Ford Rayakan Produksi Pertama All-New Ranger

29 September 2011. Produksi mobil pickup compact global generasi terbaru Ford Motor Company, All-New Ford Ranger, secara resmi dimulai pada hari ini melalui perayaan di AutoAlliance Thailand (AAT), Rayong. Acara dihadiri oleh Alan Mulally, President dan CEO, Ford Motor Company, dan Joe Hinrichs, President Ford Asia Pasifik dan Afrika. 

“Kami bangga dapat mulai menyediakan all-new Ford Ranger kepada konsumen kami di seluruh dunia,” ujar Mulally di Thailand.

“Konsumen memberi tahu kami bahwa mereka menginginkan serangkaian mobil, SUV dan truk yang dilengkapi dengan kualitas, penghematan bahan bakar, keamanan dan teknologi pintar yang terbaik di kelasnya – dan tentu saja dengan nilai ekonomis terbaik. Ford Ranger adalah truk pickup global pertama yang diproduksi menggunakan semua sumber daya global kami berdasarkan rencana One Ford, yang sekaligus menunjukkan komitmen kami dalam memproduksi kendaraan yang benar-benar diinginkan dan dihargai konsumen,” tambah Mulally.

Thailand dan AAT berfungsi sebagai salah satu dari tiga pusat produksi dan ekspor All-New Ford Ranger secara global – selain Afrika Selatan dan Argentina – yang akan dijual di 180 pasar dunia, menjadikannya sebagai salah satu kendaraan Ford yang paling tersebar luas secara global.

Investasi tambahan sebesar US$350 juta telah ditanamkan tahun lalu untuk meningkatkan fasilitas produksi truk pickup canggih di AAT yang telah berfungsi sebagai pusat produksi dan ekspor global untuk Ford Ranger sejak 1997.

“Investasi baru di AAT menekankan pentingnya operasi kami di Thailand secara strategis dalam membantu mendorong strategi pertumbuhan kami di ASEAN dan Asia Pasifik. All-New Ranger melambangkan keberhasilan langkah pasti dan sukses selanjutnya yang kami ambil berdasarkan rencana One Ford global kami,” ujar Hinrichs menjelaskan.

All-New Ranger adalah kendaraan pertama dari delapan kendaraan baru global One Ford yang akan diperkenalkan di pasar-pasar ASEAN dalam lima tahun mendatang, bersamaan dengan rencana Ford untuk memperluas jajaran produknya secara signifikan dan memperkenalkan brand Ford kepada sejumlah segmen pelanggan baru.

Peluang ASEAN ini merupakan komponen penting bagi strategi pertumbuhan agresif Ford di Asia Pasifik dan Afrika yang akan memperkenalkan 50 produk dan powertrain baru sampai tahun 2015.

All-New Ford Ranger

Pickup Built Ford Tough ini dikembangkan berdasarkan standar tertingi dalam keamanan, penghematan bahan bakar, performa dan kenyamanan.

Dibangun dari nol, Ranger dirancang untuk menjadi salah satu pemimpin – bahkan mungkin yang terbaik di segmennya – di setiap area yang penting bagi konsumen, terutama bagi mereka yang menggunakannya baik untuk bekerja maupun bersantai. Pickup ini dilengkapi dengan fitur inovatif dan kenyamanan yang diinginkan dan dihargai pengguna.

“All-New Ranger adalah pemimpin di kelasnya yang menetapkan tolok ukur baru di segmennya dalam hal performa, kualitas, kemampuan, efisiensi bahan bakar dan kenyamanan. Hal ini akan semakin memperkuat reputasi besar Ranger di Thailand dan terus membangun kepercayaan pelanggan terhadap Ford,” ujar Hinrichs.

“Pasar truk pickup di Thailand terus memberi peluang besar bagi Ford, dan kebutuhan pelanggan untuk terus bertumbuh dan berubah,” ujar Peter Fleet, President Ford ASEAN, menjelaskan.

“Selain truk yang tangguh dan kuat, banyak pelanggan kami yang juga menginginkan fitur seperti pada mobil penumpang, teknologi pintar terbaru dan peningkatan penghematan bahan bakar.”

“Kami yakin bahwa All-New Ford Ranger bukan hanya akan memenuhi tapi juga melampaui kebutuhan konsumen yang terus berkembang dan berubah ini. Luasnya rangkaian seri, pilihan variasi bodi, mesin dan transmisi All-New Ford Ranger akan memuaskan semua kebutuhan konsumen – mulai dari petani yang menginginkan truk kerja yang tangguh dan kuat sampai keluarga muda yang mencari kendaraan multiguna yang sporty,” ujar Fleet menambahkan.

Dengan panjang 5.359 mm dan lebar 1.850 mm, All-New Ranger lebih besar daripada model generasi sebelumnya. Namun, Ranger baru ini tetap mudah bermanuver di jalan perkotaan yang sempit dan pada saat parkir karena sistem kemudi responsif yang tidak memerlukan lebih dari 3,5 putaran roda dari satu sisi ke sisi lain – salah satu yang terbaik di segmennya.

Siap menjadi pemimpin dalam inovasi, All-New Ranger dilengkapi dengan teknologi pintar yang menjadikan pickup ini lebih mudah, lebih aman dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. Pada model tertentu yang dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth®1, USB dan iPod®2, voice control tersedia untuk mengendalikan radio, CD, iPod, USB, pengontrol air conditioner elektronik dan telepon seluler.

Powertrain All-New Ford Ranger diciptakan untuk memberi kombinasi tenaga dan torsi superior bagi konsumen – pemimpin dalam efisiensi bahan bakar di kelasnya. Tersedia tiga mesin baru yang sesuai untuk setiap kebutuhan dan anggaran.

Mesin diesel lima silinder Duratorq TDCi 3.2 liter baru Ranger memimpin di depan dengan torsi 470 Nm dan tenaga 147 kW (200 PS) yang besar. Konsumsi bahan bakarnya dalam combined cycle merupakan salah satu pemimpin di kelasnya, mulai dari 8,4 L/100 km pada varian 4×2 sampai 9,6 L/100 km pada model 4×4 full-option3.

Untuk pertama kali, beberapa model diesel Ranger tersedia dengan transmisi manual enam kecepatan atau otomatis enam kecepatan yang menghasilkan penurunan rpm mesin dan memperpanjang jangkauannya dalam perjalanan panjang di jalan tol atau lalu lintas kota.

Tingkat ketelitian yang sama membuat Ranger menonjol dan berbeda dari para pesaing dengan sasis baru yang memberikan kemampuan lebih besar dalam kesenyapan seperti pada mobil penumpang, penurunan penggunaan tenaga pada kemudi, dan penanganan yang lebih presisi. Ranger stabil di semua kondisi jalan, berkat kemampuan melintasi air sampai sedalam 800 mm yang terbaik di kelasnya serta teknologi seperti Hill Descent Control dan Hill Launch Assist.

All-New Ford Ranger akan tersedia di seluruh dealer Ford di Thailand mulai dari bulan November tahun ini.

Leave a Reply