Lagi, 59 unit motor sebagai donasi AHM

18 November 2011. Untuk yang kesekian kalinya dalam rangka pengembangan pendidikan khususnya Teknik Sepeda Motor (TSM), PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan bantuan 59 unit sepeda motor Honda ke beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang otomotif di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Demikian siaran pers yang diterima redaksi SL.com (18/11). 

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Plant I AHM – Sunter Jakarta Utara pada Kamis, 17 November 2011 secara langsung kepada para kepala sekolah atau wakilnya untuk dibawa ke institusinya masing-masing. Bantuan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari AHM di bidang pendidikan yang dilakukan tahun ini.

Kristanto, Head of Corporate Communication PT AHM mengatakan dengan bantuan unit sepeda motor ini perusahaan berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang terkait dengan teknologi di bidang otomotif roda dua. Keterampilan para siswa diharapkan akan meningkat sesuai dengan perkembangan teknologi terkini di industri sepeda motor.

“Kami berharap dapat ikut memberikan bekal yang lebih baik sehingga para lulusannya diharapkan akan lebih siap masuk ke dunia kerja,” katanya.

Bantuan unit sepeda motor sebagai sarana praktek ini mendapat sambutan yang baik dari SMK yang menerima karena dinilai mampu memenuhi kebutuhan sarana praktek untuk workshop/laboratorium TSM.

Sekolah kejuruan khususnya jurusan TSM saat ini berkembang cukup pesat karena dianggap mampu untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja. Perkembangan SMK Jurusan TSM yang sangat pesat ini disambut baik oleh AHM dengan menggandeng beberapa SMK untuk menjadi mitra dalam meningkatkan skill para siswanya terutama untuk sepeda motor Honda.

Saat ini AHM telah menggandeng SMK Jurusan TSM di 6 Sekolah di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Bentuk kerjasama yang dilakukan berupa pengembangan kurikulum, Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan membangun workshop/laboratorium sepeda motor Honda. Program ini akan terus dikembangkan secara bertahap ke sekolah-sekolah di wilayah Indonesia lain.

“Setiap SMK Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) idealnya memiliki sarana praktek yang memadai untuk menunjang kebutuhan siswanya. Kami berharap dengan bantuan ini dapat berkontribusi dalam menyiapkan siswa untuk memiliki keterampilan dasar yang memadai di bidang otomotif,” ujar Kristanto.

Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan saat ini gencar mempromosikan SMK sebagai alternatif pendidikan tingkat menengah yang mampu menghasilkan lulusan siap kerja.

Sepanjang tahun 2011, AHM telah mendistribusikan bantuan secara keseluruhan berjumlah 89 unit motor. Selain disumbangkan untuk SMK, AHM juga mendonasikan sebagian motor untuk penelitian dan pengembangan pengetahuan otomotif di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Institut Teknologi Bandung. Jenis motor yang didonasikan mewakili tipe produk terakhir sepeda motor Honda yang dijual di Indonesia saat ini, mulai tipe sport, cub (bebek) dan skutik.

One thought on “Lagi, 59 unit motor sebagai donasi AHM

  1. Salut Buat Honda yang bisa membuat program yang bermanfaat bagi banyak orang. Semoga Honda semakin jaya kedepan!!!

Leave a Reply