Menguji Ketangguhan Honda Tiger Keliling Sumatera!

IMG_0147
HTML JAKSEL di Tugu Kilometer Nol Sabang, Prov. NAD

Ada yang masih ingat dengan tanggapan sinis atau negatif tentang launching New Honda Tiger Revolution 2008 yang lalu? Waktu PT Astra Honda Motor me-launching motor ini pada tanggal 5 November 2008 dan tampaknya setelah itu PT AHM mendapat komentar-komentar pedas dari masyarakat yang mana masyarakat lebih mengharapkan motor baru dengan kapasitas mesin 250cc.

Kata-kata pedas yang lainnya juga menyebutkan model lampu Honda Tiger belum bisa diterima, sehingga motor ini dikenal pula sebagai Motor ‘Picek.’ Kalau anda tidak tahu, sudah lupa, atau mungkin saja lagi pura-pura lupa, silahkan baca atau melihat dulu beberapa artikel  tentang New Honda Tiger Revolution dibawah ini, antara lain:

1) The New Face of Honda Tiger 2008

2) The New Tiger Revo Cruiser: Legendary Ride, New Spirit!

3) PT AHM: Dibalik Peluncuran new Tiger Revo 2008

Suka atau tidak suka, sampai artikel ini ditulis bahwa motor Honda Tiger masih tetap mengusung mesin yang sama kapasitas 200cc, namun demikian motor ini tetap eksis hadir di tengah masyarakat Indonesia. Sejauh ini, Honda Tiger lebih dikenal sebagai ‘motor lelaki’ dengan selera sport touring yang juga mendapat julukan si “macan.”

 Dari sejarahnya, Honda Tiger diluncurkan pertama kali pada tahun 1993 sebagai generasi pertama. Motor Honda Tiger ini sejak awal sudah memiliki ciri khas, yaitu sebagai motor super cruiser alias motor jelajah. Maka tak berlebihan, bila mau dikatakan bahwa motor ini sebenarnya memang lebih pas bagi mereka sebagai ‘penyuka touring’ (perjalanan jarak jauh keluar kota).

Nah, jika anda tidak suka ataupun tak punya selera touring, sebenarnya tak salah juga untuk memakai motor Honda Tiger ini sebagai motor harian atau motor kerja, karena motor ini memang juga pas dipakai aktifitas harian. Tapi, cobalah ambil waktu satu kali di akhir pekan menuju kawasan pegunungan, mudah-mudahan disitu anda akan merasakan ‘sensasi’ memiliki Honda Tiger.

Sampai saat ini, motor Honda Tiger sebenarnya tidak mengalami banyak perubahan, khususnya perihal kapasitas mesin yang sejak dulu tetap sama, yaitu 200cc. Tapi, dari segi bodi, tampilan badan, stripping, maupun model, sebenarnya Honda Tiger sudah banyak melakukan perubahan dari masa ke masa.

Dari semua perubahan yang ada, PT Astra Honda Motor hanya saja masih tetap mempertahankan motor ini sebagai motor kelas sport touring, motor super cruiser, atau pun motor jelajah yang hanya pas di pakai untuk kawasan alam dan jalan di Indonesia.

Mau bukti? Yuk, kita lihat saja beberapa foto perjalanan touring keliling pulau Sumatera yang baru saja dilakukan oleh lima orang bikers HTML Wilayah Jakarta Selatan (HTML Jaksel).

Beberapa artikel sebelumnya bisa dilihat pada bagian Pertama, Kedua, Ketiga dan artikel ini adalah artikel yang Keempat.

Perjalanan kelima orang bikers HTML adalah menuju Kilometer Nol Pulau We Sabang Provinsi Nanggore Darusalam Aceh (NAD) dengan total perjalanan pergi-pulang selama 16 hari dan total jarak adalah 5,730 kilometer!

