Ford di Frankfurt Motor Show 2011

16 September 2011. Ajang pameran otomotif Frankfurt International Motor Show ke-64 dari tanggal 15 s/d 15 September 2011 menjadi ajang pengumuman besar mengenai kendaraan dan teknologi baru Ford. Stand Ford di Eropa ini menampilkan produk perdana global, dan perkenalan kendaraan dan teknologi, maupun tantangan teknologi berkendara.

Pameran ini menandai langkah maju yang penting bagi strategi kendaraan berperforma global dan rangkaian teknologi ECOnetic sangat rendah CO2 Ford, serta pengumuman arah rancangan dan teknologi masa depan Ford yang menarik.

Stephen Odell, Chairman dan CEO, Ford Eropa

“Ford memberikan pernyataan kuat di Frankfurt Motor Show melalui beberapa penampilan perdana produk global yang menarik serta stand yang diperluas secara signifikan,” ujar Stephen Odell, Chairman dan CEO, Ford Eropa.

“Mulai dari All-New Focus ST lima pintu dan versi Wagon sampai model ECOnetic Fiesta dan Focus, kami menampilkan rangkaian kendaraan terbaik kami dengan gembira. Kami juga menampilkan rancangan masa depan Ford melalui mobil konsep Evos yang menawan.”

Focus ST Siap Diproduksi

Selubung akhirnya tersingkap dari versi produksi mobil global berperforma tinggi pertama Ford, Focus ST baru. Dibangun berdasarkan DNA Sport Technologies, model baru ini menggabungkan performa yang kuat, kendali yang luar biasa, gaya yang memikat serta penyempurnaan untuk penggunaan sehari-hari. Focus ST akan diluncurkan secara global pada tahun 2012, dan akan dijual di lebih dari 40 negara di enam benua.

Dilengkapi dengan mesin Ford EcoBoost 2.0 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan yang telah disempurnakan secara khusus, Focus ST menyajikan perpaduan performa dan efisiensi tanpa kompromi. Mesin ringan yang seluruhnya terbuat dari aluminium ini menghasilkan tenaga maksimum 250PS dan torsi puncak 360Nm, namun mengurangi emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar sampai lebih dari 20 persen dibandingkan dengan Focus ST Eropa generasi sebelumnya.

Bersama dengan model lima pintu, Ford juga menampilkan sajian khusus untuk konsumen Eropa – Focus ST Wagon yang bergaya. Penawaran yang unik di segmennya, Wagon menunjukkan seberapa jauh jangkauan kinerja DNA model ST.

“Focus ST Wagon tidak ada bandingannya,” ujar Jost Capito, Director Global Performance Vehicles.

“Wagon dibangun berdasarkan elemen praktis Focus ST tapi tidak mengurangi performa, kemampuan pengendalian atau penyempurnaan model lima pintu. Wagon sangat populer di banyak negara besar Eropa sehingga kami yakin ST Wagon akan sukses besar.”

Masa depan rancangan dan teknologi Ford

Mobil konsep Ford Evos yang mengagumkan, memperkenalkan arah rancangan global Ford yang baru, sekaligus mengisyaratkan dan mengeksplorasi teknologi utama powertrain dan kendaraan masa depan.

Dikembangkan dari proses kerja sama tim perancang global Ford, DNA rancangan baru yang ditampilkan pada mobil konsep Evos merupakan bagian utama strategi produk global One Ford. Hal ini memberikan kerangka kerja yang akan memandu pembuatan produk baru di studio desain Ford di seluruh dunia, sedangkan elemen utama panduan rancangan interior dan eksterior mobil konsep ini akan diterapkan di kendaraan-kendaraan Ford mendatang.

“Kami ingin mobil konsep Ford Evos memberi pesan yang jelas mengenai arah rancangan Ford – membentuk kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai, memiliki daya tarik premium, dan di atas semuanya, keindahan yang memukau,” ujar J Mays, Group Vice President, Design dan Chief Creative Officer.

Tim Research and Innovation global Ford menciptakan pengalaman teknologi untuk mobil konsep Ford Evos yang berwawasan masa depan sama seperti rancangannya. Hasilnya menunjukkan niat Ford membangun momentum inovasi, seperti sistem konektivitas dalam mobil SYNC.

Pengalaman teknologi mobil konsep ini merangkul kesadaran dan interaksi pengendara generasi baru yang saat ini sedang dikembangkan. Konektivitas kendaraan yang tak henti dan referensi informasi pribadi pengendara merupakan inti dari visi kemampuannya.

Mobil konsep Fiesta berperforma tinggi

Focus ST bukan satu-satunya model baru berperforma tinggi yang menarik yang tampil di stand Ford di Frankfurt, Ford juga memperkenalkan visi Fiesta berperforma tinggi masa depan – mobil konsep Fiesta ST yang menawan.

Dengan menggabungkan gaya sporty, kekar dan memesona, Fiesta dilengkapi sasis sports dinamis dan powertrain berperforma tinggi yang dapat menghasilkan emisi CO2 rendah, mobil konsep Ford Fiesta ST mengisyaratkan strategi masa depan tanpa kompromi bagi mobil global Ford berukuran kecil.

Dengan menggabungkan gaya sporty, kekar dan memesona, Fiesta dilengkapi sasis sports dinamis dan powertrain berperforma tinggi yang dapat menghasilkan emisi CO2 rendah, mobil konsep Ford Fiesta ST mengisyaratkan strategi masa depan tanpa kompromi bagi mobil global Ford berukuran kecil .

