Semarak Balapan ISOM Sirkuit Sentul

13 September 2011. Disela-sela balapan ISOM (Indonesia Series Of Motorsport) di Sirkuit Sentul Bogor hari Minggu 11/9/11, turut dilombakan balapan Asian Touring Championship Series (ATCS) Seri 8 dan 9. Pembalap asal Taiwan Chen Jun San jadi jawara untuk 15 lap, dan balapan ini memberi semarak baru bagi Sirkuit Sentul.  

Start dari pole position Chen Jun San dibawah panji AAI-Buddy Club Team menggunakan mobil Honda Integra ini tampil konsisten. Meski mengawali start yang buruk pada ATCS seri 9 dan sempat tercecer ke posisi 2. Di lap 6 Chen kembali menduduki posisi terdepan hingga finish. Peserta balapan ATCS datang dari Taiwan, Jepang dan Hongkong. Sayang sekali, belum ada pembalap Indonesia yang ikut bertarung di ATCS ini.

Indonesia Retro Touring Car Championship (IRTCC) 2011

Selain itu, balapan ISOM juga diramaikan oleh ajang Indonesia Retro Touring Car. Pembalap Andre T yang tampil dengan BMW 318 ini menjadi kampiun seri ke-4 Indonesia Retro Touring Car Championship (IRTCC) 2011 setelah mengalahkan 31 peserta yang ikut berlaga.

Start dari posisi keempat pembalap NMR Jakarta Ban Motorsport ini jadi juara setelah 2 pembalap terdepan gugur satu persatu. Awalnya pembalap muda Demas Agil yang menguasai pole position sempat tampil mendominasi lomba dengan tunggangan Toyota Corolla DX miliknya. Namun masuk lap 6 mesin mobilnya jebol sehingga dia harus keluar dari lintasan.

Kesempatan ini langsung dimanfaatkan oleh Rudi SL dengan Mercedes 190E dan Andre T untuk bertarung didepan. Setelah 10 lap akhirnya Andre T menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 19:36,740 detik diikuti Taufan yang menunggangi Mercedes-Benz 190 E (19:40,564 detik) dan juara ketiga direbut James Rivai dengan Toyota Celica (19:48,660 detik)

Sempat vakum selama beberapa bulan dari ajang balap mobil turing di Sirkuit Sentul, ternyata Posma Panggabean tengah menyiapkan pacuan barunya. Mobil BMW E46 seri 318i merupakan mobil yang disiapkan. Menggunakan tim Privat Auto Garage (PAG), Posma ikut di kelas Super Turing di Indonesian Series of Motorsport (ISOM) seri 4 di Sirkuit Sentul (10-11/9).

Menariknya, mobil tersebut dibuat sangat mirip dengan pacuan Andy Priaulx di ajang FIA World Touring Car Championship (WTCC). “Saya memang nge-fans dengan dia dan sempat komunikasi,” seru Posma. Cukup mengesankan hasil yang diperoleh. Posma menempati podium 3, padahal mobil baru jadi dan ia juga baru beradaptasi dengan mobil

Salah satu kelas yang mengalami ketidaksiapan dengan perubahan jadwal adalah kejuaraan GT Radial Mercedes-Benz C-Class, yang biasanya meramaikan sirkuit tetapi tidak tampak dalam jadwal ISOM seri 4 kali ini.

Lainnya di kejuaraan Indonesia Retro Touring Car Championship turut berkurang peserta yang ikut. Event ISOM seri 3 sebelumnya terdapat 48 peserta dalam kejuaraan tersebut, namun kini hanya tersisa di angka 30-an peserta.

ALBUM PHOTO UMBRELLA GIRLS

 

Please follow and like us:

Leave a Reply