Bensin Ford Fiesta Tembus 20 km/liter

8 Oktober 2011. Ajang kompetisi siapa yang paling effisien driving Ford Fiesta, akhirnya terjawab. Melalui acara PT Ford Motor Indonesia (FMI) bertema “Ford Fiesta Fuel Challenge Jakarta-Semarang 6 October 2011” diikuti oleh 5 unit Ford Fiesta Sport 1.6L AT terbaru, membuktikan Fiesta mampu melahap bensin Pertamax Plus JKT-SMG hanya 1 liter 20 km. 

Pengukuran ini diawasi ketat oleh empat orang staff Sucofindo yang bertugas sebagai pengawas dan penghitung, baik disaat pengisian BBM di Jakarta, maupun ketika peserta tiba di Semarang. Standard prosedur dan peraturan yang harus diikuti oleh setiap peserta cukup tinggi. Disini para peserta yang terdiri 10 orang jurnalis otomotif “menguji atas diri sendiri-nya,” yaitu mendapatkan cara driving mobil yang paling tepat dan effisien.

Jadi, bicara soal efisiensi yang ingin ditunjukkan oleh FMI sebagai prinsipal Ford Fiesta bukanlah hal rekayasa. Ini merupakan hasil pengetesan secara langsung oleh para jurnalis otomotif, termasuk media online SL.com ini yang turut serta ikut melintasi jalur panturan antara Jakarta sampai Semarang yang rawan macet di beberapa titik, serta kepadatan kendaraan truk.

Dari pihak Sucofindo menjelaskan bahwa cara pengukuran yang ditempuh adalah dengan menghitung jarak perjalanan di bagi bahan bakar yang digunakan oleh setiap peserta. Cara mengetahuinya, yaitu ketika mau start maka tangki BBM mobil diisi penuh dulu. Selanjutnya, ketika finish di kota tujuan maka tangki BBM mobil tersebut diisi penuh lagi. Dengan cara sederhana ini maka kita sudah bisa mengetahui jumlah BBM yang dipakai.

Perjalanan Jakarta-Semarang tidak dilakukan dengan konvoi, karena setiap peserta harus menyesuaikan diri sesuai dengan irama cara mengemudi di masing-masing mobilnya. Namun secara rata-rata perjalanan Jakarta (SPBU Tebet) hingga Kota Semarang (SPBU Pandanaran) ditempuh rata-rata 9,5 jam,  jarak rata-rata 410 km, kecepatan rata-rata diatas 65 km/jam.

Hitungan tersebut sudah termasuk kemacetan di beberapa titik, dan perhentian lampu merah di kota Semarang yang ketika itu lagi waktunya jam pulang kerja hari Kamis sore (6/10). Pada pengujian ini, setiap peserta diwajibkan mengikuti aturan mainnya, antara lain fitur pendingin udara disetel sama dan disegel, power window disegel, hingga tangki bensin dan pentil disegel sehingga peserta tidak bisa mengutak-utik.

Dalam acara penutupan di hari Jumat siang (7/10) yang berlangsung di Restaurant Rumah Keboen, di Jl. Veteran Semarang turut hadir Managing Director PT Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto. Ia pun sekaligus memberikan sambutan penutup, sekaligus membagikan hadiah 2 unit iPad kepada pemenang peserta no. 4 (daftar hasil pengujian).

Dalam kata sambutan penutup, Bagus berujar bahwa “Fiesta selama ini dikenal sebagai mobil yang punya banyak fitur yang canggih. Namun, kita juga mau membuktikan kalau Fiesta ini juga memiiki teknologi hemat bahan bakar. Kami ucapkan terima kasih kepada Sucofindo yang sudah mengawasi dan menghitung lima unit Fiesta tanpa ada rekayasa,” ujar Bagus Susanto.

Jenis mobil yang digunakan dalam ajang Fuel Efficiency Challenge ini, adalah mobil baru Ford Fiesta 1.600 cc Duratec DOHC, Ti-VCT 16 katup dengan harga jual Rp. 221 juta (OTR DKI Jakarta). Spesifikasi mesin memiliki tenaga maksimal 120 dk pada 6.000 rpm,  torsi 152 Nm di 4.050 rpm yang disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed dengan PowerShift Electronic Dual Clutch.

Fitur teknologi Ford Fiesta ini termasuk lengkap, antara lain memiliki voice command yang mampu memberi perintah hanya dengan suara, piranti teknologi Bluetooth, USB dan Aux sebagai perangkat teknologi masa kini. Selain itu ada ABS, EBD, ESP, Traction Control, EPAS dan Dual Airbag sebagai piranti keamanan alias safety.

Tersedia 11 warna pilihan mulai dari Chili Orange, True Red, Highlight Silver, Black Mica, Cool White, Phantom Purple, Sparkling Gold, Metropolitan Grey, Aurora Blue, Icy Blue dan Phantom Blue.

SL.com berada di Fiesta nomor 1 warna putih. Sepanjang perjalanan dari Jakarta hingga Semarang, mobil tersebut dikemudikan oleh rekan jurnalis otomotif Bro Yos Kusuma dari Majalah High End, yaitu salah satu media cetak MNC Group. Hasil yang dapat ditempuh adalah 1:14. Not bad, yang penting puas bisa membuktikan sendiri.

VIDEO #1

VIDEO#2

ALBUM PHOTO

 

Please follow and like us:

Leave a Reply