Obrolan Inspiratif Dengan Kang JJ

18 Agustus 2011. Siapa yang belum tau Jeffrey Polnaja alias Kang JJ (Jurik Jalanan) sebagai Petouring Keliling Dunia? Kalau belum kenal, baca artikel ini. Ya, SL.com penah menulis artikel Kang JJ, dan sebuah kesempatan baik bisa bertemu dengan beliau diacara silahturahmi buka puasa BBMC (Bikers Brotherhood Motor Cycle Jakarta Chapter) hari Rabu (17/8).

Kang JJ secara resmi pernah melintasi Asia, Timur Tengah, Afrika dan Eropa selama 2 tahun 7 bulan, yaitu dari tanggal 23 April 2006 s/d November 2008. Apalagi saat itu ia banyak melintasi jalur atau daerah-daerah konflik seperti Afghanistan. Namun demikian, ia akhirnya sukses melintasi 3 benua, 72 negara, dan 3805 kota besar hanya dengan solo riding menggunakan motor BMW R1150GS Adventure Limited Edition.

Kisah perjalanan keliling dunia Jeffrey Polnaja ini bisa dinikmati melalui bukunya berjudul “Wind Rider: Menyerempet Bahaya Demi Perdamaian Dunia” yang baru diterbitkan dan diluncurkan pada bulan Juni 2011 yang lalu. Buku tersebut berisi 27 cerita inspiratif dan dijual dengan harga Rp. 64 ribu yang sudah tersedia di toko buku.

Dalam temu kangen dengan SL.com tersebut, beliau mengatakan akan kembali menjalani perjalanan solo ridingnya selama 5 atau 6 tahun dengan jalur North Pole to South Pole, yakni mulai dari Antartik di Amerika Utara terus meluncur ke Selatan, melewati Canada, USA, Mexico, dan seterusnya menjelajah seluruh negara di Amerika Selatan hingga South Pole.

Menurut rencana, perjalanan tahap kedua ini akan dimulai pada bulan April 2012. Untuk menempuh keliling dunia pada tahap kedua ini, Kang JJ masih menggunakan motor yang sama, yakni BMW R115 GS yang sudah ia pernah pakai dalam perjalanan tahap pertama.

Obrolan Inspiratif

Dalam obrolan singkat dengan rekan-rekan media yang hadir, tak sadar beberapa tips dan kalimat inspiratif terekam oleh SL.com, antara lain ia menyebutkan agar dalam hidup ini kita harus bisa berdamai dengan ego kita sendiri, bukan mengalahkan ego. Tak ada istilah kalah dan menang dengan ego, tapi yang penting kita harus bisa menggunakan ego dengan benar.

Yang pasti ego merupakan sifat dasar manusia, tapi ego tersebut harus bisa dipergunakan secara seimbang, setidaknya ego manusia harus saling mendukung antara yang kurang dan lebih.

Melalui touring jauh, kitapun bisa belajar untuk mendapatkan makna kehidupan, antara lain bagaimana melihat kebesaran Yang Maha Kuasa sebagai Pencipta Alam Semesta ini. Selain itu, belajar bersyukur, menahan kesabaran, dan masih banyak lagi. Alam ini memang begitu indah telah diciptakan oleh YME, setiap tempat memiliki ciri khas dan perbedaan yang unik, demikian pula dengan perbedaan dari sifat dan ego manusia. Nah, selanjutnya adalah bagaimana kita sendiri bisa menyesuaikan diri.

Tips Singkat

Kang JJ menceritakan sebuah tips touring jarak jauh, misalkan ketika memilih rute Jakarta-Yogyakarta. Sebaiknya ambil rute yang berbeda, bukan rute umum di jalan besar atau jalur mudik.

Menurut SL.com, yang dimaksud oleh Kang JJ adalah memilih jalur tengah yang lebih banyak tantangan, yaitu alam pegunungan. Dengan cara ini, petouring bakal dilatih untuk bermain dengan egonya, dan juga melatih skill ridingnya, tentunya sambil menikmati alam pedesaan, dan daerah-daerah terpencil yang sebenarnya sangat indah. Daerah terpencil biasanya jarang dikunjungi.

Jangan pikirkan kota Yogya sebagai tujuan, tapi selami dulu setiap titik perjalanan yang dilewati. Nikmati setiap tikungan, tanjakan dan turunan, jalan lurus, atur gas (kecepatan) sesuai keinginan dan jangan sungkan untuk berhenti menikmati pemandangan alam. Selain untuk mengucap syukur kepada YME, juga sambil beristirahat. Jangan panik kalau lagi tersesat, malah ini harus dinikmati, bukan disesali. Tersesat merupakan tantangan baru.

Itulah tips singkat yang sangat inspiratif dari Kang JJ. Untuk mendapatkan kisah petualangan dan foto-foto tentang Kang JJ, bisa dilihat melalui bukunya “Wind Rider.” Jangan lupa segera di beli bro.. Selanjutnya, silahkan aja kunjungi akun facebook Kang JJ di http://www.facebook.com/windrider888 atau http://rideforpeace.net/.

ALBUM PHOTO

One thought on “Obrolan Inspiratif Dengan Kang JJ

  1. Seru ya kang keliling dunia naek motor, kapan2 boleh dong digonceng keliling dunia.

Leave a Reply