Cobo Center Detroit Michigan USA

12 Januari 2012. Hari Kamis (12/1) SL.com sudah kembali ke Tanah Air usai memenuhi undangan Ford Motor Company hadir di kantor pusat Ford di Dearborn Michigan USA. Salah satu acara yang menarik adalah ketika SL.com berada di kota Detroit dan masuk kedalam gedung Cobo Center yang lebih dikenal sebagai tempat North American International Auto Show. 

Ya, di dalam gedung Cobo Center inilah para ‘carmakers’ kelas dunia setiap tahunnya berkumpul sekaligus memamerkan mobil terbarunya. Gedung ini sangat terkenal sebagai pusat konvensi yang terletak di sepanjang jalan Jefferson dan Washington di pusat kota Detroit, Michigan USA (Google Map).

Dari beberapa literatur dan sumber, bahwa nama Cobo diambil dari nama seorang Albert E. Cobo yang dikenal sebagai Detroit pada tahun 1950-1957. Gedung itu sendiri dirancang oleh Gino Rossetti dan dibuka pada tahun 1960. Kemudian gedung diperluas pada tahun 1989, dengan luas 220.000 m2 dengan luas 67.400 m2 untuk ruang pameran.

Bangunan ruang pameran ini berdekatan atau menyambung dengan gedung Joe Louis Arena dimana perusahaan Ford secara resmi meluncurkan mobil terbarunya, Ford Fusion 2013 pada hari Senin, 9 Januari 2012 yang lalu. Ya, SL.com beruntung masuk kedalam dua gedung tersebut untuk mengikuti rangkaian acara yang digelar oleh Ford Motor Company.

Nah, sewaktu SL.com tiba di Cobo Center pada hari Senin tersebut, jam masih menunjukkan sekitar pukul 07.00 pagi. Suasana alam yang indah, yaitu sunrise (matahari terbit) terlihat dengan jelas dari jendela ruangan W1-54. SL.com tak melewatkan keindahan alam ini, dan belakangan diketahui ternyata Cobo Center terletak di samping Riverfront Internasional Detroit.

Pemandangan dari jendela ruangan meeting COBO menghadap sungai sebagai perbatasan USA-Canada. Photo by SL.com

Oh ya.. di bagian depan Cobo Center terlihat sebuah patung perunggu dengan sosok Joe Lous yang dikenal sebagai seorang petinju kelas berat yang dibesarkan di Detroit. Sedangkan di lorong sekitar ruangan W1-54 terlihat berbagai plakat para olahragawan terkenal asal Amerika. Jelas disini terlihat pengakuan dan penghargaan kepada para olahragawan, dan mereka diberikan pelakat untuk dikenang sepanjang masa.

Sejak 1965, acara terbesar yang diselenggarakan di Cobo Center adalah pameran mobil kelas dunia dimana seluruh merek terkenal ikut berpatisipasi dalam ajang The North American International Auto Show (NAIAS) yang digelar setiap tahun pada bulan Januari. Pameran mobil ini merupakan ajang bergengsi yang mampu ribuan pengunjung, ratusan pers internasional dibidang otomotif.

Menurut info, tanggal 5 Januari 2012 yang lalu, pihak penyelenggara NAIAS dan Cobo Center telah menandatangani kontrak untuk 5 tahun kedepan dan kabarnya ini belum pernah terjadi sebelumnya dimana Cobo Center sebagai tuan rumah pameran mobil NAIAS di Detroit sampai tahun 2017 mendatang.

Cobo Center juga dikenal sebagai rumah bagi Detroit Pistons 1961-1978. Kemudian beberapa gelaran dan konser besar pernah digelar, antara lain The Doors, Jimi Hendrix, Rolling Stones, The Who, Bruce Springstein, Kid Rock dan banyak lainnya. Selain itu, untuk gedung Joe Louis Arena juga sering dipakai sebagai tempat pidato presiden, tempat pertandingan tinju, gulat, ice skating, roller derby dan upacara wisuda.

Setiap Presiden AS yang pernah menjabat sejak tahun 1960, antara lain Dwight D. Eisenhower, John F. Kennedy, Lyndon B. Johnson, Richard M. Nixon, Gerald R. Ford, Jimmy Carter, Ronald Reagan, George Bush, William J. Clinton dan George W. Bush setidaknya pernah menghadiri acara di Cobo Center. Sebelum menjadi Presiden, Barack Obama pun pernah mengunjungi Cobo Center.

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

3 thoughts on “Cobo Center Detroit Michigan USA

  1. […] Serikat. Ya, inilah salah satu keberuntungan SL.com melihat acara peluncuran Ford Fusion 2013 di Joe Louis Arena-Cobo Center Detroit Michigan USA hari Senin, 9 Januari 2012 yang […]

  2. […] Kendaraan-kendaraan berikut akan ditampilkan pada lantai 2 stand Chevrolet di Cobo Hall. […]

  3. […] terbesar di Amerika Serikat, North American International Auto Show (NAIAS) 2013 siap digelar di Cobo Hall Detriot Michigan mulai hari Senin 14/1 s/d 27/1. Salah satu kendaraan yang ditunggu-tunggu adalah kehadiran mobil […]

Leave a Reply