Pertamina Fastron Euro Asia Expedition 2011

20 September 2011. Saat ini PT Pertamina (Persero) lagi menggelar ekspedisi lintas benua bertajuk “Pertamina Fastron Euro Asia Expedition 2011“. Ekspedisi ini merupakan perjalanan jalur darat antar dua benua Asia dan Eropa, yang sekaligus napak tilas petualangan Marco Polo melintasi 23 negara. Total perjalanan mengelilingi separuh bumi itu akan menempuh jarak 27.000 km dengan waktu 90 hari.

Keberangkatan telah dilepas pada 17 Agustus 2011 lalu, dan rangkaian ekspedisi Pertamina Fastron Euro Asia Expedition 2011 itu sendiri akan berakhir di Venesia, Italia pada tanggal 10 November 2011. Bila berangkat di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, maka perjalanan diprediksi akan selesai pada saat peringatan Hari Pahlawan!

Direktur Utama PT Pertamina, Karen Agustiawan mengatakan, saat ini Pertamina masih memimpin pasar pelumas dalam negeri dengan market share sebesar 58% serta telah melakukan ekspor pelumas ke beberapa negara seperti Australia, Uni Emirat Arab, Singapura, Myanmar, China dan Jepang. Pada 2011 Pertamina semakin intensif mengembangkan pangsa ekspor bisnis pelumas di manca negara lainnya.

Sementara itu Direktur Niaga dan Pemasaran PT Pertamina, Djaelani Sutomo menegaskan dengan ekspedisi ini membuktikan bahwa putra dan produk terbaik anak bangsa mampu bersaing. Dengan menyebarkan semangat terbarukan Pertamina, diharapkan para generasi muda di tanah air semakin tertantang untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Pelumas Fastron saat ini menduduki tempat yang istimewa di kalangan pengendara mobil dan telah menjadi pelumas resmi beberapa ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek). Keunggulan produk pelumas saat ini pun dibuktikan lewat berbagai penghargaan yang diterima Pertamina seperti Top Brand, The Greatest brand, Indonesian Original Brand serta kepuasan pelanggan (ICSA),” paparnya.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina, Mochamad Harun menambahkan ekspedisi ini melibatkan 17 anggota tim dan mendapat dukungan dari PT Toyota Astra Motor, Metro TV dan YEPE (Young Pioneer). “Ekspedisi ini akan membuktikan ketangguhan dan keandalan performa produk Pelumas Pertamina dalam menempuh berbagai medan mulai dari kondisi medan jalan, perubahan cuaca ekstrem, serta akselerasi kecepatan maksimal dengan menjelajahi sepanjang benua Asia dan Eropa,” imbuhnya.

Harun menuturkan tantangan ekspedisi ini juga merupakan poin penting bagi sejarah perjalanan budaya bangsa Indonesia, sekaligus menjadi duta budaya yang akan mempromosikan Indonesia di mata dunia secara lebih luas. Negara-negara yang dilewati merupakan cerminan dari ekspansi Pertamina mengirimkan produk ekspornya, diantaranya kawasan Asia hingga Eropa.

4 Unit SUV Toyota Fortuner seluruhnya menggunakan produk terbaik dari Pertamina. Mesin bensin Fortuner berkapasitas 2.700 cc dengan sistem penggerak 4×4 menggunakan pelumas Pertamina Fastron, oli sintetik kualitas tinggi dengan teknologi Nano Guards.

Berkat molekul seukuran nano mampu menembus celah terdalam mesin dan menempel pada permukaan logam dengan kuat. Hasilnya mesin bakal terlindungi sempurna, dan mampu menghadapi tantangan medan yang sangat ekstrem, seperti suhu yang tinggi hingga udara yang dingin.

Untuk cairan radiator memakai Pertamina Coolant. Larutan cair berwarna hijau ini memiliki konsentrasi 30%. Kualitasnya melebihi standar JIS (Japan Industrial Standard) K2234, sehingga menjadikan kinerja sistem pendinginan lebih efisien & memperpanjang umur mesin.

Oli transmisinya mempercayakan pada Pertamina Rored EPA-HDA yang telah memenuhi standar mutu API Service GL-5, MILL-2105D dan Mercedez-Benz (Sheet 235.0). Sistem pelumasannya sangat sempurna bagi roda gigi jenis hypoid atau spiral bevel pada transmisi & gardan, karena mengandung aditif Extreme Pressure dari jenis sulphur phosphorus (anglamol).

Sistem penghenti laju roda, kali ini menggunakan Pertamina Brake Fluid untuk minyak remnya. Dengan standarisasi DOT 3 PLUS FMVSS 116, mampu meningkatkan kinerja pengereman, khususnya yang telah menerapkan sistem ABS. Minyak rem produk Pertamina ini memiliki titik didih yang tinggi.

Selain itu Pertamina Brake Fluid sanggup mengurangi kemungkinan penguapan cairan atau vapor lock, sehingga memastikan sistem pengereman bekerja dengan aman dan optimal. Juga tak kalahb penting adalah mampu menghindari korosi serta melindungi seal-seal karet pada rumah rem.

Demikian pula dengan minyak power steering, mempercayakan pada Pertamina ATF. Produk ini telah memenuhi standar mutu General Motor-GM (Dexron-IIIH), Ford (Mercon), Allison (C-4) dan Caterpillar.

One thought on “Pertamina Fastron Euro Asia Expedition 2011

  1. Saya sangat bangga melihat rekor berkendara yang dilakukan tim expedisi Pertamina dll, saya melihat acara kick andy.
    Kenapa setiap dealer service kendaran mobil kurang merekomendasikan Produk Pertamina, padahal kualitas sudah terbuki dan terjamin, saya ingat pada saat service mobil yang ditawarkan produk luar REP** padahal saya tanya apakah ada produk Pertamina, dijawab kurang bagus untuk mesin anda pak, pakai yang di rekomendasikan oleh kantor pusat saja pak.
    Sungguh disayangkan orang indonesia kurang memberikan kebanggan atas ciptaan produk dalam negri.
    Bahkan ada Dokter yang diajak dalam Tour ini memang sudah di persiapkan semua Obat Kuat

Leave a Reply