20 Menit Proses SIM Internasional di Gedung Korps Lalu-Lintas

26 Oktober 2011. Hanya butuh 20 menit proses pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi) International. Demikian pengalaman baru dari SL.com bersama rekan-rekan wartawan otomotif hari Senin (17/10) yang punya rencana mau ke Thailand. Dengan biaya Rp. 250 ribu, dan melengkapi semua persyaratan administrasi, maka SIM Internasional selesai. Dimana lokasi-nya? 

Pemohon langsung saja menuju gedung KORPS LALU LINTAS POLRI BidRegident Subbit Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional, Jln. M.T HARYONO KAV 37-38 JAKARTA SELATAN 12770 Telp: 021-7948437.

Loket pembuatan SIM Internasional berada dibagian belakang, atau satu gedung dengan NTMC (National Traffic Management Center). Hanya saja, setiap pemohon harus lebih dulu mendaftar dengan cara mengambil nomor urut elektronik diruangan tunggu NTMC. Hitungan proses 20 menit tadi tidak termasuk dengan waktu menunggu antrian masuk, tapi hanya proses pembuatannya saja.

Apa saja yang harus dibawa? Yang paling penting adalah membawa dokumen passport asli, serta KTP dan sebaiknya disiapkan lembaran fotokopi-nya masing-masing satu. Tak lupa membawa pas foto berwarna dengan latar belakang biru, ukuran 4X6 sebanyak 3 lembar. Oh ya.. jangan lupa bawa materai Rp. 6 ribu yang diperlukan untuk mengisi Surat Permohonan SIM Internasional.

Biaya administrasi Rp. 250 ribu untuk SIM baru, dan Rp. 225 ribu untuk perpanjangan. Masa berlaku SIM hanya satu tahun saja! Sedangkan penggolalongan terdiri dari golongan A Sepeda Motor, B Sedan Minibus tidak lebih 3500 KG, C Angkutan Barang sampai 3500 KG, D Angkutan Penumpang Sampai 8 Kursi, dan E Kombinasi dari Golongan B dan/atau C dan/atau D tetapi tidak termasuk dalam kategori yang telah ditentukan.

Pengalaman media online SL.com hanya untuk Golongan B dan memang tidak perlu menunggu lama, bahkan sangat mudah untuk proses pembuatan SIM Internasional tersebut. Dalam waktu dekat ini, pas foto akan diproses ditempat, karena sudah terlihat perangkat kamera foto yang sudah disiapkan, sehingga nantinya pemohon tak perlu lagi membawa pas foto dari rumah.

Sekilas NTMC (National Traffic Management Center)

Dengan sisa waktu yang ada, beruntung SL.com dapat melihat dari dekat suasana kerja operator NTMC. Dari obrolan dengan Bapak Herry Priyatno, Perwira Kanit 1 NTMC diperoleh informasi bahwa NTMC bekerja selama 24 jam penuh, memantau 209 CCTV yang tersebar dari Lampung sampai Bali dan juga Kalteng. Kemudian NTMC juga memantau link CCTV DKI sebanyak 97 unit, dan CCTV PJR sebanyak 57 unit.

Informasi lainnya: http://www.lantas.polri.go.id/

ALBUM PHOTO

3 thoughts on “20 Menit Proses SIM Internasional di Gedung Korps Lalu-Lintas

  1. andaikan di NTMC sudah bisa memproses Carnett shingga tidak perlu ke IMI lagi..

  2. Hanay di Indonesia SIM berlaku setahun. DI negara barat, berlaku seumur hidup..250,000 rp, tidak murah.. hanya demi gemukan kantong koruptor

Leave a Reply