Test Drive Subaru Legacy 2.0i di Batam

15 Oktober 2011. Usai pembukaan Subaru Batam di Komplek Mahkota Raya Blok D No. 9-12A, Batam Center, selanjutnya tamu VIP dan wartawan dapat kesempatan menjajal mobil sedan Subaru Legacy 2.0i Lineartronic CVT yang dijual di Batam dengan harga Rp. 290 juta. Mobil ini diperkenalkan kepada publik Jakarta disaat ajang IIMS 2011 (artikel ini).

Tak ketinggalan media online SL.com ikut pula merasakan mobil ini secara bergantian dengan 5 orang rekan-rekan wartawan Jakarta yang secara khusus diundang oleh Subaru hadir ke Batam. Dikawal oleh seorang co-driver wanita cantik dari Subaru Batam, SL.com melakukan ajang test-drive tersebut dari Mahkota Raya menuju kawasan wisata Ocarina. Wuih.. mantap!

Legacy 2.0i ini merupakan turunan atau adik dari Legacy 2.5 GT yang punya mesin garang turbocharger. Namun demikian, sedan Legacy 2.0i Lineartronic CVT ini berkapasitas 2-liter dan lebih dikenal sebagai model ketiga generasi terbaru dari Legacy yang diproduksi di Jepang untuk melengkapi tipe Legacy 2.5GT dan Legacy Outback 2.5i.

Legacy 2.0i ini sudah menggunakan mesin tipe DOHC dengan 16 katup, 4 silinder dan mampu menghasilkan tenaga 150Ps pada putaran 6000 rpm. Bahan bakarnya lebih efisien, dan mobil inipun telah memenangkan penghargaan keselamatan (safety award), dan merupakan mobil mid-range yang melanjuti line-up Subaru sebelum model SUV compact dirakit di Malaysia.

Merupakan ciri khas Subaru menampilkan fitur AWD (All Wheel Drive), horizontal-opposed Boxer engine, Lineartronic™ CVT (Control Variable Transmission), VDC (Vehicle Dynamics Control), dan dual front, side, curtain dan knee airbags. Hal tersebut merupakan fitur-fitur standar dari teknologi yang dimiliki Legacy 2.0i dengan kapasitas mesin 1,994 cc.

SL.com merasakan sedan sporty ini memang dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan dan kenikmatan kepada penumpang, serta didukung dengan interior yang sangat luas dan bagasi yang bisa yang berukuran luas. Yang pasti teknologi CVT memberikan kenikmatan tersendiri ketika mobil digas karena transmisi automatic 5 kecepatan, dan manual 6 speeed yang menghasilakn performa yang mantap.

Ketika giliran SL.com jajal ditrek lurus, mobil melaju dengan cepat dan stabil. Bagusnya saat memasuki putaran dekat dipintu gerbang Octarina, kecepatan hanya turun sedikit karena mobil sudah menggunakan symmetrical All-Whell Drive (AWD) atau penggerak semua roda sebagai ciri khas Subaru. Jadi, ketika melahap tikungan dengan kecepatan tinggi, mobil tidak out (membuang).

Ketika rem ditekan secara mendadak, terasa keamanan dan kestabilan dari mobil Legacy 2.0i ini berfungsi dengan baik. Pasalnya mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ventilated disc brakes untuk roda depan, dan disc brakes untuk roda belakang. Jelas, pengereman Legacy 2.0i jadi lebih stabil karena fitur rem yang sudah mumpuni.

Nah, untuk info selengkapnya silahkan lihat video yang ada di halaman ini, direkam ketika jurnalis Aji Sawaludin dari AutoCar dan SL.com sedang melakukan test-drive. Ikut serta dalam mobil tersebut jurnalis Reky Kalumata dari DapurPacu.com.

SPESIFIKASI SUBARU LEGACY 2.oi 

Ukuran & Berat

Panjang / lebar / tinggi (mm): 4730 / 1780 / 1505
Jarak roda (mm): 2750
Ukuran Ban: 205 / 60R16, 16 X 6” 1/2JJ
Berat (Kg): 1470

Mesin

Tipe: DOHC dengan 16 Katup, Horizontally-Opposed, 4-cylinder, 4-Stroke, Petrol Engine
Displacement (cc): 1994
Tenaga (Ps / rpm): 150 / 6,000
Tenaga Putar Kopling (Nm / rpm): 196 / 3,000
Kapasitas tangki bahan bakar (L): 65

Rangka Mobil & Suspensi

Jenis transmisi: Lineartronic CVT
Rem (Depan / Belakang): Ventilated disc brakes / Disc brakes
Suspensi (Depan / Belakang): Coil suspension, Tipe MacPherson strut

Tampilan Luar

Lampu kabut
Power-folding door mirrors with built-in LED turn signal
Side sill spoiler

Keamanan

4-sensor/4-channel ABS with EBD
ISO-Fix adapted child seat anchors (with tether anchors)
Safety brake pedal system
SRS front, side & curtain airbags (& knee airbag for driver only)

Kegunaan & Kenyamanan

Daya stop kontak 12 Volt (in centre console box)
Audio premium: 6 CD changer and 6 pengeras suara
Roda kemudi yang mudah disesuaikan (telescopic)
Dual zone automatic air-conditioning system with anti-dust filter
Cruise control

VIDEO

 

2 thoughts on “Test Drive Subaru Legacy 2.0i di Batam

  1. amir setiawan says:

    kayaknya subaru legacy sama honda accord berbagi satu platform ya…

Leave a Reply