GM Indonesia Gelar Dialog Otomotif


18 Januari 2012.
 Bro.. SL.com dapat info dari PT General Motors (GM) Indonesia yang mana perusahaan ini menerima rombongan mahasiswa dan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung di kantor dan fasilitas produksi PT GM Indonesia, Bekasi, Jawa Barat pada hari Rabu 18 Januari 2012. 

Dalam rangka kunjungan studi bertema “from theory to practice” atau dari teori ke penerapan langsung, PT GM Indonesia berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang manajemen, antara lain talent acquisition dan SDM (Sumber Daya Manusia), perspektif industri otomotif dalam negeri, dan manajemen produk otomotif.

Selain itu dibahas pula perkembangan terakhir reaktivasi fasilitas manufaktur GM di Bekasi yang akan memiliki kapasitas produksi 40.000 unit kendaraan per tahun untuk kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dimana kesemuanya diadakan dalam format dialog interaktif anatara manajemen dengan kalangan universitas (mahasiswa dan dosen).

Dari pihak UNPAR, terutama para mahasiswa memiliki misi utama mempelajari secara langsung penerapan ilmu-ilmu manajemen, tantangan, serta perkembangannya dalam operasional PT GM Indonesia, khususnya dalam kerangka industri otomotif yang memiliki rantai kerjasama yang kompleks antara pemasok barang, diler, pelanggan, serta pembuat kebijakan.

“Kami sangat menghargai kunjungan studi ini dan mendorong kalangan akademisi dari perguruan tinggi lainnya untuk belajar dan bertukar pengalaman dengan GM untuk sama-sama memajukan industri otomotif dalam negeri,” ujar Presiden Direktur PT GM Indonesia, Marcos Purty.

Rombongan yang berjumlah lebih dari 100 orang dan terdiri dari mahasiswa serta dosen Program Studi Manajemen UNPAR ini bertemu dan berdialog langsung dengan pihak manajemen PT GM Indonesia, yang diwakili oleh Presiden Direktur, Divisi SDM, Divisi Public Relations, serta Divisi Marketing.

Dalam dialog interaktif tersebut tersirat antusiasme mahasiswa untuk mempelajari ilmu manajemen dalam penerapannya, perkembangan industri serta manajemen SDM di dunia otomotif.

Tahun 2011 yang lalu, PT GM Indonesia telah menggelar GM Indonesia Academic Forum™ yang mendorong kalangan mahasiswa untuk lebih mengenal, menggeluti, dan mencintai lebih dalam industri otomotif tanah air yang terus berkembang di salah satu perguruan tinggi ternama di Jakarta dan mendapat sambutan yang sangat antusias dari civitas academica perguruan tinggi tersebut.

“Kami melihat potensi yang sungguh luar biasa besar dari generasi muda dan produktif, terutama dari kalangan mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia. Oleh karena itu, melalui forum dialog interaktif ini kami mendorong mereka untuk lebih mengenal, menggeluti, dan akhirnya mencintai industri otomotif pada sisi manajemen,” ujar Marcos.

Sementara itu, data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil di Indonesia tahun 2011 mencapai 890.000 unit dan menunjukkan tren pertumbuhan pasar yang positif pada kisaran 3-5% atau akan mencapai 910.000 unit hingga 930.000 unit di tahun 2012.

GM Indonesia Academic Forum™ adalah sebuah wadah untuk berbagi pengalaman, mendorong proses berpikir merdeka dan kreatif, serta kepemimpinan yang bertanggungjawab pada lembaga pendidikan tinggi di Indonesia untuk mendukung terciptanya masyarakat akademis Indonesia yang lebih baik.

Leave a Reply