hal yang sama, seperti di daerah Tangerang, Depok, dan Bekasi.

Upaya pemberatasan ini juga sangat diharapkan dari masyarakat luas. Jika memang melihat ada pelaku, maka laporkan kepada Polisi dengan informasi akurat tentang indentifikasi, maupun ciri-ciri pelaku. Dengan adanya laporan dari masyarakat ini, maka Polisi akan bergerak cepat melakukan tindakan, penangkapan, maupun pembersihan.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, Polda Metro Jaya telah membuka  sarana informasi kepada masyarakat melalui saluran telepon (Call Center). Adapun nomor telepon yang dibuka oleh Dit Lantas untuk informasi pelayanan masyarakat adalah sebagai berikut (sumber):

a. TMC Dit Lantas Polda Metro Jaya (021) 5276001
b. Piket Yanma Laka Pancoran Polda Metro Jaya (021) 98898845 atau 083870006161
c. Posko Road Safety polda Metro jaya (021) 5234505 atau (021) 5234115
d. Dit Reskrimum Polda Metro Jaya (021) 5234240 atau 081316161688
e. Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya (021) 5234077
f. Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya (021) 0215234080
g. Bidang Humas Polda Metro Jaya (021) 5234017 atau Fax : (021) 5709250 email: humas.pmj@gmail.com

Twitter: @TMCPoldaMetro

Website: http://lantas.metro.polri.go.id/

ALBUM PHOTO

2 thoughts on “Alat Penyapu Ranjau Paku Polda Metro

  1. Terima kasih pak polisi, telah membantu mengurangi keresahan kami berlalu lintas.
    Keamanan dan kenyamanan berlalu lintas adalah yg paling penting buat kami.

  2. Banyak oknum-oknum yang gak bertanggung jawab terhadap penyebaran paku yang ada di jalan…..

    Gw pernah ngeliat di tv, kalo paku2 itu sengaja disebarkan oleh para tukang bengkel yang dengan sadar dan sengaja menyebarkannya……

    supaya bengkelnya rame, karena ban menjadi bocor, dateng deh ke bengkel mereka….

Leave a Reply