IIMS 2011: Toyota Global Vision Eco Car

30 Juli 2011. PT Toyota Astra Motor (TAM) kali ini mengusung konsep evolusi ultimate eco-car dengan tema “Journey of Innovation” dalam acara pameran “Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011”. Merupakan komitment Toyota untuk terus membangun keselarasan antara siklus alam dan siklus industri dalam membangun global vision. 

Keselarasan tersebut diwujudkan secara berkelanjutan dengan mengembangkan berbagai inovasi baik produk, teknologi maupun layanan. Berbagai teknologi dan tipe kendaraan disiapkan dalam satu visi, yang disebut sebagai ultimate eco-car.

Berbagai teknologi dan produk tersebut diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata serta disesuaikan baik dengan jarak dan kapasitasnya. Baik berjarak jauh maupun dekat, berkapasitas banyak maupun sedikit dan bahkan sendiri, semuanya disiapkan oleh Toyota dengan tujuan mencapai ultimate eco-car yang hemat bakar, serta bersih emisi.

Secara lengkap, ultimate eco-car terdiri atas jenis kendaraan yang menggunakan fuel cell untuk menempuh jarak tempuh yang jauh. Toyota pun secara berkelanjutan melengkapi teknologi yang mampu semakin menyelaraskan siklus alam dan siklus industri, maka muncullah kendaraan dengan teknologi hybrid yang mampu menemani manusia dalam menempuh perjalanan jarak sedang. Lebih daripada itu, Toyota juga terus mengembangkan teknologi elektrik sebagai sumber tenaga bagi kendaraan dalam menempuk jarak tempuh yang pendek.

Toyota Personal Mobility: Whee

Salah satu pengejawantanahan dari teknologi dan visi tersebut adalah, konsep Toyota Personal Mobility, setelah hadirnya I-Unit dan I-Real pada perhelatan IIMS sebelumnya, namun kali ini Toyota kembali mendatangkan kendaraan teknologi elektrik terbarunya, yaitu Whee.

Kendaraan yang merupakan konsep mobilitas personal ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan mobilitas manusia dalam jarak dekat. Whee, yang digunakan dengan cara berdiri di atasnya, sangat efektif dan fungsional karena menjadikan kegiatan sehari-hari menjadi menyenangkan. Bentuknya yang kompak digabungkan dengan kemudahan dalam menggunakannya, serta menjanjikan penglaman baru mobilitas personal bagi penggunanya.

Whee dioperasikan dengan menggabungkan mekanisme kendali dan berat tubuh manusia. Setiap tipe merupakan pilihan yang menarik. Tipe L, dengan pegangannya yang panjang, dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja dan sangat praktis. Tipe M, sangat lincah dan juga praktis dibandikan dengan tipe L. Tipe S, adalah tipe yang paling sporty. Pergerakan tipe S akan sepenuhnya dikontrol oleh berat tubuh semata, sehingga tangan dengan bebas dapat melakukan beragam kegiatan lain. Tipe S juga bisa dilipat dan sangat ringan.

Whee dilengkapi dengan batere lithium, oleh karena itu dapat menempuh jarak sejauh maksimal 10 km hanya dengan waktu pengisian batere selama 1 jam. Di masa depan, Whee akan digunakan untuk menuju ke kantor atau sekolah, ataupun keperluan lainnya.

FT-86 Concept

Keseriusan Toyota berinovasi menghasilkan kendaraan yang berorientasi jauh ke depan dapat terlihat dengan hadirnya FT-86 Concept diajang IIMS 2011. Dengan desain yang sangat aerodinamis dan sporty, FT-86 Concept mengusung mesin bensin 2.000 cc 4 silinder dengan transmisi manual enam kecepatan untuk memberikan performa yang prima.

FT-86 Concept hadir dengan menggabungkan keunggulan dari mobil-mobil legenda Toyota sebelumnya yaitu Toyota Celica, MR, Supra can Corolla AE-86 yang telah terbukti sepanjang masa. Dibalik performanya yang garang, desain FT-86 dirancang untuk tampil menarik. FT-86 Concept dengan desain kompak, sporty, dan berkapasitas empat orang, dijuluki sebagai “Functional Beauty”.

Kehadiran FT-86 Concept mengisyaratkan kembalinya sang penerus legenda sportscar dari Toyota. Diawali dengan AE-86, legenda Toyota tetap bertahan dengan hadirnya Corolla, yang kini tampil dengan Altis. Dan tentu saja menguatkan dasar sebuah kendaraan yang seharusnya fun to drive untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi.

A-BAT

Rancang bangun A-BAT Concept dikembangkan oleh TMS Advanced Product and Calty, pusat riset dan desain Toyota di Amerika. Menerapkan filosofi desain Toyota, ” Vibrant Clarity.” A-BAT merupakan perpaduan sempurna antara ketangguhan truk dan kelincahan sedan. Konstruksi unibody platform memberikan performa optimal dengan konsumsi bahan bakar dan beremisi rendah, berkat mengusung teknologi Toyota Hybrid Synergi Drive.

Berkapasitas empat penumpang, A-BAT dilengkapi bed yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Fitur AC/DC power outlet dan aneka tempat penyimpanan, hard drive, system navigasi dengan layar 7″ serta sambungan internet Wi-Fi membuat A-BAT cocok menjadi kegiatan luar ruang masa depan.

A-BAT dirancang sebagai generasi baru dari kendaraan kompak dengan bahan bakar ekonomis, fungsi yang lebih canggih, mampu bermanuver, model unik sesuai dengan segmen pasarnya.

1/X

Mobil konsep hybrid Toyota yang berukuran kompak dan ringan, dengan konsumsi bahan bakar serta beremisi 1/X atau sepersekian lebih kecil dari mobil lain di kelasnya.

System hybrid 1/X mengkombinasikan teknologi Rechargable Plug-in Hybrid dengan mesin 500 cc flex-fuel. Konsep Hybrid Plug-in dirancang mengakomodasi beterai lithium-ion yang bisa direcharge di rumah, memungkinkan Toyota 1/X bisa menempuh jarak 960 Km dengan tangki kecil berisi empat gallon (15 liter) dengan kemampuan akselerasi setara Toyota Prius.

Menggunakan material plastik yang diperkuat serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan serat tanaman untuk bodi serta atap membuat Toyota 1/X menjadi mobil paling rannah lingkungan, tangguh dan ringan.

ALBUM PHOTO

Leave a Reply