Test Drive Subaru Forester di Batam

1 November 2011. Ketika artikel ini ditulis mengingatkan SL.com diajang “Subaru All Wheel Drive Experience 2010” di Sirkuit Sentul tanggal (21/10/10) atau setahun yang lalu. Semua varian Subaru telah diuji coba di Sirkuit Sentul tersebut, dan kali ini SL.com dapat kesempatan test-drive Subaru Forester dan Subaru Impreza hari Jumat (14/10/11) di Batam. 

Loh koq test-drive di Batam? Kebetulan saja Subaru Motor Image melalui perusahaan PT TC Subaru and/or PT Motor Image Indonesia Motor baru saja membuka Showroom Subaru Batam dengan 3S (Sales, Service dan Spare-Parts) di  Komplek Mahkota Raya Batam Center.

SL.com melihat pembukaan showroom tersebut, dan agenda dilanjutkan dengan acara test drive AWD (All Wheel Drive) Subaru, antara lain test drive Subaru Legacy 2.0i di jalanan kota. Namun yang lebih menantang adalah kesempatan test-ride Subaru All Wheel Drive di lintasan tanah liat, berlumpur menjadikan test-drive ini seperti di ajang off road, ataupun rally yang sesungguhnya.

Subaru Forester disebut juga sebagai kendaraan crossover, dan juga disebut sebagai SUV (sports Utility Vehicle) jenis wagon. Beruntung SL.com sudah pernah menjajal mobil SUV Subaru Forester di lintasan balap Sirkuit Sentul Bogor, bahkan SL.com pun ikut dalam perlombaan slalom-test Forester dengan hasil juara ke-tiga (lihat artikel ini).

Jadi, sudah tak heran bagi SL.com dengan kehebatan mobil Subaru ini yang sangat lincah, gesit, powerful dan kali ini dibuktikan melalui jalur lintasan yang lebih ganas, tanah liat berlumpur.

SUV Subaru Forester hadir pada tahun 1997 yang terbentuk dari Impreza chassis. Kita ketahui Subaru Impreza sudah terkenal memiliki debut dan kepiawaian di balapan WRC (World Rally Championship). Forester pertama kali hadir di ajang Tokyo Motor Show 1995 sebagai mobil konsep, dan hingga saat ini Forester sudah berkembang dengan 3 generasi.

SUV Subaru Forester Crossover Wagon yang dijajal SL.com di Batam adalah kendaraan jenis Forester 2.0x E4-AT mengusung mesin DOHC dengan 16 katup, Horizontally-Opposed, 4-Cylinder, 4 Stroke. Subaru Forester ini memiliki kapasitas mesin 2000 cc (1994) dengan tenaga maksimum 150 ps/6000 rpm. Sedangkan torsinya 196 Nm pada 3,200 rpm.

Dengan platform Impreza, maka Subaru Forester ini terasa sangat nyaman seperti mobil sedan, namun tetap sporty walaupun dihajar dalam lintasan tanah liat berlumpur. Ketika meliwati tikungan berlumpur, mobil tetap stabil dan tetap bertahan di jalur, artinya mobil tidak selip sampai keluar jalur atau out.

Disinilah kelebihan dari mobil Subaru karena memiliki sistim All Wheel Drive (AWD) dimana ke-empat roda bisa bekerja sepenuhnya dengan traksi yang kuat agar mobil tetap seimbang dalam setiap medan yang dilewati.

Bagusnya Forester 2.0x E4-AT memiliki transmisi otomatis 4-speed dan transmisi ini bisa dipindahkan ke manual karena memiliki siteim sportshift (auto/manual). Ketika SL.com kurang puas dengan akselerasi transmisi otomatis, maka tongkat gear dipindahkan ke posisi manual. Wuih.. kecepatan SUV Forester pun langsung melaju pesat.

Sekilas Subaru Forester ini tampil sederhana, baik tampilan dari luar (exterior), maupun interiornya, tapi kelebihannya adalah memiliki teknologi yang canggih. Nah, mobil ini sangat pas buat mereka yang doyan adventure, kerja di lapangan, atau sebagai mobil keluarga untuk segala medan.

SUV Subaru Forester Crossover di Batam cukup diminati dan harga jualnya cukup kompetitif dengan harga jual resmi Subaru Batam senilai Rp. 290 juta dan ini berlaku secara khusus di Batam saja. Sebagai pilihan, tersedia Subaru Forester 2.5XT (2,500cc) dengan mesin turbocharger yang lebih powerfull dengan harga jual Rp. 335 juta dan ini juga berlaku hanya di Batam saja.

VIDEO

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply