AHM Open House: Get Insight with Blogger!

arantan-7105

15 Februari 2009. Terjawab sudah! Tidak ada yang mustahil bagi blogger! Mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk diungkapkan ketika penulis sebagai seorang blogger, pada akhirnya bisa juga berkunjung ke pabrik PT ASTRA HONDA MOTOR (PT AHM) bersama 15 orang rekan-rekan Blogger Indonesia pada hari Valentine, Sabtu 14 Februari 2009.

Dari dulu memang sih sudah punya tekad ingin berkunjung ke pabrik motor, tapi masalahnya tidak punya jalur. Pertanyaan sederhana: dengan cara apa bisa datang ke pabrik motor? Ikut rombongan sekolah? Sudah lewat masanya. Ikut studi tour mahasiswa? Juga sudah lewat masanya. Bersama komunitas/klub motor? Wah.. lewat jalur ini suka bikin bingung, apalagi kalau motornya tidak sama dengan ATPM yang dikunjungi. 🙂

Biasanya, orang yang “khusus” berkunjung ke ATPM (agen tunggal pemegang merek) adalah wartawan atau jurnalis yang memiliki kartu pers. Kemudian wartawan akan menuliskan berita dan mewartakan hasil liputannya melalui media cetak atau elektronik. Sebagai masyarakat biasa, tentunya segala informasi hanya bisa diperoleh melalui majalah atau koran dan media TV.

Beruntung, kini teknologi internet memberikan kemudahan dalam penyebaran informasi. Kini hampir semua lapisan masyarakat dan industri sudah membuka diri dengan hadirnya teknologi internet yang menyentuh semua kebutuhan  masyarakat yang haus dan lapar akan informasi. Bahkan, telepon genggam masa kini pun sudah harus dilengkapi dengan piranti internet.

Sejalan dengan perkembangan internet dan berjalannya waktu, maka tak ketinggalan, popularitas blogger sebagai penulis blog berbasis teknologi internet, yang bebas dan tidak terikat dengan sebuah media, semakin lama semakin disadari eksistensinya oleh beberapa kalangan.

Yang pasti Blogger sebagai “citizen jurnalism” kini terbukti sudah ikut berperan aktif dalam kancah “kontribusi informasi” yang begitu cepat, mudah dan praktis. Belum lagi tayangan foto-foto atau rekaman video yang bisa dipublikasikan sesuka hatinya blogger.

Pada pertengahan bulan Januari 2009, sebuah hal yang tidak disangka saat PT AHM mengontak dan membicarakan hal yang lebih khusus: apakah rekan-rekan blogger benar punya minat mau meliput, menulis, dan melihat sendiri secara langsung kegiatan pabrik PT AHM?

Kesempatan memang tak pernah datang dua kali. Apalagi buat kalangan blogger yang hobi menulis artikel roda-dua, rasanya memang perlu mengambil kesempatan berkunjung ke pabrik motor yang dipelopori oleh PT AHM ini.

Ternyata bagi PT AHM, kunjungan blogger ini adalah yang pertama kali diadakan. Selaku pabrik motor nasional, PT AHM menerima kehadiran para blogger datang ke pabriknya dengan tema “AHM OPEN HOUSE. Get Insight With Blogger. Cikarang 14 Februari 2009″.

Sebaliknya bagi kalangan blogger yang hadir, rupanya even ini juga yang pertama kalinya. Khususnya bagi blogger penulis artikel roda-dua, inilah waktu yang tepat untuk saling bertemu muka atau kopi-darat.

Nah, tentu saja moment ini dapat di manfaatkan secara positif sekaligus membentuk sebuah komunitas baru, yaitu KOMUNITAS BLOGGER OTOMOTIF INDONESIA (disingkat KoBOI).

Nantikan artikel berikutnya dengan cerita terkait, seputar kunjungan blogger ke pabrik PT AHM Plan 3 Cikarang. Siapa saja mereka dan pada ngapain sih.. 🙂

Please follow and like us:

22 thoughts on “AHM Open House: Get Insight with Blogger!

  1. Kita tunggu ulasannya lagi bro stephen.

  2. O pabrik yg di Cikarang toh… dulu waktu kecil saya suka kunjungan ke pabriknya yang di Sunter… sambil ikut Bokap yg kerja di TAM.

    Bro Stephen, kalau mau ikut KoBOI apa syaratnya? Terimakasih.

    salam,
    bengkelsepedamotor

  3. Wah bro stephen sekarang sedang senang untuk mengadakan acara bersambung terus nech

    Bro kapan tuh ulasan mengenai rakom di lanjutkan …

  4. klik http://www.andryberlianto.co.cc/ untuk liputan versi saya 🙂
    thanks all ………. jalan2 nya mantep, padahal ternyata deket ma rumah gue (bekasi timur) n motor ada di tebet jadi bolak-balik deh .. but it’s okay

  5. hmm.. fotonya yang lain mana bro 😉 … sebagian sudah saya posting niy di http://www.didiknh.co.cc, chek it yee ..

  6. haryowidodo says:

    tingal nunggu ajakan dari pabrik yang lain ya om… huhuhu

  7. iyeee setuju, ngarep banget deh hahaha ..

  8. Buat kalangan blogger yang sering menulis artikel roda-dua maupun kegiatan automotive, silahkan bergabung dengan KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia). Pendaftaran melalui milis [koboi@googlegoups.com] atau Group “KoBOI” di facebook. Syaratnya gampang, at least sudah punya blog sendiri, dan sudah sering menulis artikel seputar motor/mobil di-blognya.

  9. ardy_ibbc says:

    Semua blog pada nulis cerita yg sama nih… dahsyat emang si AHM ini… Strategi Jitu untuk merangkul para Blogger lebih dekat secara emosional dgn AHM… Nice Move Bro..!

    regards: http://www.indobbc.wordpress.com

  10. Cute Bikers says:

    Wah…..selamat Bro, akhirnya para blogger bisa berkunjung ke pabrik ATPM, dan buat kita2 yg belom pernah jd tau informasi lenkap yg lebih “gamblang” dan apa adanya, gak pake dibumbui sam dewan redaksi atau pap kek, ditunggu ulasan-ulansan selanjutnya Bro, biar kita semua selaku konsumen indonesia makin pinter….dan melek informasi….SUKSES KoBOI !!!!!

  11. @Cute Bikers,
    Even yang ada di artikel ini adalah salah satu “pilot project” atau langkah awal bagi bloggers Indonesia.
    Saya yakin untuk kedepannya, kehadiran bloggers akan semakin ramai ditengah industri yang semakin kompetitif, dan menjawab masyarakat yang butuh informasi terbuka.
    Terbukti betapa pentingnya kehadiran blogger yang selalu meng-kedepankan penyebaran informasi yang cepat, objektif dan akurat, tanpa ada pengaruh editorial dari pihak manapun.
    Susunan kalimat blogger boleh dibilang polos, berbeda dengan media cetak, tapi yang pasti media blogger sangat akurat karena didukung dengan foto-foto.

  12. Boleeeh dong ajak2 nich gue kalau ada event apa gitu…?

  13. […] Saya pun jadi teringat pada dua event penting yang saya alami langsung dengan Honda Blade, yang pertama ketika  saya berkunjung ke JMCS 2008 (Jakarta Motor Cycle Show), dan kedua pada kunjungan saya ke pabrik PT AHM Plant 3 di Cikarang (AHM Open House With Blogger). […]

  14. […] Nah, soal pengakuan AHM yang mengatakan bahwa blogger adalah teman, sebenarnya hal ini telah terbukti jika AHM sudah menjalin hubungan baik dengan blogger sejak pertemuan awal sekaligus kunjungan blogger ke pabrik PT AHM pada tanggal 14 Februari 2009. Info lengkap baca artikel “AHM Open House: Get Insight With Blogger.” […]

  15. […] dikalangan industri otomotif. Padahal KoBOI ini belum genap satu tahun, dideklarasikan usai acara AHM Open House, tepatnya tanggal 14 Februari 2009 […]

  16. […] Ini adalah awal yang baik dimana pabrikan otomotif AHM mau bertemu secara langsung dengan konsumen dan blogger yang kerap menulis artikel-artikel apa adanya. Pada pertemuan dengan PT AHM tersebut, lahir sebuah komunitas baru yang dideklariskan secara spontan, namanya KoBOI atau Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (lihat artikelnya di sini). […]

  17. […] Latar belakang KoBOI terbentuk pada saat saat kunjungan rekan-rekan blogger otomotif ke Pabrik Sepeda Motor PT Astra Honda Motor (AHM) pada tanggal 14 Februari 2009 lalu dengan tajuk “AHM Open House: Get Insight With Blogger”. […]

  18. […] perkunjungan ke pabrik tersebut di kelola langsung oleh perusahaan PT AHM dengan tajuk “AHM Open House: Get Insight With Blogger”. Saat itu adalah hari bersejarah bagi blogger otomotif, yaitu bisa berhadapan secara langsung […]

  19. […] kali ini jumlah pesertanya lebih banyak dibandingkan dengan kunjungan yang pertama kali pada 14 Februari 2009 (empat tahun yang lalu) yang hanya berjumlah 20 orang. Bahkan bisa disebut acara ini juga sebagai […]

  20. […] kali mengundang kalangan blogger untuk melihat pabrik Honda Cikarang Plant pada 14 Februari 2009 (artikel ini) dan mulai dari disitulah awalnya media blogger mulai diterima dan diakui oleh prinsipal Honda […]

Leave a Reply