Sukses & Prestasi Ford Motor Indonesia

17 Januari 2012. Mengambil tempat di showroom Ford Tangerang, PT Ford Motor Indonesia (FMI) pada hari Selasa (17/1) menjelaskan prestasi perusahaan sepanjang tahun 2011. Ini merupakan hasil terbaik yang pernah dicatat Ford melalui penjualan retail yang meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2010, yaitu mencapai 15.988 unit. Wah.. berita bagus nih.

SL.com bersama para undangan dari kalangan media mendengarkan secara langsung penjelasan dari Bagus Susanto selaku Managing Director PT FMI tentang peningkatan penjualan Ford Indonesia selama setahun penuh yang luar biasa, yaitu sebesar 94 persen. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab, dimana Bagus didampingi oleh Lea Kartika Indra, Communication Director dan Gumgum Prijadi, Marketing Director.

Ford menyatakan tahun 2011 sebagai brand otomotif dengan tingkat pertumbuhan terpesat di Indonesia. Tak itu saja, secara market share Ford di Indonesia mencapai 1.8% untuk tahun 2011 dan angka ini naik dari 1.1% pada tahun 2010 yang lalu. Juga, Ford mencatat rangking ke-9 dalam industri otomotif.

Ford Fiesta

Suksesnya penjualan yang kuat di seluruh rangkaian produk Ford telah memberikan kontribusi kepada rekor prestasi ini, termasuk kesuksesan besar penjualan All-New Ford Fiesta yang kini menjadi terkemuka di kelasnya, dan mencatatkan penjualan sebanyak 7.005 unit sejak kehadirannya di Indonesia.

All-New Ford Fiesta secara jelas telah menjadi salah satu pemimpin di segmen mobil kecil Indonesia yang sangat kompetitif, karena kombinasi kualitas, penghematan bahan bakar, keamanan, teknologi pintar dan value-for-money yang dimiliki Fiesta terus menarik banyak pelanggan baru Ford di seluruh nusantara.

Tahun lalu, All-New Fiesta terus mendapatkan penghargaan penting, termasuk penghargaan “Best Compact Hatchback of the Year” untuk kali kedua secara berturut-turut dari majalah AutoBild yang populer di Indonesia. Penghargaan bergengsi ini mengakui kombinasi unik rancangan dan teknologi Fiesta, sekaligus value for money terdepan di kelasnya.

Penghematan bahan bakar Fiesta yang terkemuka di kelasnya juga mendapatkan sorotan di tahun 2011 dalam penyelenggaraan Fuel Efficiency Challenge yang disaksikan oleh lembaga sertifikasi negara, Sucofindo, saat hatchback Fiesta 1.6L Sport lima pintu mencatatkan tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata yang luar biasa, yaitu 23,19 Km/L dari Jakarta ke Semarang.

“Tahun lalu sungguh merupakan tahun transformasi bagi Ford di Indonesia, yang dipicu oleh kesuksesan All-New Fiesta. Popularitas mobil yang luar biasa ini terus menanjak di seluruh nusantara dan menarik banyak pelanggan baru Ford yang menghargai nilainya yang tak tertandingi di segmen mobil kecil,” ujar Bagus Susanto.

All-New Fiesta mendapatkan banyak dukungan dari penjualan yang kuat di seluruh rangkaian produk Ford yang memberi kontribusi kepada tahun rekor prestasi Ford ini.

Ford Ranger

Ford Ranger yang populer mencatatkan setahun penuh terbaiknya melalui penjualan retail yang melonjak 28 persen dibandingkan dengan jumlah penjualan sebelumnya, menjadi 6.881 unit. Ford saat ini tengah mempersiapkan peluncuran resmi All-New Ford Ranger yang akan menciptakan perbedaan di kelasnya yang telah berhasil mencuri perhatian dan menarik minat yang besar dari media otomotif dan para konsumen Indonesia.

Ford Everest dan Focus

Ford Everest juga memberi kontribusi kepada tahun yang luar biasa ini dengan mencapai penjualan setahun penuh tertinggi keduanya melalui kenaikan sebesar 28 persen year-over-year menjadi 1.639 unit. Penjualan Ford Focus di tahun 2011 juga naik 53 persen menjadi 127 unit.

One Ford

“Kami terus mencatatkan kemajuan signifikan berdasarkan rencana One Ford kami di Indonesia, dan rangkaian produk kendaraan kami yang terkemuka di kelasnya terus menggugah minat konsumen Indonesia yang menghargai berbagai cara yang ditawarkan oleh kendaraan Ford kami untuk terhubung dengan kehidupan dan gaya hidup mereka,” ujar Bagus Susanto.

Jumlah Dealer Terus Bertambah 

Sebagai tambahan terhadap rekor penjualannya, Ford terus meningkatkan pengalaman layanan pelanggannya di tahun 2011, termasuk pembukaan tujuh dealer resmi Ford di Manokwari, Pemuda (Jakarta), Cirebon, Kudus, Batam, Tangerang, dan Tegal. Jumlah total dealer resmi Ford di Indonesia, mulai dari Aceh di barat sampai Jayapura di Timur, mencapai 40 outlet hingga akhir tahun 2011.

Di tahun 2012, Ford berencana membuka delapan outlet dealer baru dan diharapkan total dealer menjadi 48 pada akhir tahun 2012.

Driving Skills For Life (DSFL)

Selama empat tahun berturut-turut, Ford menyelenggarakan program Driving Skills for Life (DSFL) di Indonesia yang membantu meningkatkan kesadaran atas keamanan di jalan sekaligus mengedukasi para pengendara mengenai teknik berkendara yang lebih aman dan hemat bahan bakar.

Di tahun 2011, Ford menyelenggarakan pelatihan DSFL bagi lebih dari 1.850 pengendara yang memiliki SIM, secara gratis, sehingga jumlah total pengendara Indonesia yang telah berpartisipasi dalam DSFL mencapai 4.150 sejak peluncurannya.

Global Week of Caring

Di tahun 2011, FMI juga menyelenggarakan kegiatan tahunan Global Week of Caring. Dalam acara ini, karyawan Ford secara sukarela menanam 5.000 benih bakau di Pulau Tidung dalam upaya konservasi lingkungan di wilayah Kepulauan Seribu serta memberi kontribusi terhadap kesehatan ekosistem secara keseluruhan di area pantai.

Momentum 2012

Ford memperkirakan momentum tahun rekor penjualan ini akan berlanjut di 2012 didorong oleh peluncuran All-New Ford Ranger dan All-New Ford Focus sebagai bagian dari rencana Ford untuk memperkenalkan delapan kendaraan baru One Ford di ASEAN sampai pertengahan dasawarsa.

“Melalui perkenalan All-New Ranger, All New Ford Focus dan All-New Ford Fiesta sedan, kami benar-benar yakin bahwa momentum kami akan berlanjut di tahun ini dan rencana pertumbuhan kami yang agresif untuk Indonesia akan tetap berjalan sesuai rencana,” ia menambahkan.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply