Daigo Saito Juara Formula Drift Indonesia

30 Oktober 2011. Drifter Daigo Saito dari Team Spark Motorsports menjadi pemenang pertama di ajang “Achilles Formula Drift Indonesia 2011” yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta hari Minggu (30/10). Ia memenangkan USD 10.000 hadiah total sebesar USD 25.000 yang merupakan hadiah terbesar dalam sejarah Formula Drift Asia.

Kemenangan Daigo Saito ini mengikuti kemenangan yang sebelumnya di Singapura pada bulan Juni 2011 yang lalu. Ini merupakan kemenangan beruntun untuk tim Saito yaitu Spark Motorsports, dengan menangnya sang pembalap Jepang tersebut dan memimpin klasemen tim musim ini dengan poin sebanyak 166.45 poin.

Kompetisi hari ini dipenuhi dengan penonton lokal yang bergairah dan untuk pertama kalinya kejuaran ini disiarkan secara langsung oleh ESPN dan Global TV yang disaksikan oleh jutaan permirsa di lebih dari 20 negara pada klasifikasi TOP 8 yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah Formula Drift Asia.

Dalam dua hari kompetisi yang berlangsung secara ketat dibawah teriknya matahari dan awan mendung, Daigo mempertunjukkan konsistensi dan presisi tingkat tinggi dalam mengontrol mobilnya untuk menaklukkan lintasan yang menantang. Berhadapan secara ketat dengan M.R Armando yang dikenal sebagai Dido di final, Daigo memimpin perolehan poin dalam pertarungan tandem, meninggalkan dan menempel ketat mobil Armando yang mengundang tepuk tangan gemuruh para penonton.

Di putaran kedua Daigo membuntuti dengan semangat dan membuat perbedaan yang sangat tipis yang pada akhirnya membuat sang pembalap Indonesia tidak berkutik dan Daigo menjuarai kemenangan pertamanya di Indonesia dengan mutlak.

Mengomentari kejuaran ini, Daigo berkata, “Senang sekali saya dapat menjuarai Formula Drift di Indonesia yang pertama kali. Dua hari ini telah menjadi hari yang sangat berkesan dengan track baru di Negara yang baru bagi Formula Drift dan para penonton begitu bersemangat. Ini sungguh menakjubkan rasanya memenangkan kedua putaran pertama di tahun ini, dan saya berencana untuk mengejar kedua putaran berikutnya di Malaysia dan Thailand bersama tim Spark Motorsports.”

Pembalap andalan Indonesia Armando berharap untuk membawa penampilan yang sama pada putaran berikutnya pada Formula Drift Asia Championship, yang akan berlangsung di Malaysia pada bulan November nanti yang kemudian diikuti dengan putaran terakhir seri ini di Thailand pada Februari tahun depan.

Armando berkomentar, “Saya ikut kejuaran ini dengan harapan untuk menang namun saya cukup puas dengan posisi sekarang ini. Tidaklah memalukan untuk kalah dari seorang seperti Daigo, yang biasanya mengikuti kompetisi D1 melawan pembalap kelas dunia lainnya. Sangat membahagiakan untuk menduduki peringkat kedua di Formula Drift Indonesia yang pertama. Saya harap saya telah membuat para penggemar bangga.”

Daychapon Toyingcharoen dari Thailand memenangkan peringkat ketiga atas pembalap Indonesia Rio Saputro Budihardjo dari GT Radial Drift Team.

Toyingcharoen berkata, “Formula Drift Asia adalah kejuaran yang fenomenal dengan pembalap-pembalap yang sangat ahli dan kompetitif. Saya berharap untuk mendapatkan banyak kesempatan untuk bertarung melawan mereka dan meningkatkan kemampuan saya.”

Rio dari Indonesia mengomentari, “Sungguh kecewa rasanya tidak menduduki posisi tiga besar namun saya senang karena telah mempersembahkan yang terbaik dan berkompetisi di tanah air saya sendiri.”
Pembalap-pembalap Indonesia tampil dengan memukau, dengan 5 pembalap lokal masuk dalam klasifikasi TOP 8. Pembalap dan penggemar sangat menikmati udara yang sejuk dan lebih bersahabat dibandingkan dengan cuaca hari kemarin yang sangat terik.

Penggemar drifting sekali lagi disuguhi tontonan kelas dunia yang memamerkan keahlian drifting yang luar biasa. Dengan suara mesin yang meraung-raung dan bau sengit ban yang terbakar aspal, para penonton turut bersorak menyemangati pertarungan tandem yang dimulai dari pagi hari.

Tidak seperti kualifikasi kemarin yang berdasarkan pada pembalap secara individu, format hari ini adalah pertarungan drift tandem yang mana para pembalap melakukan dua putaran secara tandem yang masing-masing pembalap bergiliran untuk memimpin dan bertarung untuk meraih poin tertinggi pada dua putaran tersebut.

Pembalap dinilai dari style, speed dan kemampuan untuk mempertahankan sudut drifting selama mereka mampu. Pertarungan berlangsung secara ketat dan menegangkan, dengan pembalap saling berkejaran dan mendorong sampai batas titik kemampuan lawan, mencoba untuk lebih baik dari lawannya.

Achilles Asian Drift Series diakui sebagai kejuaraan balap tingkat tertinggi di Asia. Sebagai lanjutan dari putaran pertama di Singapura, Formula Drift Indonesia merupakan putaran kedua dan putaran ketiga akan diselenggarakan di Malaysia yang diakhiri dengan putaran final di Thailand. Rangkaian pertandingan berlangsung sejak bulan Juni 2011 hingga Februari 2012.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi kami http://www.formuladriftasia.com

Daftar Pemenang:

1. Daigo Saito, Spark Motorsports
2. M.R. Armando, Achilles Drift Indonesia Team
3. DaychaponToyingcharoen, Red Bull Drift Team Thailand
4. Rio SaputroBudihardjo, GT Radial Drift Team

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

2 thoughts on “Daigo Saito Juara Formula Drift Indonesia

  1. […] November 2011. Suasana arena mall “Achilles Formula Drift Asia 2011” di Parkir Barat JIExpo Kemayoran, Jakarta hari Minggu (30/10) boleh dibilang ramai, pasalnya […]

  2. […] international telah sukses digelar, dan kemenangan diraih oleh drifter Daigo Saito asal Jepang (artikel ini). Selain menampilkan aksi drifting yang memukau, seperti biasa lokasi drifting JIExpo Kemayoran, […]

Leave a Reply