Sebelum melihat foto-foto perjalanan mereka selama 16 hari tersebut, mari kita kenalan lebih dekat sesuai dengan bio-data dari ke-lima orang bikers HTML tersebut:

Pertama, Bro ‘Eyang’ Bima Rajasa Martoyudo (46) adalah PIC (person in charge) sekaligus Group Leader.

Ia anggota HTML No. 720 dan memiliki Honda Tiger tahun 2003. Status sudah berkeluarga dengan satu putera. Pekerjaan adalah seorang wiraswasta yang bergerak dibidang otomotif dan asesories motor.

Jam terbang touring dan kiprahnya untuk kegiatan-kegiatan HTML Jaksel jangan di tanyakan lagi. Selain hobi touring, ia juga penyuka mobil off-road. Ia dikenal sebagai bikers HTML Jaksel yang punya jati diri “GGT” atau getol-getol touring dengan nama D’Banditos (keterangan tentang D’Banditos baca artikelnya disini).

Kedua, Bro ‘Marko’ R.M. Soemarko (40) dalam tugasnya selama mengikuti jelajah Sumatera telah ditunjuk sebagai Technical Officer (TO).

Ia dituntut harus mampu menguasai teknik-teknik seputar motor Honda Tiger, atau ketika ada peserta yang mogok atau rusak selama perjalanan harus bisa ditangani dengan cepat.

Bro Marko adalah anggota HTML 447 dan satu-satunya peserta yang pakai  motor berusia 13 tahun (Honda Tiger tahun 1996) dengan kondisi standard alias masih pakai pelek jari-jari. Pekerjaan sehari-hari adalah wiraswasta dibidang IT.

Ketiga, Bro ‘Cheppy’ Hermanto  (47) dalam tugasnya sebagai Safety Officer (SO) yang lebih suka berada di posisi paling belakang. Memiliki nomor anggota HTML 626 dan secara usia, ia adalah yang paling senior, tapi ia pula yang paling gaul.

Ia membawa Honda Tiger tahun 2004 yang dilengkapi dengan side box (box samping) ukuran besar 36 liter. Sepintas motornya yang paling besar diantara yang lainnya, tetapi ia mampu mengimbangi walaupun posisi yang dipilih lebih banyak berada paling belakang.

Ketika sampai di Pulau Sabang, dikatakan oleh penduduk setempat kalau motornya adalah kelas moge (motor gede). Ia sudah berkeluarga dan masih aktif  bekerja sebagai seorang staff di PLN.

Keempat, Bro Eka Bramastanto (36) sebagai anggota HTML No. 531 dalam tugasnya sebagai Mapping. Artinya memberikan petunjuk arah dari sebuah kota menuju kota berikutnya, serta data-data jarak kilometer, dan estimasi  jarak tempuh perjalanan.

Dengan data yang ada, maka tugas utamanya adalah memberikan info kepada Group Leader, kapan dan dimana saatnya yang tepat untuk berhenti, juga informasi yang tepat untuk mengambil foto-foto wisata.

Ia menggunakan Honda Tiger tahun 2004. Pekerjaan sehari Bro Eka adalah seorang konsultan marketing dan status sudah berkeluarga dengan dua orang anak.

Kelima, Bro Achmad Feriyanto (32) adalah anggota yang termuda didalam grup touring ini. Sebagai anggota HTML Banten No. 1942 dan menggunakan Honda Tiger ‘Picek’ alias New Honda Tiger Revolution keluaran 2009.

Dari plat nomornya terlihat angka 03.14 (Maret tahun 2014). Kondisi motor masih standard bahkan ban motornya juga standard dari pabrik (merek IRC).

Terbukti motor masih baru, tapi sangat tangguh menembus dataran Sumatera yang penuh  dengan perjalanan pertualangan. Inilah rekaman perjalanan touring jelajah Sumatera HTML Jaksel bersama Honda Tiger dalam beberapa foto-foto.

Please follow and like us:

44 thoughts on “Menguji Ketangguhan Honda Tiger Keliling Sumatera!

