Tips Mobil Irit Bensin Dari Ford Fiesta

4 November 2011. Banyak yang kurang percaya, jika bahan bakar bensin Ford Fiesta tergolong irit. Hal ini dapat dibuktikan melalui ajang “Ford Fiesta Fuel Efficiency Challengge 2011” dengan rute Jakarta-Semarang (hasil akhir) yang melibatkan jurnalis otomotif, termasuk SL.com yang ikut sebagai salah satu peserta. Apa sih tips dan trik bikin mobil jadi irit? Mau tau? 

Dari beberapa sumber dapat diperoleh tips dan triks mengemudi mobil effisien, antara lain:

1. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.
2. Set tekanan ban sesuai panduan di owner guidance, direkomendasikan menggunakan jenis nitrogen.
3. Gunakan Bahan Bakar dengan kualitas yang baik (rec: RON 95).
4. Hindari membawa barang bawaan yang berlebihan.
5. Kurangi beban engine.
6. Jangan menggunakan AC secara berlebihan.
7. Effisien dalam penggunaan komponen elektrik (Klakson, Lampu foglam, Audio).
8. Kurangi beban kendaraan seminim mungkin.
9. Tidak melakukan akselerasi dan pengereman secara mendadak.
10. Usahakan untuk mendapatkan kecepatan konstant.
11. Konsistent menjaga putaran mesin (1500-2000 RPM).
12. Gunakan daya dorong mobil untuk menghemat pemakaian bahan bakar.
13. Optimalkan petunjuk di Mutli Information Display (MID) untuk melakukan koreksi cara mengemudi.
14. Tutup kaca jendela pada saat kecepatan tinggi untuk mengurangi hambatan aerodinamis pada kendaraan.
15. Pada saat berhenti semetara (lampu merah, orang menyebrang), jangan menginjak rem terlalu dalam/berlebihan..
16. Optimalkan Fungsi ESP dalam melakukan manuver di jalan raya.
17. Hindari penggunaan Engine Brake secara berlebihan.
18. Matikan kendaraan apabila tidak diperlukan – mesin yang menyala saat kendaraan berhenti tetap menggunakan bahan bakar.
19. Servis kendaraan anda secara berkala, sesuai petunjuk buku panduan pemilik kendaraan – contoh, keselarasan ban, penggantian filter sesuai rekomendasi.
20. Jaga emosi dalam berkendara.

Ya, bicara soal mobil hemat bahan bakar, adalah tergantung dari pada manusia (driver), karena pikiran, emosi dan perilaku (habit) sang-pengemudi sangat menentukan mobil bisa effisien. Selain itu sangat ditentukan dengan environment berupa kondisi jalan, apakah jalanan yang dilewati banyak macetnya, sering bermain gas dan rem, atau melewati jalan rusak, tanjakan, turunan dan sebagainya.

Teknologi Ford Fiesta

Terlepas dari faktor dan kondisi diatas (manusia dan environment), tentu saja teknologi mobil harus diketahui dengan benar. Bagi mereka para pemilik Ford Fiesta tentunya sudah memahami lebih dalam tentang keunggulan Ford Fiesta, antara lain:


Kinetic Design Fiesta:

Yaitu memiliki garis dan lekuk kinetik. Body Ford Fiesta memang telah di disain membelah aliran udara sehingga mengurangi hambatan selama perjalanan. Selain itu, Fiesta memiliki Front Grill yang berbentuk trapesium untuk memberikan pendinginan yang optimal selama perjalanan.

Engine Technology:

Fiesta memiliki Ti-VCT (Twin Intelligent – Variable Camshaft Timing) dimana kedua katup In & Out dapat di adjust secara otomatic dan disesuaikan dengan putaran engine dan kecepatan mobil. Hal ini untuk memberikan dampak optimalisasi bahan bakar yang dikeluarkan.

Fiesta juga memiliki APP (Accelerator Pedal Position Sensor) yang berguna untuk Accelerator Pedal mapping sensor.

Fiesta memiliki transmisi dengan Powershift 6 Speed didukung dengan Dual Dry Clucth. Hal ini akan memberikan fleksibilitas untuk beradaptasi dengan beragam kondisi, termasuk stop and go, serta memiliki keistimewaan dalam akselerasi menengah (40 kmph ke 80 kmph).

Selain itu Fiesta memiliki fitur Dual Clutch Manual Automated Transmission, serta memiliki efisiensi kinerja transmisi manual, dengan tingkat kenyamanan transmisi automatic. Perpindahan gear yang sangat cepat (0.1 detik) karena ada 2 buah clutch yang bergerak secara bersamaan.

Bagian ini sangat penting diketahui oleh pengendara Fiesta khususnya yang punya transmisi AT. Pengemudi cenderung untuk menekan gas dalam, dan membiarkan RPM mesin tinggi dan perpindahan gear secara otomatis. Tapi, Fiesta punya teknik perpindahan gear ala manual, dimana injakan kaki pengemudi dipedal bisa diperlemah dulu, dan setelah itu tekan gas lagi maka perpindahan gear terjadi. Cara ini ibarat transmisi manual, dimana setiap injakan gas akan selalu diangkat dulu ketika mau melakukan perpindahan gear.

Sistim kemudi Ford Fiesta adalah Rack & Pinion dengan EPAS (Electric Power Assist Steering) yang hanya bekerja saat dibutuhkan sehingga mengurangi beban mesin. Hal ini akan berdampak secara tidak langsung terhadap konsumsi bahan bakar.

Please follow and like us:

One thought on “Tips Mobil Irit Bensin Dari Ford Fiesta

  1. Ford fiesta 1.4 sangat borossssss

Leave a Reply