Kiprah Web Honda Community Indonesia

28 September 2011. Silahkan simak web hondacommunity.net sebagai turunan welovehonda.com, dan keduanya adalah turunan web Astra-Honda.com. Itulah perkembangan produsen sepeda motor Honda yang kini menjamah internet, serta merangkul klub dan komunitas motor Honda di Tanah Air (foto adalah pelatihan Virtual Community Honda 25/3/11). 

Sejatinya PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pelopor industri sepeda motor di Indonesia mulai hadir sejak 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).

Jumlah produksi pada tahun pertama hanya 1500 unit, namun produksi melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun berikutnya, dan produksi terus secara menerus berkembang hingga pada saat ini. Ya, kita ketahui jumlah sepeda motor memang terus bertambah dan kini menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.

Nah, bagaimana market share Honda di Tanah Air hingga saat ini? Yang pasti dominan, soalnya jumlah produksi sepeda motor Honda sudah mencapai angka jutaan per tahunnya.

Sejalan dengan perkembangan dan peningkatan jumlah pemakai motor Honda, maka tak heran sekarang ini ada banyak nama klub dan komunitas bermerek Honda. Menurut AHM jumlah klub dan komunitas Honda di Indonesia hingga saat ini sudah berjumlah 500-an. Jumlah ini adalah yang sudah tercatat atau terkoneksi oleh AHM, karena sebenarnya masih banyak lagi dipelosok daerah yang belum terdata.

Sejalan dengan moto perusahaan “One Heart, Satu Hati” maka AHM pun merangkul, serta menfasilitasi eksistensi klub dan komunitas motor Honda melalui sebuah divisi khusus, yaitu Club & Community Division dibawah HC3 (Honda Customer Care Center). Divisi inipun langsung menggebrak, mendata, dan mencari nama-nama pengurus klub motor Honda di Indonesia.

Salah satu cara yang dilakukan oleh HC3 AHM adalah bersinergi dan berkerja sama dengan seluruh jaringan dealer Honda. Selain itu, melalui teknologi internet dan secara online maka diciptakan sebuah website Honda Community yang kini sudah berjalan selama setahun.

“Honda Community memang dimaksudkan sebagai ‘rumah’ klub dan komunitas Honda yang ada di Indonesia. Melalui rumah tersebut, maka setiap klub dan komunitas Honda diharapkan dapat berkomunikasi, berbagi cerita (sharing), juga sebagai menceritakan pengalaman-pengalaman menarik. Rumah ini difasilitasi oleh AHM dimana masing-masing klub dan komunitas Honda akan memiliki kamar khusus untuk mencurahkan aneka photo atau artikel-artikel,” kata I Nyoman Kesawa dari Divisi HC3 AHM.

“Bagi klub dan komunitas Honda yang sudah punya website, juga diperbolehkan pesan kamar di website Honda Community. Yang pasti kami tawarkan kesempatan ini untuk mengisi website Honda Community, lagian masih-masing klub atau komunitas nantinya bakal punya domain sendiri. Makin rame kan makin asyik,” tambah Bro Tedy Suryadi dari HC3 AHM yang sudah dikenal luas oleh anak-anak klub motor Honda di Indonesia.

Nah, tunggu apala nih.. kalau bro and sis sampai saat ini belum punya website sendiri silahkan pesan kamar di website Honda Community. Dapat domain gratis bro!

3 thoughts on “Kiprah Web Honda Community Indonesia

  1. powerpuffgirls says:

    waaawww….dengan adanya jaringan web Honda Community,klub dan komunitas Honda bisa saling share tentang pengalaman masing-masing dan juga bisa menambah informasi-informasi mengenai motor Honda di tanah air…jadi kita bisa nambah wawasan juga…
    bravo buat Honda^^
    sukses slalu yaa…

  2. honda community semakin banyak n berkembang dengan pesat, pastinya didukung oleh pabrikan yg selalu mensupport acara2 yg berkualitas untuk para communitynya. salut buat honda community semoga makin jaya n berkembang lagi.

  3. boleh juga nih gabung, kalo kita mau ngadain blog kompetition bisa kerjasama ga?

    link blog : http://hondalampung.blogspot.com/

Leave a Reply