  1. anggiwirza says:

    wih dahsyaaatt…!!!

    makin mupeng nih kalo ngeliat postingan yang jalan ke NOL kilometer..

    tapi sayang…
    kayaknya masih jauh deh biar bisa kesampean sampai ke NOL kilometer…

    tapi tetep semangaatt…!!!

    yang penting pulau jawa dulu deh di telusuri

    hehehe.. 😆

  2. mantep om…..salut dah…….btw bawa pakaian berapa stel yak?? gimana gantinya tuh?? gak mungkin kan nunggu cucian kering??

  3. angkat empat jempol (plus jempol kaki) buat bro2 yang masih punya semangat besar buat turing, saluuuttt….
    menjadi inspirasi buat sya…

  4. Mantaaaabbe… Brothers !!

  5. hanya satu kata MANTAAAABBBBBB…!!!!!

  6. TOP…..!!

  7. Om Steph,.. mohon maaf banget gw gak bisa ngejemput en nganter, Sodara2 kita yang dateng dari Jaksel,.. gw kerja gak bisa ditinggalin,.. Urgen banget deh. Walaupun ada Korlap Duri,.. tetep aja gw sedih gak bisa ketemu sama sesepuh HTML begitu. Sampaikan salam Persaudaraan gw, sama temen2 semua.

  8. salut banget deh..4 jempol !!
    klo melem nginep di penginapan/malah bikin tenda? hehe pnasaran.. SELAMAT!!!

  9. indra_alif says:

    html emang mantebz habizzzzzzzzzzzzzz……

  10. anggiwirza says:

    bisa di bahas tu bro side boxnya…

    *maap kepotong*

  11. anggiwirza says:

    bro stephen mau tanya, side box yang ini tuh core motor bukan ya..??

    http://stephenlangitan.files.wordpress.com/2009/05/img_0147.jpg?w=600&h=450

    kok bisa kuat ya..??

    gimana masangnya tuh..??
    lumayan murah meriah di banding e21 dan e20

  12. anggiwirza says:

    o.. itu givi toh bro stephen…

    box baru kah..??

    kok tampilannya kayak core motor ya
    hehehehe… 😀

    wah baru tau nih bro, kalo mau nyebrang musti lepas box..

    *apa anenya yang gak pernah nyebrang pulau*

    hehehehe…

    manteb bener dah HTML…

    same di kilometer Nol…

    salute…

    boleh ni om stephen di bahas kapan-kapan boxnya..

  13. allan_JSL says:

    titik nol….

    emg dah jadi acuan klo blm smp titik nol ga puas

    Jogja Supra Lover’s

  14. […] Silahkan baca artikel sebelumnya: Pertama, Kedua, Ketiga, dan Keempat. […]

  15. […] Silahkan baca artikel sebelumnya: Pertama, Kedua, Ketiga, dan Keempat. […]

  16. mirna lestama says:

    Gw gak suka dengan para bikers yg suka merasa jalanan milik mereka sendiri, berdasarkan pengalaman keluarga gw sewaktu dalam perjalanan ke Jawa, dengan seenaknya salah satu pengendara motor menendang mobil kijang innova keluarga gw. Sampe2 hampir kita semua ribut dgn tuh pengendara motor.

    Tolong jangan seenaknya di jalanan, pengen dulu-duluan, pejabat bukan, ambulance bukan, presiden juga bukan!!

    Tolong yah kelakuannya juga bisa dijaga dengan sopan dalam berkendara. Kita kan sama2 pengguna jalan.

  17. @Yth Ibu Mirna, mohon maaf jika tulisan anda harus saya harus edit.
    Salam,
    Stephen Langitan

  18. ^^

    sebetulnya arogant atau enggak arogant itu ya tergantung orangnya juga.

    tapi karena ada stiker komunitas yang menempel, otomatis nama komunitas tersebut jadi ikutan jelek..

    kalo ane mah selama pengemudi motor atau rider itu gak membahayakan diri saya sebagai sesama pengguna motor saya gak bakal ngajak ribut atau apalah itu..

    cukup mendoakan aja, supaya dia gak merugikan antar sesama pengguna jalan yang lain..

