IIMS 2011: Toyota Racing Development

30 Juli 2011. Pada tahun 1980-an kalau mendengar kata TRD, sangat indentik dengan mobil sedan Toyota Corolla DX. Ya, TRD atau Toyota Racing Development merupakan salah satu aksesoris cukup mewah untuk mobil Toyota. TRD hadir di ajang pameran otomotif IIMS 2011 bersama Toyota. Ini merupakan totalitas Toyota dalam menyiapkan produk maupun layanan.

Inovasi menjadi kata kunci bagi totalitas Toyota dalam melayani pelanggannya. Lebih dari sekedar kendaraan, Toyota pun terus mengembangkan berbagai macam spare parts maupun aksesoris khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan maupun kekhasan para pelanggan, dan salah satunya adalah spare parts ataupun aksesoris yang mampu menciptakan kesan sporty melalui Toyota Racing Development (TRD).

Komitmen totalitas dalam membangun TRD semakin tergambar dalam perjalanan inovasi (Journey of innovation) Toyota mengembangkan TRD. Dalam perjalanannya, Toyota Motor Corporation sebagai prinsipal merek Toyota dan juga produsen besar mobil di Jepang ini melengkapi diri dengan mulai mengembangkan spare parts dan aksesoris kendaraan.

Salah satunya melalui Toyota Technocraft Co. Ltd yang akhirnya berkembang sebagai pemegang dan juga produsen dari spare part dan aksesoris Toyota Racing Development (TRD). Yang sejalan dengan waktu selain mengembangkan dan memasarkan spare parts mobil khusus untuk balap tetapi juga mulai fokus pada spare parts atau aksesoris khusus untuk mobil versi standard keluaran Toyota.

TRD menjadi merek terkenal yang menawarkan kualitas, performa dan kepercayaan untuk produk produknya yang membuat selalu terdepan dalam kompetisi. “Dengan pengembangan spare parts khusus yang disebut TRD ini, kami ingin menawarkan kepada pelanggan untuk merasakan kesenangan dalam mengendarai Toyota melalui produk TRD ini,” ungkap Widyawati, GM Marketing Planning PT Toyota-Antra Motor (TAM).

“Untuk semakin meningkatkan fun to drive sekaligus joy of owning bagi para pelanggan kami, tentunya kami juga secara konsisten melakukan inovasi untuk pengembangan TRD,” jelas Widyawati lebih jauh.

Dalam perjalanan sejarah TRD, tahun 1957 Toyota untuk pertama kalinya mengikuti The Australian Rally yang merupaka event menantang pertama di luar Jepang bagi produsen mobil Jepang. TRD hadir dalam kancah dunia balap ditahun 1965.

Tsuyoshi Hattori sebagai Deputy GM Overseas Business Dept. Toyota Technocraft Co. Ltd

“TRD secara resmi diluncurkan dan terlibat dalam seluruh aktivitas motor sport Toyota, dimana pada tahun berikutnya TRD mendukung TOYOTA 2000 GT untuk menciptakan rekor baru untuk “Speed Trail” dan membuat penampilan perdana di “Monte Carlo Rally” dengan mendemonstrasikan teknologi tinggi. Pada tahun 1976, TRD menjadi registered trademark dan hingga saat ini TRD menjadi satu kesatuan dengan Toyota,” kata Tsuyoshi Hattori sebagai Deputy GM Overseas Business Dept. Toyota Technocraft Co. Ltd hari Jumat (29/7) di booth Toyota.

“Adapun Inovasi lain yang dilakukan Toyota dalam mengembangkan TRD, adalah melalui Toyota Technocraft Co. Ltd yaitu memfokuskan merek sebagai upaya memberikan added value bagi para pelanggan. Adapun ke-dua merek yang menjadi lini bisnis TRD Asia adalah TRD dan TRD Sportivo. TRD products dikembangkan dengan standard asli TRD dan digunakan untuk kebutuhan motorsport yang membutuhkan kenyamanan berkendara dan kecepatan dengan kategori seperti jalanan, sirkuit maupun dirt course trail,” tambah Tsuyoshi Hattori.

Sementara itu, TRD Sportivo Products adalah produk asli Toyota yang dikembangkan oleh TRD dengan Toyota Motor Corporation (TMC), khususnya untuk sejumlah pelanggan yang menginginkan sentuhan dan gaya balapan. Produk TRD Sportivo sudah melalui persetujuan TMC melalui serangkaian tes, baik tes dijalan oleh pengemudi uji profesional Toyota, maupun penguji dari TRD. Setelah serangkaian tes, TRD Sportivo mendapatkan garansi.

Sejak dikembangkan tahun 2007, maka sudah 3 line up kendaraan Toyota yang dilengkapi dengan produk TRD Sportivo yaitu Toyota Fortuner, Toyota Yaris dan Toyota Vios. Dan diajang IIMS 2011 ini, mobil hybrid yang menjadi pionir Toyota, yaakni Prius juga ditampilkan dengan balutan TRD Sportivo.

ALBUM PHOTO

 

One thought on “IIMS 2011: Toyota Racing Development

  1. mau cari spare part TRD TOYOTA DX, ADA KAH ?

Leave a Reply