Daigo Saito Merajai Tahap Kualifikasi

30 Oktober 2011. Event drifiting “Achilles Formula Drift Indonesia 2011” presented by Mahkota Promotion dimulai dengan spektakuler, ditandai dengan pembalap Jepang Daigo Saito dari tim SPARK Motorsports yang memimpin tahap kualifikasi hari Sabtu (29/10). Puncak ajang drifting kelas internasional ini digelar hari Minggu (30/10) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Pembalap lokal Demas Agil Ramadani dari GT Radial Drift Team menempati posisi kedua, sedangkan pembalap Muhammad Hermawan dari Achilles Drift Indonesia Team menduduki posisi ketiga. Keduanya unjuk keahlian dalam menaklukan sirkuit yang sulit dan rumit tersebut.

Saito mendapatkan penilaian terbaik sebesar 92.5 poin dan menduduki peringkat teratas klasemen dengan kelihaian dalam mengendalikan mobil. Pembalap lokal juga tidak mau kalah dalam memamerkan keahliannya, terbukti dengan adanya 18 pembalap Indonesia yang akan berlaga di kejuaraan esok hari.

Demas Agil dan M. Hermawan berharap akan kembali menunjukkan penampilan ciamik mereka pada kejuaraan besok dan kemudian masuk ke babak final. Demas Agil mengkomentari putarannya hari ini:

“Sangat menggembirakan sekali untuk berlaga di Formula Drift yang pertama kalinya di tanah air sendiri, dihadapan seluruh pentonton yang bersemangat. Ini memberikan energi untuk saya dan semua pembalap Indonesia lainnya untuk menampilkan yang terbaik.”

“Mengenai peluang saya esok hari, saya akan melakukan yang terbaik meski saya akan berhadapan dengan beberapa pembalap yang sulit untuk ditaklukan. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin dan berharap yang terbaik.”

Para pembalap yang berlaga hari ini sungguh beruntung karena meski cuaca panas tapi langit cerah akibat hujan deras kemarin malam. Dan lintasan yang kering sebenarnya menambah dimensi yang berbeda pada sesi kualifikasi.

Namun suara gemuruh mesin yang menggelora dan bau ban-ban yang terbakar justru semakin menambah gairah para penonton di JI Expo Kemayoran untuk menyemangati para pembalap dunia berlaga, yang pada kualifikasi ini dipangkas menjadi 32 pembalap untuk saling berhadapan pada kejuaraan hari kedua.

Pembalap ternama seperti Ken Gushi, Saranon Pornpatanarak, Kiki Sak Nana dan tentu saja Daigo Saito masih berada dalam jajaran 32 nama tersebut, besok pasti akan menjadi balapan yang sangat dinantikan.

Selain disuguhi dengan balapan yang mendebarkan sepanjang hari, para penggemar juga dihibur oleh selebritis Indonesia yang tergabung dalam Celebrity Drifter unjuk kebolehan adu drifting oleh Vicky Nitinegoro, SamualRiza, Raffi Ahmad, Rayi RAN, IbnuJamil dan Okan Cornelius.

Dan untuk menambah kegairahan esok hari, besok akan ditayangkan siaran langsung yang pertama kalinya mulai dari klasemen Top 8 di layar ESPN dan Global TV, yang akan menjangkau jutaan pemirsa di lebih dari 20 negara pada hari Minggu 30 Oktober, dimulai dari pukul 13.30 – 16.00 WIB. Tidak untuk dilupakan adalah hadiah terbesar sepanjang sejarah kejuaraan Asian Drift Series, yaitu hadiah berupa uang sebesar USD 25.000!

Hari Sabtu kemarin, gelaran dibuka dengan sesi latihan para pembalap untuk mempelajari sirkuit JIExpo Kemayoran dan mengasah kepiawaian mereka untuk menaklukkannya. Kompetisi ini terbilang sulit untuk dikuasai dengan adanya lintasan baru dengan dinding beton di awalnya, yang mana menuntut keahlian dalam inside dan outside clipping points, juga keahlian dalam berganti jalur dengan kecepatan tinggi yang membuat pembalap harus menjaga momentum kendaraan sepanjang putaran berlangsung.

Kemarin, diberlakukan sistem penilaian baru yang lebih condong pada style daripada kecepatan/speed, menitik beratkan pada angle, line dan overall impression dengan total 30 poin pada masing-masing penilaian. Poin untuk speed sendiri diturunkan menjadi 10 poin, membuka peluang lebih besar bagi para pembalap untuk memamerkan bakat dan kreativitas mereka di belakang kemudi.

Program untuk hari Minggu akan dimulai pada pukul 10.00 – 12.30 WIB yang akan menampilkan 32 pembalap berkompetisi untuk menempati posisi 16 besar. Kemudian dilanjutkan dengan Round of 16 dan Final 4 pada pukul 13.30 – 16.00 WIB. Keempat pembalap yang masuk dalam jajaran Final 4 nantinya akan berjuang memperebutkan gelar tertinggi pada Achilles Formula Drift Indonesia 2011.

Selain gelar juara, para pembalap juga akan berseteru dalam untuk memenangkan hadiah terbesar sepanjang sejarah kejuaraan Asian Drift Series, yaitu hadiah berupa uang sebesar USD 25.000.

Achilles Asian Drift Series diakui sebagai kejuaraan balap tingkat tertinggi di Asia. Sebagai lanjutan dari putaran pertama di Singapura, Formula Drift Indonesia merupakan putaran kedua dan putaran ketiga akan diselenggarakan di Malaysia yang diakhiri dengan putaran final di Thailand. Rangkaian pertandingan berlangsung sejak bulan Juni 2011 hingga Februari 2012.

Tiket tersedia di pintu utama dengan perincian tiket Walkabout seharga IDR 25,000 dan tiket Grandstand seharga IDR 150,000. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website resmi kami http://www.formuladriftasia.com

Please follow and like us:

Leave a Reply