IIMS 2011: KIA Motors EcoDynamic

31 Juli 2011. Event otomotif International Indonesia Motor Show 2011 (IIMS Ke-19) yang berakhir 31 Juli 2011 ini, tak ketinggalan merek KIA Motors asal Korea Selatan menempati stand di Hall A area JIExpo Kemayoran, Jakarta. Mengusung tema “KIA EcoDynamic” sebagai inovasi teknologi untuk kelestarian bumi di ajang IIMS 2011. 

KIA Motors mencoba menginformasikan kepada mayarakat Indonesia melalui desain booth dan display mobil yang ditampilkan, inovasi teknologi yang berkaitan pula dengan kelestarian lingkungan. Pada event IIMS 2011 ini, KIA Motors menampilkan All New Picanto yang baru saja meluncur (launching Juli 2011), kemudian All New Sportage (launching Mei 2011) serta akan menghadirkan mobil sedan KIA Optima Hybrid.

KIA Optima Hybrid

Ridjal Mulyadi selaku Marketing Communication Manager PT KIA Mobil Indonesia mengungkapkan bahwa kehadiran model-model terbaru KIA Motors serta penampilan KIA Optima Hybrid memang yang pertama kali di Indonesia, dan ini diharapkan dapat memberikan indormasi kepada masyarakat Indonesia tentang kemajuan teknologi yang dimiliki oleh KIA Motors.

Kia Optima hybrid pertama kali diperkenalkan di Los Angeles Auto Show akhir tahun 2010 lalu menggunakan full parallel hybrid system. Optima Hybrid memiliki dua sumber penggerak, perpaduan mesin bensin 2.4 liter dan motor listrik menggunakan baterai hi-voltage sehingga saat berakselerasi 0-100 kilometer perjam mampu dicapai dalam waktu 9,2 detik dengan kecepatan maksimum lebih dari 195 km/jam.

“Dengan hadirnya mobil Hybrid Optima, KIA Motors ingin mengumumkan bagi masyarakat Indonesia bahwa KIA telah berkomitmen untuk bertanggung jawab melestarikan bumi lewat produk-produk berteknologi hybrid” jelas Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia.

All New Picanto

Sedangkan varian city car yang terbaru dari KIA Motors, All New Kia Picanto mendapat penghargaan ‘Best 900–1.200 cc Engine’ dengan kategori ‘Best Engine’ dari majalah Car and Tuning Guide. Penghargaan tersebut diserahkan diarena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 pada hari Selasa (26/7) yang lalu.

“Ini merupakan sebuah bukti pengakuan terhadap kualitas All New Picanto yang baru kami luncurkan awal bulan Juli ini,” ungkap Hartanto Sukmono.

Iapun mengakui, bahwa keunggulan mesin Picanto generasi terbaru ini tidak hanya pada tenaga yang dihasilkan, tetapi juga kemampuannya dalam menghemat bahan bakar. Hal itu merupakan dua aspek yang sangat dibutuhkan masyarakat di tengah kondisi semakin mahalnya harga bahan bakar seiring dengan terus menipisnya bahan bakar minyak (BBM) dari fosil.

All New Kia Picanto mengusung mesin 1.200 cc dengan tenaga 87 PS pada 6000 rpm, torsi 120 Newton meter (Nm) pada 4.000 rpm. Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu bertransmisi manual lima tingkat kecepatan dan bertransmisi otomatis empat tingkat kecepatan. Masing-masing harganya Rp. 125 juta dan 139 juta (on the road untuk wilayah DKI Jakarta).

ALBUM PHOTO

Please follow and like us:

Leave a Reply