    @bro stephen bro sarasehan ikut kah???
    di tunggu reviewnya ya…

  19. wah 5 orang nie gila, kalo touring lagi contact (0725 9905671) kalo lewat lampung ye,
    candra

  20. sedaaaaaaaaaaaaaaaappppppppppppp,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    sadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiissssssssssssssssssss,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  21. Yesssssss, mantab abiieezzzzzz….. ck…. ck…. ck
    Mupeng beeuudhhh dah…..
    Sabar…. sabar….. Insya Allah… Oktober ’09 ini mo nyobain jelajah hutan sumatera…..
    Mo beli nasi padang di padang……. he… he….:)
    Doain ya….Bro-Bro semua, … sekalian mo ngejajal si”picek” kita…… n sekalian pulang kampuang/pulang rayo……yg kata kalo bro disini mah mudik lebaran…. ha.. ha….
    Salam All of you BRO….

  22. hanif nitro065 says:

    salut dweh……tapi ko ga ngajak ngajak ya….

  23. fahrul islam says:

    salut ama bro semua, brapa kali ganti oli tuh buat pp ?nda mau coba pulau sulawesi?dari penggila touring 1584 km/bulan

  24. Eka reptor says:

    Motor tiger memang top..

  25. ampun…ampun….
    keren abis dah!!
    harus nyobain juga neh….mudah2an terwujud….amin…!

  26. rendy setianto says:

    supeh,….
    jd pengen banget,….
    naik simotiku (Si Motor Tiger) kyak abang,…
    mudah2han terkabul amin,…..

  27. mantap dah emank honda tiger legendary ride, n yg revo new spirit…..revolution cruiser

  28. Mas Bro…

    Biar mesin jadul, yang penting nyaman dikendarai dan modelnya terbaik dikelasnya

    Hidup Tiger Revo!

  29. salut buat tigri bikerz…
    ngiri banget 🙁
    kapan bisa nyusul ya..
    bravo indonesian tiger!!!!!!!!

  30. Di mana d tasik buat daftar html

  31. extensa86 says:

    hebaaaat…! applause deh buat komunitas HONDA…!

  32. duddy lonely bikers sby says:

    selamat…buat bro semua,kalo motornya dah nyampe mana2 brarti tuh motor bener2 mantab….sukses to all honda tiger enthusiasm!!

  33. Boombox Walker says:

    ga perlu panjang lebar. salut buat honda khususnya tiger klo soal ketangguhan. faktanya, nih motor kuat buat jelajah sampe keliling nusantara.

  34. dony syamsir says:

    saya juga pakai si picak 2010, baru bisa beli, dah lama punya keinginan akhirnya terwujud juga

    dony

  35. gw juga punya tiger tahun1997 sayangnya ke jual sampe pake tunder tapi tetep aja masih cinta tiger kahirnya kebeli juga tuh macan mata picek..emg tiger sekali jatuh cinta gak kan bisa kelain hati..suuueeerrrrr

  36. Apapun merek sepeda motornya, gak akan bisa ngalahin Honda Tiger dech,,,,

    Cayooo Tiger…

  37. Mang mantap abis tuh si”moti”(motor tiger)..
    Udah ane buktiin ketangguhannyae..
    Ane pake brojolan 2008…
    Yang pasti kalauw mang si moti bukan produk yang bagus,,dah pasti ga bakal diproduksi mpe skarang..
    Tul ga bro2 sekalian

  38. MAntapppppppppppppppppppppp,,,,,,,,,,
    I LOVE TIGER,,,,,,,,
    The legendaris of honda

  39. aku Pengen Mas Bro….

Leave a Reply