Mobil konsep Fiesta ST menampilkan mesin Ford EcoBoost 1.6 liter yang dimodifikasi secara khusus untuk menghasilkan performa bertenaga sekaligus penghematan bahan bakar dan rendah emisi. Mobil ini mencapai target tenaga 180PS dan torsi 240Nm, cukup untuk memicunya dari 0-100km/h dalam kurang dari tujuh detik, sekaligus menghasilkan emisi CO2 yang kurang dari 140g/km.

“Dengan siluet balap yang terinspirasi oleh Fiesta yang saat ini sedang berkompetisi di tingkat dunia serta terpengaruh oleh studi rancangan dan konsep tingkat lanjut Ford, mobil konsep Fiesta ST merupakan demonstrasi menarik dari potensi masa depan Fiesta,” ujar Derrick Kuzak, Group Vice President, Global Product Development.

Mesin terkecil untuk Focus

Ford memperluas rangkaian mesin EcoBoost dengan tambahan mesin 1.0 liter dengan tiga silinder baru yang akan disediakan pada Focus, C-MAX dan B-MAX tahun depan.Ford akan memperkenalkan dua versi mesin ini pada Focus di awal 2012 – dengan tenaga 100PS dan 120PS serta transmisi manual lima dan enam kecepatan secara berurutan.

Dengan kapasitas 1.0 liter, mesin EcoBoost tiga silinder akan menjadi unit terkecil yang saat ini diproduksi oleh Ford. Namun, walaupun proporsinya kecil, mesin ini menghasilkan tenaga dan performa yang menandingi mesin bensin 1.6 liter tradisional sekaligus menghasilkan kurang dari 120g/km CO2 pada Focus.

“Dengan menawarkan Focus yang dilengkapi dengan mesin bensin 1.0 liter, Ford bukan saja menyatakan secara serius mengenai perampingan mesin – tapi juga menunjukkan kekuatan kemampuan pengembangan dan rekayasa kami. Keberhasilan memproduksi mesin bensin 1.0 liter dengan performa dan penghematan bahan bakar yang menakjubkan ini merupakan contoh komitmen kami untuk menjadi pemimpin dalam penghematan bahan bakar,” ujar Graham Hoare, Executive Director, Powertrain, Ford Eropa.

Rangkaian ECOnetic diperluas

Kualifikasi ramah lingkungan Ford kembali meningkat melalui penampilan Focus dan Fiesta ECOnetic baru, yang menyajikan tingkat emisi CO2 terkemuka sebesar 89 g/km dan 87 g/km saja secara berurutan.

Focus ECOnetic siap menjadi salah satu mobil paling hemat bahan bakar di kelasnya saat mulai dipasarkan di awal 2012. Angka 3.4 l/100km ini mengalahkan setiap mobil compact bermesin petrol, diesel atau hibrida di Eropa saat ini, dan terlebih lagi, mesin diesel Duratorq TDCi 1.6 liter juga menjanjikan emisi CO2 hanya sebesar 89 g/km.

Dengan menggunakan mesin diesel Duratorq 1.6 liter yang sama, Fiesta ECOnetic diakui secara resmi memiliki tingkat emisi CO2 hanya sebesar 87 g/km, yang menjadikannya mobil paling rendah emisi di kelasnya dan salah satu mobil paling rendah emisi di Eropa. Selain itu, penggunaan bahan bakar sebesar 3.3l/100km (86 mpg) menjadikannya salah satu mobil compact terbaik di kelasnya.

Focus ST-R mendapatkan pujian

Ford mempersiapkan penampilan perdana Focus berperforma tertinggi di Eropa – Focus ST-R khusus balap yang diproduksi massal.

Dirancang dan direkayasa untuk mengikuti seri balap di seluruh dunia, mobil balap siap tempur ini menyajikan mesin EcoBoost 2.0 liter yang bertenaga, roll cage sesuai peraturan FIA, upgrade rem dan suspensi yang diatur khusus untuk sirkuit balap. Cepat, lincah dan kompetitif, Focus ST-R ditujukan untuk profesional, amatir dan pencinta balap.

Yang juga tampil perdana di Frankfurt Show adalah penantang World Rally Championship FIA Ford, Fiesta RS WRC. Mobil balap bermesin EcoBoost 1.6 liter 300PS ini adalah mobil reli pertama Ford yang menggunakan teknologi injeksi bensin langsung dan memenangkan kejuaraan bersejarah di Swedia pada penampilan perdananya awal tahun ini.

Pickup Ranger siap meluncur

Ford menampilkan versi siap produksi pickup All-new Ranger sebelum diluncurkan akhir tahun ini. Pickup yang benar-benar baru ini mengalahkan serangkaian pickup lain dengan memberikan peningkatan kemampuan muat, performa yang lebih besar dan peningkatan penghematan bahan bakar sekaligus meningkatkan standar kenyamanan, teknologi dan keamanan.

“Model baru ini akan memperkuat reputasi brand Ranger dengan penampilan barunya yang berani, peningkatan kemampuan untuk bisnis yang melibatkan kerja keras di lapangan, serta tingkat kenyamanan, teknologi dan keamanan baru,” ujar Jesus Alonso, Director Commercial Vehicle Marketing, Sales and Service Ford Eropa.

“Melalui peningkatan signifikan dalam penghematan bahan bakar, kendaraan baru ini menyajikan biaya kepemilikan yang rendah sekaligus manfaat lingkungan. Ini merupakan awal dari bab baru dalam kisah kesuksesan Ranger.”

Fiesta edisi khusus

Dua Fiesta edisi khusus baru tampil perdana di stand Ford. Fiesta Sport edisi khusus menyajikan gaya sporty yang menarik luar dalam untuk tampilan yang berbeda dan lebih sporty, sementara pilihan mesin bensin Duratec Ti-VCT 1.6 liter memastikan edisi khusus ini memiliki performa berkendara yang sama hebat dengan penampilannya.

Leave a Reply