Ford Fusion 2013 Launched in Detriot

13 Januari 2012. Melihat langsung acara peluncuran mobil terbaru merupakan suatu kebanggaan tersendiri, apalagi jika lokasi acara berada di Amerika Serikat. Ya, inilah salah satu keberuntungan SL.com melihat acara peluncuran Ford Fusion 2013 di Joe Louis Arena-Cobo Center Detroit Michigan USA hari Senin, 9 Januari 2012 yang lalu. 

Bersama dengan 146 blogger atau Digital Social Media Influencer (lihat video ini) pilihan Ford Motor Company yang datang dari seluruh dunia, dimana SL.com yang ikut hadir disana bisa melihat detik-detik kehadiran mobil Ford Fusion 2013. Mobil ini dikenal sebagai kendaraan baru dari Ford Motor Company yang tampil untuk pertama kalinya di ajang North American International Auto Show (NAIAS) di Joe Louis Arena Detroit.

Bersama dengan ratusan undangan VIP, SL.com hanya menunggu dikursi arena untuk menantikan kehadiran mobil Ford Fusion 2013. Dan betul, tak perlu berlama-lama menunggu setelah mendengarkan beberapa kata sambutan dari pimpinan Ford Motor Company, akhirnya Ford Fusion 2013 warna merah dan putih keluar dan masuk ke arena.

Derrick Kuzak, Group Vice President, Global Product Development, Ford Motor Company shows off the 2013 Ford Fusion

Setelah itu hadir dua unit tambahan Ford Fusion 2013 warna biru tua dan biru muda yang elegan untuk melengkapi kedua unit Fusion yang sudah lebih dulu muncul. Setelah itu pimpinan tertinggi Ford, yaitu Ford Motor Co. Executive Chairman William Clay Ford Jr. dan President/CEO Alan Mulally memberikan kata sambutan khusus.

Tak lama kemudian ada banyak wartawan mendekat ke mobil Fusion, dan tentu saja SL.com bersama rekan-rekan Digital Social Media Influencer ikut pula turun ke arena untuk memotret Fusion dengan jarak yang lebih dekat. Lagi, SL.com beruntung bisa mendekat Ford Fusion 2013 sekaligus berdiri dekat dengan sosok President/CEO Ford Motor Co., Alan Mulally sekaligus untuk mendengarkan percakapan beliau saat menjawab pertanyaan para wartawan.

Ford Motor Co. Executive Chairman William Clay Ford Jr. (kanan) dan President/CEO Alan Mulally (kiri)

Menurut Ford Motor Company bahwa mobil Ford Fusion 2013 ini merupakan mobil yang paling  revolusioner, yaitu sedan empat pintu yang stylish, bodi ramping, desain kinetic, turbocharged, teknologi canggih, ecoboost, hybrid, mesin empat silinder untuk model plug-in hibrida, dan ini menjadikan Ford Fusion sebagai mobil masa depan.

“Mobil dengan sistem hybrid adalah model terbaru yang sedang berkembang saat ini, dan ini adalah sistem generasi hibrida untuk mobil Ford,” kata Sheriff Marakby, Direktur Program Elektrifikasi dan Engineering. Sedangkan Fusion hibrida diharapkan bisa mendapatkan setidaknya 47 mpg di kota dan 44 mpg di jalan raya.

SL.com hadir dilokasi acara Launching Ford Fusion 2013 @North American International Auto Show (NAIAS), Detriot MI USA January 2012

John Jraiche, yang mengepalai Divisi Powertrains Bensin di Ford, mengatakan bahwa mesin EcoBoost empat silinder, 1.6 liter turbocharged direct injection bisa mendapatkan 26 mpg di kota dan 37 mpg di jalan raya, sementara mobil Ford Fusion 2013 tersebut bisa mengahsilkan tenaga 179 Hp.

“Mengusung mesin 2 liter premium direct injection dengan model mesin EcoBoost turbocharged 237Hp bakal menciptakan effisiensi bahan bakar yang lebih baik dari pada mesin model V-6. Itu sebabnya Ford Fusion tidak akan menawarkan mesin V-6 karena hal ini sudah dianggap usang, dan pabrikan mobil yang lain mungkin saja akan mengikutinya,” kata Jraiche.

Ford Fusion 2013 akan meluncur dengan tiga trim level, yaitu S, SEL dan Titanium yang bakal hadir dipasaran dalam waktu dekat ini (pasar AS).

Basis powertrain

2,5-liter empat silinder
Horsepower: 170
Torsi: 170
Transmisi: Enam kecepatan otomatis
Ekonomi bahan bakar: Tidak tersedia

Tingkat menengah powertrain

1.6-liter turbocharged direct injection empat silinder
Horsepower: 179
Torsi: 172
Transmisi: Enam kecepatan otomoatis / manual
Ekonomi bahan bakar: 26 mpg kota / highway mpg 37

Premium powertrain

2-liter turbocharged direct injection empat silinder
Horsepower: 237
Torsi: 250
Transmisi: Enam kecepatan otomatis
Ekonomi bahan bakar: 25 persen peningkatan dari V-6

Hybrid powertrain

2-liter empat silinder dan motor listrik
Jumlah tenaga kuda: 185
Jumlah torsi: 130
Transmisi: ECVT
Ekonomi bahan bakar: 47 mpg kota / mpg 44 highway

Plug-in hybrid powertrain

1,6-liter empat silinder dan motor listrik
Jumlah tenaga kuda: 185
Jumlah torsi: 130
Transmisi: ECVT
Ekonomi bahan bakar: 100 mpg

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

2 thoughts on “Ford Fusion 2013 Launched in Detriot

  1. hmm nih mobil menurut saya dari eksteriornya campuran 3 pabrikan,bagian moncong jelas ada DNA Lancer sama Aston Martinnya, lampu Mitsubishi Lancer bgt nah grillnya Aston Martinlah,bagian buritan DNA Hyundai Soneta bgt,saya rasa designer ford dan awak2nya punya mobil dari 3 pabrikan tsb,hrsnya bisa lebih baik,ouchhh…

  2. […] disana tak hanya ikut acara peluncuran Ford Fusion 2013, tetapi juga dapat kesempatan langka yaitu bertemu para pimpinan Ford di ajang pameran NAIAS 2012 […]

Leave a Reply