Petaka Bautista di MotoGP 2011 Valencia

6 November 2011. Sapu bersih bukan untuk kemenangan, tapi malapetaka buat 3 pembalap yang semula percaya diri menyelesaikan 30 lap MotoGP 2011 Valencia, sekaligus ajang “Marco Simoncelli Tribute” mengenang tewasnya pembalap Marco Simoncelli #58. Nah.. kali ini petaka yang dibuat oleh Bautista sempat bikin geram banyak pihak. Seperti apa ceritanya?

Baru saja balapan MotoGP 2011 Valencia dimulai, memasuki tikungan pertama, terlihat Alvaro Baustisa (19) dari Rizla Suzuki terjatuh. Akibatnya motornya yang terjatuh bergerak kekanan dan menyentuh Valentino Rossi (46) yang secara spontan Rossi pun menyenggol Randy De Puniet (14) dan De Puniet pun secara reflek juga menyenggol Nicky Hayden (69) di sisi kanan luar.

Ya, ini merupakan MotoGp Valencia 2011 yang paling apes, dimana ada tiga pembalap MotoGP yang tak bersalah menjadi korban dari petaka Bautista dan semua pembalap yang jatuh tersebut tak bisa melanjutkan balapan, termasuk Bautista sendiri. Adalah konyol kalau Bautista sampai melanjutkan balapan dan meninggalkan korbannya yang sudah terkapar.

Kalau mau disimak, gaya jatuh Bautista yang melepaskan motornya ketika terjatuh, memang bikin pembalap yang lain ikut terjatuh. Hal ini sangat beda dengan gaya Alm. Marco Simoncelli yang tetap mempertahankan motornya walaupun sudah jatuh dan membawa motor masuk ke racing line. Ya, so pasti disini ada pro kontra soal gaya pembalap bagaimana harus terjatuh, yang pasti ada korban.

Yang pasti balapan MotoGP Valencia sebagai penutup musim tahun 2011 menjadi duka bagi Ducati Team. Dua pembalap Ducati langsung masuk garasi, apalagi aksi Rossi sudah ditunggu oleh penonton untuk membawa kemenangan demi rekannya yang sudah tewas #58. Lagi-lagi nasib buruk Rossi terjatuh dan tak menyelesaikan balapan di musim 2011.

Mau tau apa kata pembalap Randy De Puniet (14) yang dikutip dari newsletter PramacRacing.com?

“I’m angry, disappointed, and sorry. This has really been an unfortunate season. Bautista’s fall caused my crash and three other crashes. I was convinced that I would’ve had a good race. I wanted to end this season in the best way possible. It was a pleasure to be Capirex’s teammate in his final season.”

Btw.. selamat buat pembalap Casey Stoner yang meraih gelar ke-dua sebagai “The World Championship MotoGP 2011”. Lihat foto Stoner, Repsol Honda yang menang tipis atas Ben Spies, Yamaha Factory menjelang garis finish di MotoGP Valencia.

Please follow and like us:

Leave a Reply